Olahraga · 19/01/2021 0

Waktu Olahraga yang Baik Menurut Penelitian

Kapan waktu olahraga yang baik ? pertanyaan ini juga masih jadi perdebatan. Banyak penelitian yang hasilnya bersimpangan.

Ada yang mengatakan olahraga yang baik itu di pagi hari.

Ada juga penelitian yang menyampaikan kalau sore atau malam hari merupakan waktu olahraga yang paling baik.

Tapi mari kita telusuri alasannya.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Sebagian dari kamu mungkin juga menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup.

Kapan waktu olahraga yang baik ?
Ilustrasi foto dari pexels.com

Banyak dari kita melakukannya di pagi hari. Terkadang sebelum rutinitas lainnya dimulai kita memilih berolahraga terlebih dahulu. 

Tapi ada juga sebagian dari kita melakukannya sore atau bahkan malam hari. Mungkin karena jadwal dan tuntutan pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga di pagi hari.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa olahraga dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Baik fisik maupun mental. 

Tapi masih banyak juga dari kita yang belum menyadari sepenuhnya tentang pentingnya berolahraga. Hingga masih merasa malas untuk melakukannya.

Tahukah kamu ? Saat kita berolahraga ternyata dapat memicu metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, sirkulasi darah pun akan semakin lancar. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar.

Kita kembali ke pertanyaan utama, kapan sebetulnya waktu olahraga yang baik ? dan bagaimana jika kita memiliki jadwal pekerjaan yang padat ?

Mari kita coba bahas, simak terus ya.

Apa Kata Penelitian ?

Pendapat beberapa hasil penelitian pun masih bersimpangan.

Ada yang mengatakan bahwa olahraga lebih baik dilakukan di pagi hari dibandingkan dengan sore atau malam hari.

Tapi, ada juga studi yang menyatakan olahraga di sore atau malam hari lebih baik.

Sebuah studi dari Medicine and Science in Sports and Exercise menyatakan bahwa wanita yang melakukan olahraga jalan cepat selama 45 menit pada pagi hari cenderung tidak tergoda oleh makanan – makanan lezat daripada mereka yang tidak melakukannya. 

Selain itu, wanita yang berolahraga di waktu pagi memiliki aktivitas fisik lebih banyak di siang harinya.

Keuntungan lain yang kamu dapatkan dengan berolahraga di waktu pagi akan lebih meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membakar kalori secara terus menerus selama kamu berolahraga.

Penelitian yang bersimpangan menyatakan bahwa, waktu olahraga yang baik adalah di sore hari yaitu antara jam 4 s/d jam 5 sore. Karena berdasarkan hasil penelitian, olahraga akan optimal saat suhu tubuh ada pada kondisi puncak yaitu pada jam – jam tersebut.

Jadi, waktu olahraga yang baik mana yang akan kamu pilih ?

Masih bingung ? Yuk kita lanjutkan.

Waktu Olahraga di Pagi Hari

waktu olahraga pagi
Ilustrasi foto dari pexels.com

Pagi hari adalah waktu yang paling umum untuk berolahraga.

Entah karena memang sudah mengetahui kelebihan olahraga pagi hari atau sekedar ikut – ikutan aktivitas yang sepertinya sudah jadi budaya ini.

Terutama di hari libur, hari minggu misalnya. Orang berbondong – bondong datang ke lapangan terbuka, ke taman kota, untuk berlari kecil, bersepeda atau sekedar nongkrong saja, hehe…

Tapi tahukah kamu ? Ternyata jika kita pertimbangkan secara logika, meluangkan waktu olahraga di waktu pagi ternyata banyak kelebihannya. 

Memulai olahraga pagi berpeluang menjadi pola hidup yang baik, karena bisa jadi rutinitas. Kamu bisa melakukannya dengan konsisten karena tidak terganggu dengan kegiatan lain sebelumnya.

Lainnya halnya dengan sore atau malam dimana kamu sudah beraktivitas sebelumnya dan mungkin akan jadi malas untuk berolahraga.

Selain itu, berdasarkan hasil studi. Orang yang berolahraga pagi hari sebelum melakukan aktifitas lain akan lebih bersemangat melakukan aktivitas di siang harinya, baik itu bekerja ataupun sekolah.

Ini karena metabolisme tubuh kamu mengalami peningkatan saat berolahraga.

Olahraga pagi juga dinilai akan lebih berpotensi menurunkan berat badan. Karena menurut hasil penelitian, orang yang berolahraga pada waktu perutnya kosong akan lebih banyak membakar lemak.

Yaitu 20% lebih banyak ketimbang orang sudah makan atau dalam keadaan kenyang.

Manfaatnya lainnya adalah cuaca yang masih sejuk, udara yang masih segar belum banyak tercampur oleh polusi.

Kondisi ini jelas akan membuat kamu lebih nyaman untuk berolahraga.

Buat kamu yang punya kesibukan, tidak perlu khawatir.

Menyempatkan waktu 30 – 45 menit setelah bangun tidur untuk melakukan olahraga ringan sepertinya tidak akan mengganggu pekerjaan. Kamu bisa memilih berlari kecil, melakukan gerakan senam atau olahraga lainnya yang kamu sukai.

Jadi, apakah waktu olahraga pagi baik buat kamu ? Tulis di kolom komentar ya.

Waktu Olahraga di Sore dan Malam Hari

waktu olahraga sore atau malam hari
Ilustrasu foto dari pexels.com

Jika waktu pagi banyak kelebihannya, salah satunya cocok untuk menurunkan berat badan, lalu bagaimana dengan waktu olahraga di sore atau malam hari, apakah sama baiknya ?

Yuk kita intip bahasannya.

Walaupun olahraga di pagi hari terlihat lebih ideal dan seperti sudah jadi budaya, ternyata olahraga pada waktu sore atau malam tetap memiliki manfaat loh.

Berdasarkan hasil studi, sore hari antara jam 4 s/d 5 merupakan waktu yang paling optimal untuk kekuatan otot.

Pada jam ini juga suhu tubuh berada pada suhu paling tinggi. Sehingga akan lebih optimal, karena kondisi tubuh kamu dalam keadaan siap untuk melakukan aktivitas fisik ini.

Selain itu, pada waktu sore atau malam hari ternyata kita bisa menghirup oksigen lebih cepat dibanding waktu yang lainnya. 

Kemungkinan terhadap cedera otot juga dapat diminimalisir. Hal ini karena waktu sore hari detak jantung dan tekanan darah kita berada pada posisi paling rendah.

Manfaat lainnya berimbas pada kualitas tidur. Kalau kamu berolahraga sore atau malam pastinya akan merasa sangat kelelahan saat jam tidur. Ini memungkinkan kamu memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada waktu pagi.

Ada pendapat juga yang mengatakan, kalau olahraga sore atau malam hari ini bagus untuk pembentukan otot atau gym.

Tapi tentunya kamu tetap dapat memilih jenis olahraga lain yang kamu sukai dan yang bisa membuat kamu merasa senang dan tidak ada beban atau tekanan untuk melakukannya. Ini hal yang tidak kalah pentingnya.

Beberapa jenis olahraga sore yang mungkin bisa kamu pilih misalnya sepakbola atau futsal, badminton, ngegym, main tenis meja atau permainan lainnya.

Kembalikan ke Kebutuhan dan Gaya Hidup Kamu

Sekarang kita sudah beberapa hasil studi terkait waktu olahraga yang baik. Dan dari situ kamu bisa simpulkan, baik waktu pagi, sore ataupun malam hari masing – masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Yang jelas, olahraga waktu pagi, sore atau malam lebih baik daripada kamu tidak melakukannya sama sekali !

Sekarang, tinggal kita kembalikan ke kebutuhan dan gaya hidup kita masing – masing. 

Apa tujuan utama kamu berolahraga ?

Kapan waktu luang yang bisa kamu manfaatkan ?

Tentu jawaban dari pertanyaan seperti ini akan berbeda – beda. Semuanya akan tergantung pada niat dan tujuan utama kamu. Serta rutinitas dan tuntutan hidup yang kamu jalani sehari – hari.

Bagi kamu yang harus berangkat kerja pagi hari, mungkin akan memilih sore atau malam hari untuk berolahraga.

Berbeda dengan ibu – ibu rumah tangga yang mungkin lebih memilih pagi sebelum anak – anaknya terbangun atau sebelum memulai aktivitas lain.

Segera pilih waktu olahraga yang baik sesuai dengan kondisimu saat ini. Karena 30 – 45 menit itu akan sangat berharga untuk kesehatan fisik maupun mental.

Waktu Olahraga yang Baik Sesuai Tujuan

Jadi apa niat kamu berolahraga ?

Adakah waktu – waktu tertentu yang efektif untuk mencapai tujuan kamu berolahraga ?

Jika kamu melakukan aktivitas fisik yang satu ini dengan maksud atau ada tujuan tertentu yang ingin dicapai, ada baiknya kamu mengetahui kapan waktu yang paling baik untuk mewujudkannya ?!

Mari kita bahas, sebagian besar tujuan dari orang yang melakukan olahraga beserta waktu yang kemungkinan tepat untuk mencapainya.

1. Waktu Olahraga yang Baik untuk Memelihara Kesehatan

Sekedar menjaga atau memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh mungkin menjadi tujuan yang paling umum seseorang melakukan olahraga.

Cari tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur
16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Jika kamu juga memiliki tujuan yang sama seperti mereka, maka bisa kamu lakukan pagi, sore atau malam hari. Tujuan ini akan membuat waktunya menjadi lebih fleksibel. Sesuaikan dengan jadwal, rutinitas dan jenis olahraga yang kamu sukai.

Kamu bisa lari santai pada waktu pagi, bermain bola sore hari, atau janjian main badminton bersama teman kerja di malam hari.

2. Waktu Olahraga yang Baik untuk Diet

Diet, pada dasarnya adalah sebuah usaha untuk menurunkan berat badan. Sehingga tubuh menjadi ideal seperti yang kamu harapkan.

Diet umumnya dilakukan oleh kaum wanita untuk membuat tubuh tetap indah dan terlihat lebih menarik.

Tahukah kamu ? jika kamu melakukan aktivitas, terutama olahraga saat perut kosong bisa membakar lebih banyak dibandingkan jika perut kamu sudah terisi makanan.

Pasalnya, 20% lemak akan lebih banyak terbakar jika kamu berolahraga saat perut masih kosong. 

Cari tau juga :

16 Olahraga untuk Meninggikan Badan Paling Efektif

Lalu kapan kamu dalam keadaan perut kosong ? Ya benar, pagi hari adalah waktu dimana perut kamu belum terisi oleh tuntutan rutinitas makan. Tepatnya sebelum kamu memutuskan untuk sarapan pagi.

Waktu pagi adalah olahraga yang baik untuk mencapai tujuan kamu menurunkan berat badan.

3. Waktu Olahraga yang Baik untuk Membentuk Tubuh

Bagi kamu yang suka olahraga yang maco ini, ada beberapa pertimbangan yang akhirnya mengarah ke salah satu waktu yang efektif untuk melakukannya.

Pendapat tersebut mengatakan bahwa untuk membentuk tubuh sebaiknya dilakukan sore hari. Alasannya, karena sore hari memiliki potensi yang besar untuk melakukan aktivitas dari waktu yang lainnya. Dimana kamu bisa melakukannya dengan optimal.

Sekarang kita sudah sama – sama tahu, kapan waktu olahraga yang baik. Buat kamu yang bekerja pagi, atau kamu yang bekerja malam hari. Buat ibu rumah tangga atau anak sekolah. Kamu sudah bisa memilih kapan waktu yang memungkinkan untuk berolahraga dan jenis apa yang akan kamu ambil.

Tidak ada alasan lagi untuk menunda – nunda aktivitas yang baik ini. Karena kapanpun kamu melakukannya tetap ada kelebihan dan manfaat yang bisa kamu dapat terutama untuk kesehatan tubuh.

Jadi tinggal sesuaikan saja waktu terbaik untuk berolahraga dengan tidak meninggalkan pekerjaan kamu sehari – hari. Tentunya dengan kembali mempertimbangkan niat dan tujuan kamu berolahraga.

Salam sehat bareng !