Gejala Penyakit · 05/01/2021 0

Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Penyakit kulit melepuh seperti luka bakar merupakan kondisi yang umum. Hal ini bisa terjadi karena paparan suhu yang terlalu panas, sehingga bisa menyebabkan area pada kulit luar atau epidermis menggelembung dan berisi cairan.

Kondisi kulit melepuh seperti terbakar belum tentu diakibatkan oleh penyakit. 

penyakit kulit melepuh seperti luka bakar
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Akan ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Oleh karena itu kamu harus tetap tenang menghadapi kenyataan. Karena apa yang kulit kamu alami sekarang belum tentu termasuk kedalam penyakit kulit.

Untuk lebih jelas, yuk lanjut bacanya…

Mengenal Gejala Kulit Melepuh

Lapisan kulit yang menggelembung bisa berisi cairan nanah, darah, plasma ataupun serum. Dan jumlahnya bisa lebih dari satu.

Pada beberapa kasus lepuhan kulit akan berbentuk lingkaran. Dan mengakibatkan rasa gatal disertai nyeri pada kulit yang melepuh. Ini akan tergantung pada penyebab penyakit kulit itu sendiri.

Misalnya, jika kamu pernah kecipratan minyak panas, maka seketika kulit yang terkena minyak panas itu akan membentuk gelembung yang berisi cairan berwarna bening, dan ada rasa panas pada lepuhan dan sekitarnya. Kulit yang melepuh seperti pada kasus ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 10 hari.

Tentu akan beda lagi gejalanya jika kulit yang melepuh itu disebabkan oleh penyakit kulit seperti cacar air.

Penyebab Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Ada banyak sekali penyebab yang bisa mengakibatkan kulit kamu melepuh.

Jangan dulu khawatir, karena kulit melepuh bisa saja terjadi karena hal yang tidak terlalu serius, artinya bukan merupakan penyakit. Seperti contoh kasus terkena minyak panas tadi.

Tapi, ada juga yang disebabkan oleh penyakit kulit. Jika kondisinya terus menerus dan kamu tidak kunjung sembuh, maka segeralah periksa ke dokter kulit.

Yuk cari tahu, penyebab kulit kamu melepuh itu penyakit atau bukan !

Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar Karena Penyakit

Kondisi ini yang harus kamu waspadai. Dimana kulit kamu melepuh itu memang karena terserang oleh penyakit atau terkena iritasi.

Beberapa penyakit yang menyebabkannya yaitu:

Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus. Biasanya virus ini menyerang orang yang belum terkena cacar air sebelumnya dan juga dapat menular ke orang yang belum pernah mengalaminya.

Kulit menggelembung dan umumnya berbentuk bulatan dengan jumlah yang cukup banyak di sekitaran tubuh bahkan bisa sampai ke wajah. 

Biasanya gejalanya disertai dengan sakit tenggorokan, lemas, pusing bahkan sampai demam.

Eksim

Penyakit eksim ini banyak sekali jenisnya. salah satunya adalah eksim kering yang bisa mengakibatkan kulit memerah seperti luka bakar. Dan juga terlihat pecah – pecah. Kulit membengkak dan mengandung cairan bening.

Herpes

Herpes merupakan virus yang memiliki beberapa golongan. Jika kamu terkena herpes maka gejala yang mungkin timbul yaitu terdapat ruam yang melepuh pada bagian kulit dan berukuran kecil serta terasa sakit.

Impetigo

Impetigo merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini bisa menular lewat kontak fisik.

Impetigo memiliki 2 jenis yaitu bulosa dan nonbulosa. Akan tetapi keduanya sama – sama bisa membuat gangguan kulit melepuh seperti luka bakar.

Kulit Melepuh Karena Kondisi Tertentu (Bukan Penyakit)

Selain oleh penyakit, kulit melepuh juga bisa disebabkan oleh kondisi – kondisi tertentu yang umum terjadi di kehidupan sehari – hari. Misalnya seperti :

Sengatan Matahari yang Terlalu Panas

Sengatan matahari yang panas bisa menjadi salah satu penyebab kulit kamu melepuh dan seperti terbakar. Kebanyak orang mungkin sering mengalaminya terutama kita yang tinggal di daerah tropis.

Panas matahari terkadang sangat menggigit kulit tapi kita tetap tidak mempedulikannya akibat tuntutan pekerjaan. Akibatnya kulit bisa saja memerah dan melepuh.

Terkena Cipratan Minyak Panas

Ini mungkin yang paling sering dialami oleh ibu – ibu ketika memasak. Terkena cipratan minyak panas merupakan insiden yang bisa mengakibatkan kulit menjadi menggelembung dan bisa sampai melepuh.

Dan tentunya ini tidak termasuk ke dalam penyakit kulit kan ?! hehe…

Gesekan yang Berulang

Gesekan yang berulang kali antara anggota badan dengan benda lain bisa juga mengakibatkan kulit melepuh seperti luka bakar.

Biasanya hal ini jarang kita sadari. Terkadang kita tahu setelah adanya rasa sakit dan kulit mulai melepuh. 

Misalnya saat kamu pakai sepatu yang ukurannya tidak pas. Atau melakukan suatu pekerjaan yang menggunakan alat bantu kayu atau besi dan kamu lakukan berulang kali dalam satu waktu seperti mencangkul, menabuh drum, atau menggergaji tanpa bantuan mesin.

Tersengat Serangga

Terkena sengatan serangga seperti tomcat dapat juga mengakibatkan kulit kamu bergelumbung dan melepuh. Dan biasanya disertai dengan rasa gatal.

Terpapar oleh Bahan Kimia

Ini adalah salah satu resiko yang bisa menimpa ibu – ibu atau remaja putri. Penggunaan make up yang sembarang dan tidak sesuai anjuran dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan berpotensi membuat kulit menjadi melepuh.

Ada baiknya gunakan make up sewajarnya dan jangan memakainya secara berlebihan.

Penyebab tersebut memang bukan sesuatu yang serius, dan bahkan banyak diantara kamu yang pernah mengalaminya. 

Biasanya lepuhan kulit akan sembuh dengan sendirinya.

Tapi jika gejalanya terus menerus dan kamu merasakan sakit pada bagian kulit, hal ini juga berpotensi mengganggu kesehatan kamu. Oleh karena itu jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Setelah kamu mengetahui gejala dan penyebabnya, pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana cara mengatasinya ?

Tentunya pengobatan yang lebih tepat untuk penyakit kulit melepuh seperti luka bakar adalah kamu harus mengetahui dulu dengan pasti penyebab dari kulit melepuh yang kamu alami.

Dengan begitu, obat yang kamu minum atau kamu pakai akan efektif.

Obat Alami Penyakit Kulit Melepuh

Dibawah ini esehat.id coba uraikan beberapa alternatif obat alami yang bisa kamu coba sesuai dengan penyebabnya.

Yuk simak,

Kompres dengan Air Dingin

Segera kompres dengan air dingin saat setelah terkena panas yang ekstrim. Cara ini merupakan pertolongan pertama untuk menarik panas dari kulit.

Pakai Pasta Gigi

Mengoleskan pasta gigi ke luka bakar merupakan pertolongan pertama yang umum dilakukan oleh sebagian orang. Terutama saat terkena cipratan minyak panas. 

Cara ini merupakan cara yang paling praktis dan bisa segera dilakukan sendiri dirumah.

Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman dengan sejuta manfaat. Salah satunya bisa membantu meringankan luka pada kulit akibat sengatan matahari. Kamu bisa mengambil gel yang ada pada lidah buaya kemudian masukan terlebih dahulu ke lemari es. 

Gel lidah buaya yang dingin akan membantu mengurangi panas pada kulit akibat luka bakar ringan.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih yang sudah kita kenal sejak lama ternyata mengandung antiseptik dan antimikroba yang bisa membuat luka bersih dan steril. Campuran minyak kayu putih dengan minyak zaitun dapat membantu penyembuhan luka pada kulit.

Teh Hijau

Teh hijau banyak mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan pada luka. Kamu bisa mencampur ekstrak daun teh hijau dengan minyak almond atau minyak kelapa. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang melepuh. Ini akan membantu meredakan penyakit kulit melepuh seperti luka bakar.

Ekstrak Bawang Putih

Ekstrak bawang putih mampu melawan bakteri penyebab impetigo pada anak. Kamu bisa mencampurkan bawang putih di makanannya. Jangan dioleskan langsung ke kulit karena khawatir terkena iritasi.

Konsultasi Ke Dokter Kulit

Menghubungi dokter adalah cara paling aman. Jika kondisi luka pada kulit kamu seperti dibawah ini, maka segera hubungi dokter.

  • Kulit kamu yang melepuh berisi nanah berwarna kuning atau hijau
  • Lepuhan kulit terus bertambah tanpa sebab yang jelas
  • Kamu memiliki gejala alergi terhadap makanan atau kondisi lingkungan tertentu
  • Lepuhan kulit ada disekitar organ – organ tubuh penting seperti dekat mata atau lidah
  • Area kulit disekitar lepuhan ikut memerah dan sakit kalau tersentuh
  • Kamu merasakan sakit yang semakin hebat

Cara Mencegah Penyakit Kulit Melepuh

Jangan bermain api jika tidak mau terbakar. Ungkapan ini bisa mengingatkan kita, bahwa tindakan pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan.

Jika kamu sudah mengetahui banyaknya kondisi yang bisa menyebabkan penyakit kulit melepuh seperti luka bakar, maka kamu harus bisa menghindari hal – hal berikut ini untuk mencegahnya.

  • Cuci tangan yang bersih hingga kelipatan dengan sabun
  • Kenakan kaus kaki yang lembab jika alas kaki kamu ukurannya tidak pas
  • Coba gunakan sarung tangan jika kamu melakukan aktivitas yang berulang, seperti saat mencangkul
  • Pakai pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat
  • Atau kamu bisa pakai bedak pada bagian tubuh yang memang sering melepuh saat bekerja atau beraktivitas
  • Hindari makanan atau lingkungan yang bisa membuat alergi kulit kamu menimbulkan reaksi

Penyakit kulit melepuh seperti luka bakar memang tidak bisa dihindari begitu saja. Karena ini memang berhubungan dengan kegiatan atau pekerjaan kita sehari – hari.

Tapi dengan mengetahui berbagai macam penyebabnya, paling tidak kamu bisa menghindarinya. 

Jika memang terlanjur terjadi maka kamu bisa mencoba cara mengatasinya dengan berbagai obat alternatif dan atau konsultasikan segera dengan dokter sebagai cara paling aman untuk kesehatanmu.

Obat yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit kulit melepuh seperti luka bakar adalah dengan meminta kesembuhan kepada Allah Yang Maha Penyembuh.

Salam sehat bareng !