Obat Alami · 25/01/2021 0

10 Obat Sakit Perut Mules dan Mencret Alami

Orang yang hobi makan makanan pedas mungkin lebih sering mengalami hal ini, dan akan segera mencari obat sakit perut mules dan mencret. Kamu hobi makan pedas ?

Tapi tenang, sakit perut mules tidak hanya bisa dialami oleh penyuka makanan pedas ko. Sebagian besar orang juga pernah mengalami keadaan hidup yang sulit ini. hehe…

Banyak faktor dan penyebab kenapa perut kamu bisa mules atau bahkan sampai mencret.

obat sakit perut mules dan mencret
Ilustrasi foto dari pexels.com

Mungkin diare yang sering kamu dengar atau bahkan kamu alami sekarang. Dan penyebabnya akan kita bahas di bawah ini.

Tapi sebelum kita bahas, saran terbaik adalah segera periksakan ke dokter atau tenaga medis terdekat jika sakit perutnya teramat sangat sakit dan buang air besar terus – terusan. Karena penanganan medis yang tepat akan segera menolongmu dari kesengsaraan hidup yang kamu alami sekarang. hehe…

Maksudnya diagnosa dan obat sakit perut mules dan mencret yang tepat bisa kamu dapatkan dengan segera menghubungi dokter.

Berbagai Penyebab Sakit Perut Mules dan Mencret

Sakit perut banyak sekali jenis dan gejalanya. Penyebabnya juga berlainan.

Sebagian besar masalah yang terjadi pada perut disebabkan oleh faktor makanan. Baik oleh makanan itu sendiri atau cara kita mengkonsumsinya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit perut mules dan sampai mencret banyak bersumber juga dari makanan, yang mungkin kamu tidak menyadarinya. Penyebab tersebut antara lain:

  • Terlalu banyak makan makanan pedas
  • Memakan makanan yang ada bakterinya
  • Makan terlalu cepat dan terlalu banyak
  • Terlalu banyak makan kacang – kacangan, pada beberapa orang gejala ini sering timbul
  • Meminum minuman yang asam atau makanan pedas saat perut kosong

Oleh karena itu, cara yang tepat untuk menghindari sakit perut mules adalah dengan menjaga makanan dan pola makan itu sendiri. Jangan sampai apa yang kita makan atau cara kita makan justru jadi bumerang buat perut kita.

Makanlah makanan yang sehat, tidak berlebihan dan dengan pola makan yang baik. Paling tidak ini dapat menghindarkan kita dari mules atau mencret.

10 Obat Alami untuk Sakit Perut Mules dan Mencret

Gaja sakit perut ringan yang sering terjadi dan pernah dialami hampir oleh setiap orang termasuk kamu. Mungkin bukan gejala serius dan bisa kamu obati dengan resep – resep alami ala rumahan.

Beberapa ramuan atau obat alami sudah dipraktekkan secara turun menurun, termasuk obat sakit perut mules dan mencret.

Gejala – gejala sakit perut yang umum mungkin dapat diredakan dengan beberapa obat alami yang akan kita bahas. Tapi jika sakit perutmu terasa amat sakit dan terus menerus, langkah terbaik adalah segera pergi ke dokter untuk mendapat bantuan medis.

Jika sakit perut yang kamu alami termasuk gejala umum dan kamu memutuskan untuk mencoba obat alternatif, maka ini beberapa obat alami yang dapat meredakan sakit perut mules dan mencret.

1. Diet BRAT

Sudah pernah dengar jenis diet yang satu ini ? jika kamu masih asing mendengarnya, yu simak penjelasannya.

BRAT sendiri merupakan kependekan atau singkatan dari Bananas, Rice, Applesauce, and Toast. Artinya buah pisang, nasi, saus apel dan roti bakar.

Diet ini menganjurkan kamu untuk memakan jenis makanan tersebut. Karena rendah serat dan sifatnya yang mengikat, menjadikan makanan tersebut dapat membuat feses menjadi lebih keras dan tidak encer.

Hal ini dapat membantu meringankan orang yang terkena diare supaya tidak buang air besar secara terus menerus.

Adanya kandungan nutrisi seperti magnesium dan potasium dalam makanan diet BRAT ini dapat menggantikan asupan makanan yang terbuang akibat diare.

Selain itu, makanan dalam diet BRAT tidak mengandung zat yang dapat membuat lambung, tenggorokan dan usus teriritasi. Sehingga dapat menurunkan asam saat muntah.

Keuntungan lainnya adalah bahan makanan yang mudah sekali kita dapatkan. Makanan seperti nasi, pisang atau roti mungkin setiap hari bisa kamu temukan di rumah.

2. Teh Daun Peppermint

teh daun mint
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Tidak hanya bisa untuk membuat nafas lebih segar. Manfaat lain dari daun peppermint yang lebih menakjubkan adalah adanya efek antispasmodik dalam tubuh. Selain itu, peppermint juga memiliki analgesik alami dari kandungan mentholnya.

Meminum teh daun peppermint dapat meredakan perih pada perut juga mengurangi rasa mual. Sehingga peppermint dapat menjadi obat sakit perut mules dan mencret.

Cara mengkonsumsinya, kamu bisa mencampurkan daun peppermint ke dalam satu gelas teh hangat dan aduk sehingga aroma mentolnya tercium. Atau bisa juga pakai air putih hangat saja tanpa teh.

Cara lainnya bisa kamu gosok daunnya sampai mentolnya tercium, kemudian kamu hirup aromanya. Atau buat kamu yang suka, bisa langsung mengunyah dan memakannya secukupnya saja.

3. Perasan Air Lemon

Selain populer sebagai salah satu buah untuk diet. Ternyata lemon juga bisa jadi obat sakit perut.

Air perasan buah lemon yang rasanya sangat asam ini memiliki efek alkali yang dapat menetralisir asam lambung. Selain itu juga dapat lebih melancarkan pencernaan.

Kamu bisa memeras 1 sendok makan air lemon dan campurkan dengan air air hangat. Minum kira – kira 10 menit sebelum makan.

Selain bisa menjadi obat sakit perut, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Minum secukupnya dan jangan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan sering buang air kecil dan mengganggu enamel gigi. Sebaiknya kumur dengan air putih setelah minum air lemon.

Air lemon ini mungkin tidak cocok dengan kondisi perut kamu saat ini. Karena gejala yang berbeda, cara penangannya juga berbeda. Jadi langkah yang lebih bijak adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui gejala dan obat yang tepat.

4. Jahe

Air Jahe
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jahe adalah rempah dapur yang sudah sangat populer dimanfaatkan untuk berbagai jenis obat alami. Pengobatan alternatif menggunakan jahe ternyata sudah banyak dilakukan dari jaman dahulu kala.

Umumnya jahe banyak dimanfaatkan untuk mengatasi rasa mual, sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Jahe memiliki kandungan bahan kimia yang efektif untuk meredakan mual muntah serta diare.

Kandungan bahan kimia yaitu gingerol dan shogaol dapat membuat kontraksi perut lebih cepat. Efeknya, makanan yang menyebabkan kamu sakit perut akan segera berpindah atau terbuang.

Kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara meminum ekstrak airnya dari jahe yang ditumbuk. Atau juga bisa memakannya dengan makan lain sebagai pelengkap.

Manfaat lainnya, selain bisa menjadi obat sakit perut mules dan mencret, jahe juga dapat membuat tenggorokan dan badan jadi lebih hangat.

Cari tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

5. Pucuk Daun Jambu Biji

Pucuk Daun Jambu Biji
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jika kamu ada di lingkungan pedesaan, mungkin kamu sudah tidak asing asing dengan pucuk daun jambu biji atau jambu yang dapat meredakan perut mules atau mencret.

Kamu bisa mengambil pucuk daun jambu batu segar sebanyak 2-3 helai. Cuci bersih, kemudian beri sedikit saja garam, inget ya sedikit saja. Kemudian kamu kunyah dan telan.

Rasanya memang agak sepet, ada sedikit pahit.

Tapi biasanya pucuk daun jambu biji ini cukup bisa diandalkan jika kamu sedang mencari obat sakit perut mules dan mencret. 2 atau 3 kali kamu makan pucuk daun ini biasanya langsung mampet dan sembuh.

Cari tau juga :

Manfaat Sayur Daun Kelor

6. Jus Lidah Buaya

Lidah Buaya
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Pasti sudah pada kenal dengan tanaman yang satu ini. Tanaman berduri yang entah mana daun dan batang ini umumnya kamu kenal bagus untuk rambut. Tapi ternyata lidah buaya juga bisa menjadi obat sakit perut mules dan mencret loh. Penasaran ? yuk simak penjelasannya.

Tidak hanya satu jenis penyakit perut. Luar biasanya, ada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa orang yang minum jus lidah buaya 10(ml) mililiter per hari selama 4 minggu dapat meredakan gejala penyakit seperti maag, mual dan muntah, perut kembung, dan muntah.

Wow, sebuah hasil penelitian yang cukup mengejutkan.

Ini semua dikarenakan zat yang terkandung dalam jus lidah buaya memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Meminimalisir asam lambung yang berlebih
  • Mengurangi peradangan
  • Meningkatkan pencernaan protein
  • Membuang toksin dan membuat usus lebih sehat
  • Meningkatkan keseimbangan bakteri pada pencernaan

Tapi ingat, jangan asal ya. Mengkonsumsi lidah buaya ada cara dan perlakuan khusus sehingga bisa aman untuk dijadikan jus.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah ekstrak dari buah apel yang kemudian difermentasi.

Gangguan pencernaan adalah gejala yang bisa timbul akibat kekurangan asam lambung. Dengan meminum cuka sari apel kamu dapat meningkatkan produksi asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan.

Kamu bisa minum 1 atau 2 sendok teh sari apel untuk segera meredakan sakit perut. Atau kalau tidak kuat meminumnya karena terlalu asam, kamu bisa campurkan dengan air dan tambahkan 1 sendok madu.Untuk meredakan gangguan pada pencernaan, kamu bisa meminumnya setengah jam sebelum makan.

Cuka sari apel memang cukup aman untuk dikonsumsi. Tapi, penggunaan yang berlebihan akan membawa dampak yang negatif. Seperti mual, tenggorokan panas seperti terbakar, gula darah jadi rendah dan dapat menyebabkan erosi pada gigi. Jadi konsumsi seperlunya saja.

8. Air Kelapa Muda

Kelapa muda
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Air kelapa yang suka kamu minum atau mungkin sudah menjadi salah satu minuman favorit ini ternyata baik juga untuk kesehatan tubuh.

Bahkan dinilai lebih baik daripada minuman suplemen olahraga lainnya karena sedikit sekali mengandung gula, rendah kalori dan tingkat keasaman.

Selain rasanya manis, ternyata mengandung banyak sekali nutrisi. Salah satunya adalah kalium dan magnesium yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi ini dapat meredakan kejang pada otot, mengurangi rasa sakit dan juga kram.

Obat alami satu ini biasanya bisa kamu andalkan sebagai obat sakit perut mules dan mencret yang mudah kamu dapatkan. Banyak kan tukang kelapa muda di sekitar rumah ?

Minumlah air kelapa muda 1 – 2 gelas sebanyak 2 kali dalam sehari. Perlahan dapat meredakan sakit perut.

9. Kayu Manis

Kayu Manis
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Kayu manis yang sering jumpai di dapur ini ternyata kaya akan antioksidan loh. Beberapa antioksidan yang terkandung antara lain: camphor, eugenol, linalool dan cinnamaldehyde.

Antioksidan ini dapat meningkatkan pencernaan, serta membantu meminimalisir risiko iritasi.

Zat lainnya yang ada pada kayu manis dapat membantu menetralisir asam lambung, meredakan gangguan pencernaan dan mules.

Selain itu, zat yang terkandungnya bisa bermanfaat untuk mengurangi gas dan kembung dalam perut.

Kamu mungkin tidak terbiasa mengkonsumsi kayu manis secara langsung. Alternatifnya, kamu bisa mencari kayu manis yang sudah dalam bentuk serbuk halus kemudian menyeduhnya 1 sendok ke dalam air hangat dan meminumnya sebagai teh. Atau bisa juga kamu campur kedalam makanan.

10. Teh Pahit

Teh Pahit obat sakit perut mules dan mencret
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Mungkin dari obat alami yang lain, teh pahit adalah obat sakit perut mules dan mencret yang paling mudah untuk kamu minum. Bahannya pun mungkin sudah tersedia di dapur atau di meja makan.

Buatlah segelas air teh hangat. Aduk teh selama beberapa detik sampai air berwarna coklat kehitaman. Bila diperlukan kamu bisa menyeduh 2 kantong teh sekaligus dalam satu gelas. Lalu minum secara berkala.

Teh pahit ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi perut mules. 2 sampai 3 kali minum biasanya sudah bisa terasa manfaatnya.

Cara Meredakan Sakit Perut Mules dan Mencret

Selain dapat mengkonsumsi obat sakit perut mules dan mencret yang sudah kita bahas. Kamu juga bisa mencoba melakukan treatment khusus untuk meredakan mules. Beberapa treatment yang bisa kamu coba yaitu:

  • Hindari rokok, buat kamu yang perokok stop dulu rokoknya selama perut masih terasa mules ya.
  • Hindari makanan pedas, berhenti dulu konsumsi makanan – makanan pedas.
  • Jangan minum minuman yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menjadi racun karena sulit untuk dicerna. Serta dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan lambung.
  • Mandi dengan air hangat atau kompres perut dengan air hangat. Saat sakit perut mules dan mencret, otot perut dalam keadaan tegang. Mandi dengan air hangat atau kompres menggunakan botol yang berisi air hangat dapat mengendurkan otot perut yang tegang, sehingga bisa meredakan sakit perut.
  • Hindari tidur berbaring, tidur dengan cara berbaring akan meregangkan otot perut dan memungkinkan perut kamu tambah sakit. Jadi hindari dulu tidur dengan cara berbaring.
  • Banyak minum air putih, tubuh manusia palin tidak membutuhkan 8 gelas atau 2 liter air setiap harinya. Dan dalam keadaan perut sedang mules atau mencret, mungkin kamu akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Jangan sampai kamu dehidrasi dan merasa lemas.
  • Jangan konsumsi makanan keras atau susah untuk dicerna, makanan yang keras akan membuat lambung bekerja lebih ekstra dan memungkinkan perut mules jadi tambah melilit. Misalnya makan kripik atau sejenisnya, mie instan atau makanan yang mengandung pengawet,dan makanan yang banyak mengandung garam.

Makan dengan cara perlahan dan secukupnya saja, jangan tergesa – gesa saat makan. Kunyah dengan 32x kunyahan dan telan pelan – pelan. Walaupun kamu masih merasa lapar, tahan dulu saja dan makan lagi berikutnya. Singkatnya, makan sedikit tapi sering.

Cari tau juga :

11 Obat Herbal Penurun Panas Palin Efektif
Waktu Olahraga yang Baik Menurut Penelitian
16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Gejala sakit perut yang timbul bisa dari berbagai penyebab. Dan untuk dapat mengatasinya dengan efektif harus tau penyebabnya terlebih dahulu. Sekali lagi, diagnosa yang tepat akan dapat menentukan obat sakit perut mules dan mencret apa yang efektif untuk kamu konsumsi.

Oleh sebab itu, kamu tidak perlu ragu untuk menghubungi dokter atau petugas medis terdekat dan mengkonsultasikan masalah pada perut mu.

Segera Temui Dokter

Sakit perut buat sebagian orang mungkin bukan hal aneh atau masalah. Terkadang bisa sembuh sendiri hanya dengan istirahat dan melakukan beberapa pengobatan rumahan.

Tapi jika ada gejala – gejala aneh yang tidak biasa muncul saat kamu mengalami sakit perut mules dan mencret makan tindakan yang paling bijak adalah segera pergi ke dokter atau mencari pertolongan medis.

Beberapa kondisi atau gejala tak biasa yang mungkin bisa jadi penyebab sakit perut adalah:

  • Berat badan berkurang dengan tidak sengaja
  • Tinja yang kamu keluarkan disertai darah dan muntah
  • Susah atau bahkan tidak bisa buang gas sama sekali
  • Adanya nyeri saat buang air
  • Adanya riwayat sembelit yang sudah kronis
  • Diare yang terus – terusan dan tidak bisa kamu tahan
  • Adanya benjolan di sekitar perut
  • Sakit perut disertai pusing atau demam
  • Perut terasa sakit saat diisi makanan

Kondisi tersebut adalah kondisi yang membuat kamu harus segera pergi ke dokter untuk berobat. Ingat ! jangan menunda – nunda untuk secepatnya mendapatkan pertolongan medis.

Terakhir, esehat.id ingatkan. Gangguan kesehatan yang kamu alami sebagian besar atau mungkin seluruhnya adalah keteledoran kamu sendiri. Baik yang kamu sadari ataupun tidak.

Maka dari itu, kamu harus cerdas memilah dan memilih makanan atau pola hidup supaya bisa menjaga kesehatan yang merupakan investasi masa depan.

Salam sehat bareng !