Obat Alami · 22/01/2021 0

11 Obat Herbal Penurun Panas yang Efektif

Obat herbal penurun panas terkadang memang ampuh untuk meredakan gejala demam ringan. Selain sifatnya yang alami, obat herbal juga bisa kamu buat sendiri dengan bahan yang banyak kamu temukan di dapur. Mungkin oleh sebab inilah obat tradisional masih bisa tetap eksis dan banyak dicari.

Dalam keadaan normal suhu tubuh kita biasanya antar 36o s/d 37oC. Tapi jika kamu sedang dalam keadaan demam, suhu tubuh kamu akan naik beberapa derajat, bahkan ada yang sampai naik 5oC.

Demam, bisa juga disertai dengan gejala lain. Seperti sakit tenggorokan, pilek, kepala pusing, batuk atau gejala lainnya.

Demam ini umumnya banyak menyerang saat pergantian musim atau cuaca. Dan virus dapat masuk ke tubuh kita lewat udara yang kita hirup. Ada banyak penyebab seseorang bisa terkena demam. Gejalanya juga bermacam – macam.

Saat adanya infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh bakteri atau virus, maka sistem imun atau kekebalan tubuh kamu akan bereaksi. Reaksi inilah yang membuat kamu bisa jadi demam.

obat herbal penurun panas
Ilustrasi foto dari pexels.com

Menurut sumber, jika saat panas suhu tubuh kamu masih kurang dari 38,5oC, kamu bisa mengupayakan untuk meredakannya dengan cara dikompres, istirahat yang cukup, banyak minum air putih atau bisa juga mencoba obat herbal penurun panas.

Tapi jika suhu tubuh kamu sudah diatas 38,5oC dan kondisi kamu tidak kunjung membaik, jangan menunda untuk segera pergi ke dokter atau petugas medis terdekat. Tentunya ini adalah usaha yang lebih tepat.

Jika suhu tubuh kamu tidak terlalu panas atau masih dalam kategori demam ringan dengan suhu tubuh dibawah 38,5oC dan kamu memutuskan untuk mengkonsumsi obat herbal penurun panas alami. Maka kita akan coba bahas obat herbal apa saja yang populer untuk menurunkan panas.

Yuk simak 11 obat penurun panas alami ada apa saja.

11 Obat Herbal Penurun Panas Alami

Banyak obat alami yang telah diwariskan secara turun menurun, termasuk obat herbal penurun panas.

Ramuan obat herbal ini bisa kamu dapatkan di pasaran dalam bentuk kapsul, serbuk atau cairan minyak. Atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan tanaman atau rempah yang ada disekitar. Tapi tentunya dengan mengetahui terlebih dahulu manfaat dari tanaman tersebut.

Ramuan – ramuan yang dibuat dengan bahan alami ini tidak jarang mampu meringankan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut ini 11 obat alami untuk menurunkan panas yang bahannya bisa dengan mudah kamu dapatkan.

1. Daun Ketumbar

Walaupun jarang sekali kita temui, tapi buat kamu yang berada di lingkungan perkebunan ketumbar akan mudah untuk dapat memanfaatkan daunnya sebagai obat herbal penurun panas.

Caranya, kamu bisa ambil segenggam daun ketumbar dan memblendernya dengan menambahkan kurang lebih ? gelas. Blender hingga halus, kemudian saring airnya. Berdasarkan sumber, air dari daun ketumbar ini bisa kamu minum 1-2 sendok teh sebanyak 3 kali sehari.

Cari tau juga:

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

2. Daun Kemangi

Kalau daun yang satu ini pasti kamu sudah kenal dan sering kamu temukan saat membeli sayur. Ya daun kemangi. Ternyata daun yang memiliki aroma yang khas ini bisa kamu manfaatkan untuk obat demam.

Menurut sumber, daun kemangi dinilai efektif untuk menurunkan demam. Bahkan, efektifitasnya sama dengan antibiotik yang beredar di pasaran. Katanya, daun kemangi dapat membantu menurunkan demam dengan cepat.

Kamu bisa merebus 20 lembar daun kemangi dengan segelas air. Kemudian berikan campuran jahe yang sudah dihaluskan. Rebus hingga air berkurang menjadi setengah gelas. Setelah itu saring airnya dan tambahkan sedikit madu.

Kamu bisa minum teh rebusan daun kemangi ingin sebanyak 2-3 kali sehari selama 3 hari berturut – turut.

3. Teh Madu Jahe

Jahe, siapa yang tidak kenal manfaat jahe. Selain menjadi bahan masakan ternyata jahe juga populer sebagai obat tradisional, salah satunya bisa menjadi obat herbal penurun panas.

Ternyata, jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan yang sangat kuat. Sehingga jahe bisa menjadi pilihan untuk dapat meredakan dan menurunkan panas atau demam.

Kamu bisa merebus jahe yang sudah dihaluskan atau diparut dengan secangkir air selama beberapa menit. Kemudian saring airnya dan diamkan dulu sampai bisa kamu minum. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Selain akan menambah cita rasa, madu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi infeksi.

4. Buah Anggur, Ternyata Obat Penurun Panas

Wah wah, mungkin diantara obat yang lain, ini obat herbal penurun panas yang enak dan paling kamu sukai. Walaupun harganya sedikit mahal, hehe… Eitsss, tapi nanti dulu, menurut sumber, anggur ini ternyata tidak kamu konsumsi langsung untuk bisa meredakan demam loh.

Dalam secangkir atau satu cup jus anggur kamu harus mencampurkan ½ sendok teh jinten, ½ sendok teh adas dan ½ sendok teh bubuk cendana. Aduk hingga merata baru kamu minum. Dan katanya ini membantu meredakan demam.

Cari tau juga :

16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

5. Bawang Putih

Ya, bumbu dapur yang tidak pernah tertinggal ada tempat bumbu ini ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan panas.

Bawang putih mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu bawang putih juga akan terasa hangat jika kita konsumsi. Sehingga berpotensi mengeluarkan keringat dan menurunkan demam.

Kamu bisa tumbuk 1-2 siung bawang putih. Masukkan ke gelas dan tambahkan air hangat kemudian aduk. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu saring airnya dan minum. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa meminumnya 2 kali sehari.

6. Daun Sambiloto

Ada yang belum tau daun yang satu ini ?

Rasanya memang pahit, tapi daun sambiloto ini memiliki kandungan antiradang yang dipercaya bisa untuk menurunkan demam. Selain itu, zat aktif andrografolid yang terkandung pada daun sambiloto ini bisa membawa banyak manfaat. Salah satunya dapat mengurangi gejala pilek.

7. Biji Ketumbar

Selain daun, ternyata biji ketumbar juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi gejala demam. Biji ketumbar juga memiliki senyawa antibiotik dan minyak atsiri alami yang ampuh untuk menyembuhkan infeksi.

Kamu bisa merendam beberapa biji ketumbar dalam setengah liter air. Dan airnya bisa kamu minum beberapa kali dalam sehari untuk membantu meringankan demam.

8. Kunyit

Kunyit mengandung antiradang dan antibakteri. Rempah yang sangat lekat dengan bumbu masakan ini ternyata bisa meredakan demam berkat kandungannya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengkonsumsi kunyit sebagai salah satu obat herbal penurun panas.

Cara yang paling umum adalah dengan memarut halus 2-3 jari kunyit kemudian campurkan setengah air hangat lalu aduk. Setelah itu saring airnya dan minum.

Atau bisa juga kamu tumbuk halus, kemudian rebus dengan segelas air sampai air menjadi setengah atau sepertiga gelas. Saring airnya, tiriskan dan kamu minum.

9. Air Rebusan Nasi atau Kanji

Air hasil rebusan nasi atau kanji ini juga populer untuk mengobati infeksi virus. Dapat mendetoksifikasi sistem tubuh dan membantu membersihkan racun dalam tubuh sehingga bisa menurunkan demam.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mengambil nasi sebanyak satu centong nasi kemudian rebus dengan air secukupnya. Terus kamu aduk seperti membuat bubur. Setelah nasi terlihat hancur, kemudian kamu saring airnya dan tiriskan. Minum air rebusan nasi itu, dan akan lebih baik jika perut kamu dalam keadaan kosong.

10. Ginseng

Ginseng juga telah lama dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Rempah ini juga memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang dinilai mampu untuk meredakan demam. Mungkin di kehidupan sehari – hari kamu akan sangat jarang menemui ginseng. Tapi tanaman obat ini sudah banyak yang menjualnya di marketplace. Sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkannya.

11. Cuka Sari Apel

Mungkin kamu aga asing mendengar obat herbal yang satu ini. Cuka sari apel adalah cuka yang terbuat dari hasil fermentasi jus apel. Memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, dan biasanya digunakan untuk salad.

Karena sifat dari cuka yang mampu menarik panas dan membuat tubuh menjadi lebih dingin. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya akan sangat baik untuk tubuh.

Kamu bisa membuat ramuan dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dan 1 sendok makan madu ke dalam segelas air. Aduk rata, kemudian minum 2-3 kali sehari.

Cara Meredakan Demam Tanpa Obat Herbal Penurun Panas

Selain mengkonsumsi obat herbal penurun panas, kamu juga bisa melakukan usaha lain untuk meredakan atau menurunkan panas. Beberapa cara tersebut yaitu:

  • Banyak minum air putih, paling tidak sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya
  • Usaha yang paling umum dilakukan adalah kompres dengan air. Tapi ingat, suhu airnya harus suhu ruangan. Bukan air es atau air hangat.
  • Tidur dan istirahat yang cukup. Buat kamu orang dewasa paling tidak habiskan 8 jam untuk beristirahat.
  • Cara lainnya, mandi dengan air hangat. Selain akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, mandi air air hangat juga akan membuat kamu lebih relax untuk menghadapi kenyataan hidup. Hehe…

Itu tadi macam – macam obat herbal penurun panas, plus treatment khusus yang bisa meredakan demam. esehat.id merangkumnya dari beberapa sumber.

Cari tau juga:

Manfaat Sayur Daun Kelor
Penyebab Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar
Waktu Olahraga yang Baik Menurut Penelitian

Obat alami tersebut mungkin bisa secara efektif meredakan panas atau gejala demam ringan. Tapi akan lebih baik jika kamu mengetahui penyebab datangnya demam yang menyerangmu.

Tentunya hal ini bisa kamu lakukan dengan mendiagnosanya bersama dokter atau tenaga medis terdekat. Diagnosa yang tepat akan membawa obat yang tepat pula. Dan, dengan obat yang tepat maka kamu bisa segera sembuh dari panas dan demam.

Ingat ! jika suhu panas tubuhmu terus meningkat dan tidak kunjung turun. Segera pergi ke dokter untuk lebih memastikan gejala yang terjadi dan obat yang tepat untuk menanganinya.

Salam Sehat Bareng !