Obat Alami · 22/01/2021 0

7 Obat Flu Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Obat flu ibu menyusui memang tidak bisa sembarangan. Berbeda dengan kita, Ibu menyusui harus lebih ekstra untuk menjaga asupan, baik itu makanan, minuman ataupun obat.

Karena ada perhatian yang penting untuk buah hati. Apapun yang dikonsumsi, juga akan dinikmati sang bayi melalui air susu (ASI).

Flu adalah sebuah kondisi dimana kamu sedang terserang oleh virus. Virus ini menyerang saluran pernapasan mulai dari hidung, tenggorokan hingga ke paru – paru.

Jika kamu terserang virus flu, gejala yang timbul biasanya berupa hidung yang tersumbat, sakit kepala, demam bahkan batuk. 

Gejalanya memang mirip – mirip batuk pilek ya, walaupun menurut sumber ini adalah jenis virus yang berbeda.

Penyakit ini ternyata mudah sekali menular. Kamu perlu ekstra hati – hati pada 3-4 hari pertama setelah kamu terinfeksi oleh virus ini. 

Penularan dapat terjadi jika seseorang terkena air liur dari penderita flu saat dia bersin atau batuk. 

obat flu ibu menyusui
Ilustrasi foto dari pexels.com

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang menyusui dan sedang terserang flu harus ekstra waspada ketika mau bersin atau batuk.

Jangan sampai si bayi terkena percikan air liurnya.

Buat kamu yang bukan ibu menyusui, terserang flu mungkin bukan perkara yang sulit.

Kamu bisa konsumsi obat apa saja sesuai dengan resep dokter karena tidak ada kekhawatiran terhadap bayi yang sedang minum ASI.

Akan berbeda halnya dengan ibu yang sedang menyusui. 

Meminum obat untuk mengobati flu mungkin harus dipertimbangkan berulang kali. Karena apapun yang kamu makan atau minum, sedikit banyaknya akan mempengaruhi ASI yang dikonsumsi oleh bayi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya untuk ibu menyusui ?

Cara yang paling aman adalah dengan segera periksakan diri ke dokter atau bidan terdekat. Apalagi jika flu yang kamu derita sangat dirasa berat dan mengganggu.

Adakah obat flu ibu menyusui yang aman ? jawabannya jelas ada. Tapi yang tau pasti jenis obat yang aman buat kamu adalah dokter atau bidan.

Jika kamu memutuskan untuk mengkonsumsi obat alami atau obat tradisional untuk mengatasi flu, ini mungkin akan efektif buat gejala flu ringan.

Berikut ini esehat.id merangkum beberapa obat flu alami untuk ibu menyusui.

Ternyata konsumsi kaldu hangat juga bisa meringankan loh.

Yuk simak selengkapnya dibawah.

7 Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui

Obat flu ibu menyusui yang alami mungkin bisa menjadi alternatif penanganan flu ringan.

Akan lebih baik jika kamu mengkonsultasikannya dulu ke dokter terkait dengan obat tradisional atau obat rumahan yang akan kita bahas.

Sebetulnya jika kamu mencari obat flu ibu menyusui yang alami akan banyak kamu temukan ramuan – ramuan yang bisa kamu buat sendiri.

Tapi, esehat.id coba pilih dan rangkum beberapa obat alami yang mungkin bisa menjadi obat flu ibu menyusui. Dan bahannya mudah untuk kamu dapatkan. 

Yuk intip apa saja yang bisa menjadi pilihan obat flu untuk ibu menyusui.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur segar bisa menjadi pilihan utama sebagai obat flu untuk ibu menyusui yang aman dan alami.

Mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C akan baik untuk imun atau sistem kekebalan tubuh kamu. 

Buah yang umumnya kita kenal tinggi akan vitamin C yaitu jeruk. Tapi tentunya bukan hanya jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Jika kamu bosan makan jeruk, kamu bisa coba konsumsi buah lain seperti mangga, jambu biji, pepaya, atau apel yang tidak kalah banyak mengandung vitamin C.

Buah – buahan segar ini bisa menjadi pelengkap makanan ataupun cemilan saat kamu terserang flu.

Jika kamu lebih menyukai sayuran, kamu bisa pilih sayuran yang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti kembang kol, kubis, brokoli, bayam jepang atau sayur kale.

Makanlah sayur – sayur tersebut dengan menu sesuai kesukaanmu. Atau bisa juga kamu buat jus sayur.

Cari tau juga:

16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi
Manfaat Sayur Daun Kelor

2. Air Teh Hangat

Mungkin kebanyakan dari kamu suka ngeteh. Tahukah kamu ? Ternyata, baik teh hitam ataupun teh hijau banyak mengandung antioksidan theanine. Ini akan membantu memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuhmu.

Terlebih jika kamu meminumnya saat air teh masih hangat. Selain dapat merelaksasi tubuh, teh hangat juga akan membantu mengurangi hidung yang tersumbat.

Ini mungkin akan menjadi cara paling mudah untuk meredakan flu, selain mengkonsumsi sayur dan buah. 

3. Jahe

Siapa yang tidak kenal rempah yang satu ini. Selain berperan sebagai bahan masakan, jahe juga populer sebagai obat alami yang mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan.

Meminum air jahe bisa menjadi solusi obat flu ibu menyusui. Adanya gingerol, antioksidan tinggi dan minyak atsiri pada jahe akan membantu meredakan flu. 

Selain itu, sifat rasa hangat yang ada pada jahe dapat menghangatkan tubuh terutama tenggorokan. Dengan air jahe kamu juga bisa meringankan hidung yang tersumbat.

Ada banyak cara untuk membuat air jahe. 

Salah satunya yang paling mudah adalah dengan menumbuk kasar 1-2 jari jahe. Kemudian rebus dengan segelas air sampai menjadi setengah gelas. Saring airnya lalu tiriskan. Tunggu sampai air terasa hangat atau bisa untuk kamu minum. 

Supaya cita rasanya lebih enak saat kamu minum, kamu bisa tambahkan satu sendok teh madu dan aduk sampai rata.

Cari tau juga:

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

4. Bawang Putih

Lagi lagi bawang putih. Ya bumbu dapur satu ini memang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bawang putih banyak mengandung vitamin, mineral, kalsium dan antioksidan.

Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur aktif. Jika kamu memakannya mentah – mentah maka senyawa sulfur itu akan bereaksi dan membentuk allicin.

Bawang putih yang kita kenal sebagai bumbu penyedap makanan ini, ternyata bisa jadi obat flu ibu menyusui yang alami. 

Kamu bisa memakan 1 siung bawang putih mentah untuk meredakan flu. Saat gigitan pertama, dan terus kamu mengunyahnya akan ada sensasi rasa pedas dan sedikit panas di mulut. 

Selain itu, aroma bawang putih yang kuat juga akan terus menempel di mulut meskipun kamu sudah menelannya.

Jadi, buat kamu yang tidak terlalu menyukai aroma bawang, harus mempertimbangkan kembali untuk memilih bawang putih sebagai obat flu.

Hal lain yang perlu kamu tahu, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Misalnya ada sebagian orang yang malah jadi pusing, mual dan sakit perut setelah mengkonsumsi bawang putih mentah.

Jadi, bawang putih untuk obat flu ibu menyusui jangan dikonsumsi terlalu banyak. Jika kamu terbiasa dengan aromanya cukup makan 1 siung saja per hari.

5. Kaldu Hangat

Jika kamu dalam kondisi flu, umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan. Membuat kaldu ayam dengan sayur mungkin bisa jadi pilihan yang menggugah nafsu makan mu kembali.

Mengkonsumsi kaldu hangat akan membuat badan juga ikut hangat, lebih rileks dan nyaman. Kaldu hangat ternyata juga bisa membantu meredakan flu dan tenggorokan yang gatal.

Dengan nafsu makan yang besar, otomatis kamu akan lebih banyak memakan kaldu dan sayuran pada menu ini. Dan asupan vitamin dan nutrisi tubuh akan cepat terpenuhi.

6. Yogurt

Hmmm… mungkin kamu berpendapat ini adalah obat flu untuk ibu menyusui yang paling segar. Rasanya yang memiliki sensasi asam ini memang sudah menjadi favorit kebanyakan orang, tak terkecuali ibu – ibu.

Yogurt ternyata memiliki kandungan yang bernama probiotik. Kandungan ini akan membawa dua manfaat sekaligus buat ibu yang sedang menyusui.

Manfaat pertama adalah dapat meredakan demam. Manfaat lainnya, ternyata yogurt dapat juga memperlancar ASI loh. Terdengar menarik memang.

7. Perasan Air Lemon plus Madu

Lemon, buat kamu yang pernah atau sedang menjalani program diet mungkin buah satu ini sudah sangat akrab.

Buah yang memiliki rasa sangat asam ini adalah anggota keluarga jeruk yang sama – sama mengandung vitamin C yang tinggi.

Madu juga tak kalah membawa manfaat. Madu bisa menjadi obat flu bagi ibu menyusui dan sekaligus memperlancar ASI.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi lemon plus madu ?

Sebenarnya banyak varian menu yang bisa kamu pilih dari 2 bahan alami ini. Tapi, kita akan cari yang paling mudah.

Yaitu dengan memeras air 1 buah lemon, kemudian tuangkan setengah gelas air hangat dan 2 sendok madu. Aduk rata dan minum.

Info tambahan, kamu jangan kaget kalau 2 sendok madu itu rasa manisnya akan kalah dengan rasa asam air lemon walaupun sudah kamu tambah setengah gelas air putih. Rasanya tetap dominan lemon daripada manisnya madu.

Coba deh, pasti kamu menganggukan kepala dan sependapat, hehe…

Treatment Khusus Meringankan Flu untuk Ibu Menyusui

Berbagai obat flu ibu menyusui yang alami sudah kamu ketahui. Untuk gejala flu ringan kamu bisa mencoba beberapa treatment rumahan yang dinilai bisa untuk meredakan flu.

Dan sepertinya ini lebih aman daripada minum obat sembarangan tanpa resep dari dokter.

  • Treatment pertama adalah istirahat yang cukup. Sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat. Tidur dengan durasi waktu yang cukup dan melepaskan beban pikiran. Ikutlah tidur saat si bayi tidur. Karena itu adalah kesempatan buat kamu istirahat.
  • Cara kedua yang bisa kamu coba adalah berendam dengan air hangat. Air hangat akan membantu meringankan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, dengan berendam di air hangat kamu juga bisa meringankan hidung yang mampet atau tersumbat.
  • Treatment lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi. Misalnya banyak makan buah dan sayur – sayuran. Untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh, kamu bisa makan buah yang banyak mengandung vitamin C. Seperti jeruk misalnya.
  • Perbanyak minum air putih. Air putih yang kamu minum bisa membantu mengurangi hidung yang tersumbat. Mungkin ini adalah cara termudah yang bisa kamu coba untuk meringankan flu.

Sakit flu adalah penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja tanpa kenal kondisi. Terlebih, virus ini mudah sekali menular ke orang – orang disekeliling penderita flu.

Cari tau juga:

11 Obat Herbal Penurun Panas yang Efektif

Penderita flu harus ekstra hati – hati ketika akan melakukan kontak fisik dengan orang lain. Apalagi untuk ibu menyusui. Perhatian utama adalah si bayi yang akan cenderung dekat dan sering melakukan kontak fisik.

Treatment khusus dan obat flu ibu menyusui yang sudah esehat.id sampaikan mungkin bisa meringan flu ringan atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali. Semuanya tergantung gejala dan cara pengobatan yang kamu pilih.

Keputusan terbaik, diagnosa yang lebih tepat dan penanganan yang lebih efektif tetaplah harus bersumber dari dokter atau tenaga medis. 

Oleh karenanya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter terkait dengan flu yang kamu derita.

Terlebih, jika kamu adalah ibu yang sedang memberikan asupan ASI kepada si bayi. Jangan sampai kamu dan si bayi akhirnya sama – sama terserang flu.

Salam Sehat Bareng !