Obat Alami · 09/03/2021 0

10+ Obat Flu dan Batuk Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Berbagai macam obat flu dan batuk alami memang sering kali menjadi andalan untuk mengatasi penyakit ini dengan ala rumahan.

Tapi apakah penggunaanya aman dan ampuh ?

Yuk lanjut bacanya …

Flu ataupun batuk merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi. Biasanya, Virus adalah tersangka utama jika seseorang terkena flu atau batuk.

Kita akan lebih rentan terkena penyakit flu dan batuk ini pada saat musim penghujan atau ketika cuaca sedang tidak menentu.

Ada beberapa gejala yang umum dan harus kamu ketahui, beberapa gejala tersebut yaitu : 

  • Bersin – bersin
  • Hidung tersumbat
  • Badan pegal atau tidak enak badan
  • Suara tiba – tiba jadi serak
  • Adanya nyeri pada tenggorokan
  • Tenggorokan terasa gatal
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Mata berair
  • Berkurangnya daya penciuman
  • Kehilangan nafsu makan

Meskipun flu dan batuk adalah salah satu jenis penyakit yang ringan. Namun, kita tidak bisa menyepelekannya lho.

Obat flu dan batuk alami
Ilustrasi foto dari pexels.com

Karena flu dan batuk tersebut bisa mengganggu aktivitas keseharian kita dan termasuk ke dalam gejala infeksi pernapasan bagian atas.

Nah, untuk mengatasi flu dan batuk ini kamu biasanya akan mengkonsumsi obat.

Salah satu jenis obat yang paling umum adalah obat pabrikan yang saat ini beredar secara luas di pasaran. 

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak sekali bahan alami yang bisa kamu manfaat untuk mengatasi penyakit satu ini.

Dengan mengkonsumsi obat flu dan batuk alami tersebut kamu juga bisa meminimalisir adanya efek samping yang bisa timbul akibat penggunaan obat pabrikan.

Selain itu, ada beberapa keuntungan dan kelebihan dari obat tradisional. Yuk terus simak.

Keuntungan Menggunakan Obat flu dan batuk Alami

Seperti yang kita semua tahu, bahwa terus-menerus bergantung pada obat kimia akan menimbulkan efek yang kurang baik dalam jangka panjang. 

Keuntungan mengkonsumsi obat flu dan batuk alami
Ilustrasi foto dari pexels.com

Selain itu, setiap obat tersebut pastinya memiliki efek samping. Efek samping ini tertera secara jelas dalam kemasan produk setiap obat.

Agar kamu tak terlalu ketergantungan pada obat kimia tersebut. Akan lebih baik apabila kamu mulai beralih menggunakan obat alami untuk mengobati penyakit ringan seperti flu dan batuk.

Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika kamu memutuskan untuk mengkonsumsi obat flu dan batuk alami.

1. Mudah Ditemukan

Tanaman herbal seperti Jahe dan sebagainya sangat mudah kita temukan di Indonesia.

Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional maupun di pasar modern.

Bahkan, sebagian besar obat tradisional merupakan rempah dapur yang biasa digunakan untuk masakan.

Selain itu, karena Indonesia memiliki iklim tropis, maka kamu pun juga bisa menanam tanaman herbal tersebut secara langsung sehingga kamu bisa membuatnya kapan saja kamu butuh.

2. Harganya Terjangkau

Alasan kedua mengapa obat tradisional flu dan batuk ini menguntungkan adalah harganya yang relatif terjangkau.

Sama halnya dengan poin nomor 1, alasannya karena bahan yang akan kamu gunakan berasal dari tanaman yang mudah kita dapatkan. 

Kemudahan mendapatkan bahan baku dan pengolahannya yang relatif lebih sederhana membuat biaya pembuatan obat batuk dan flu alami tersebut lebih murah.

3. Racikan yang Sudah Turun Temurun

Obat flu dan batuk alami tersebut merupakan warisan secara turun – menurun. Seperti yang kita tahu, pada zaman dahulu perkembangan dunia obat – obatan belum semaju saat ini. 

Para generasi terdahulu seringkali memanfaatkan tanaman herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah flu dan batuk.

Pengalaman generasi terdahulu pun menjadi salah satu referensi yang cukup terpercaya.

4. Minim Efek Samping

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa obat alami untuk mengatasi flu dan batuk ini tak memiliki banyak efek samping. 

Hal ini karena obat herbal terbuat dari bahan – bahan rempah alami. Berbeda dengan obat non-herbal yang komposisinya mengandung zat kimia. 

Meskipun obat herbal serta kimia ini sama – sama dapat mengobati penyakit dan sudah teruji aman.

Cari tau juga :

7 Obat Flu Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi
Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Namun, jika hanya untuk mengobati penyakit ringan akan lebih baik apabila kamu memilih untuk menggunakan ramuan tradisional.

Dan, minimnya efek samping jangka panjang dari obat tradisional adalah keuntungan yang mungkin tidak ternilai harganya.

5. Ampuh

Salah satu alasan terbesar mengapa banyak orang masih mengkonsumsi obat flu dan batuk alami adalah karena khasiatnya yang ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit termasuk flu dan batuk yang kamu derita.

Walaupun hal ini cukup relatif, semuanya akan bergantung pada seberapa parah kondisi yang kamu alami dan efektifitas obat alami yang kamu pilih.

Oleh karena itu, berkonsultasi dengan dokter adalah langkah bijak yang bisa kamu ambil, untuk mendapatkan obat yang tepat.

Rekomendasi Obat Flu dan Batuk Alami

Setelah tau apa saja keuntungan menggunakan obat tradisional. Kali ini, kita juga akan membahas beberapa rekomendasi obat alami untuk atasi flu dan batuk yang bisa dengan mudah kamu buat di rumah :

1. Air Jahe

Rempah dapur yang satu ini memang sudah sangat populer karena kemampuannya melawan berbagai macam gejala penyakit termasuk batuk ataupun flu.

Air jahe sebagai obat flu dan batuk yang ampuh
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jika kamu perhatikan obat herbal yang biasa kamu temukan, salah satu komposisinya adalah jahe.

Dan asal kamu tau, manfaat jahe untuk kesehatan sudah terkenal selama berabad – abad lamanya.

Cari tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

Cara membuat ramuannya sangat mudah. Kamu bisa memasak 1 gelas air sampai mendidih kemudian masukan beberapa iris jahe, atau bisa juga jahe yang sudah kamu tumbuk terlebih dahulu.

Setelah itu tunggu air sampai hangat dan bisa kamu minum.

2. Teh Herbal

Teh herbal ini merupakan salah satu jenis ramuan yang eksistensinya cukup populer di Indonesia. Ada beberapa teh herbal dipercaya mengandung zat antivirus dan antibakteri yang tentunya sangat baik untuk mengobati penyakit flu dan batuk yang kamu derita. 

Teh herbal
Ilustrasi foto dari pexels.com

Teh herbal juga membantu agar tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik untuk melawan berbagai jenis infeksi virus, termasuk virus influenza.

Ada beberapa jenis teh herbal yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat flu dan batuk alami, yakni : teh hijau, teh adas manis (star anise) atau teh herbal lainnya yang dinilai mampu mengatasi flu dan batuk.

3. Sup Ayam

Hhmmm, terdengar lezat dan cukup menggiurkan memang.

Mengkonsumsi sup ayam akan membawa banyak sekali keuntungan. Selain bisa meredakan flu dan batuk, sup ayam juga akan menambah banyak energi untuk tubuh.

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa sup ayam dapat secara efektif mengurangi gejala gangguan pernapasan bagian atas. Dan mungkin, ini akan menjadi pilihan yang sangat menggiurkan bagi kamu yang menyukai olahan ayam.

4. Larutan Air Garam

Garam adalah salah satu benda yang pastinya selalu ada di dapur. Ternyata air garam memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia lho dan salah satunya adalah untuk mengobati batuk dan flu.

Cara pembuatannya cukup mudah lho, campurkan 1/4 sampai 1/2 sdt garam ke dalam 8 ons air hangat lalu aduk hingga garam tersebut terlarut.

Larutan air garam dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal, meredakan hidung tersumbat, dan menghilangkan partikel virus dan bakteri yang menempel di hidung.

5. Jambu Biji

Buah yang lezat ini juga mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan lho termasuk flu dan batuk, oleh karena itu, banyak pula orang yang memanfaatkan Jambu Biji ini sebagai obat flu dan batuk alami.

Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi lho. Vitamin C ini sendiri dapat membantu tubuh mengatasi pilek. Buah ini bisa mengurangi atau menurunkan gejala pilek dan dapat memperpendek waktu pilek hingga 14% pada kasus anak – anak.

Cari tau juga :

Buah – Buahan yang Mengandung Protein Tinggi
Top 11 Buah yang Mengandung Asam Folat
16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Selain itu Jambu Biji juga memiliki kandungan Zat besi yang baik untuk meredakan batuk, mengurangi lendir di tenggorokan, dan melawan infeksi.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah flu atau batuk serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Selain itu, Kandungan minyak allicin yang terdapat dalam bawang putih juga dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu.

kamu bisa menumis bawang putih ini dengan berbagai lauk kemudian memakan tumisan bawang putih ini (jika kamu tidak terbiasa memakannya mentah-mentah). 

Atau kamu juga bisa menguapi wajah kamu dengan uap yang berasal dari Bawang Putih halus yang dicampurkan ke dalam air panas.

7. Madu

Madu juga memiliki khasiat yang baik serta dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu dan batuk yang kamu derita lho.

Konsumsi madu dapat meredakan flu dan batuk
Ilustrasi foto dari pexels.com

Bahkan, khasiat madu ini sudah dikenal semenjak bertahun-tahun yang lalu.

Madu ternyata memiliki sifat antimikroba alami yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus penyebab flu. Madu juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakan gejala penyerta flu seperti batuk lho.

8. Thyme

Di beberapa industri kuliner, Thyme adalah salah satu bumbu dapur yang sangat umum digunakan. Selain bisa menyedapkan rasa makanan, ternyata thyme ini juga bisa meredakan batuk lho. 

Daun thyme untuk obati flu dan batuk
Ilustrasi foto dari pexels.com

Thyme ini juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup bagus.

Cara pembuatannya juga cukup mudah, cukup seduh 2 sendok thyme kering dan secangkir air panas. Seduh selama beberapa menit. Kemudian saring dan minum.

9. Daun Peppermint

Obat flu dan batuk Alami ketujuh adalah peppermint. Peppermint memiliki kandungan menthol yang dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh Peppermint.

Rasa rasa pedasnya yang khas dan baunya yang tajam akan membuat teh yang kamu konsumsi terasa lebih segar. 

Sensasi hangat teh peppermint ini juga akan membantu meningkatkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

10. Daun Saga

Daun Saga ini memiliki bentuk daun yang mirip daun kelor, jadi jangan salah ya.

Untuk mengolah Daun Saga menjadi obat batuk diperlukan keahlian serta ketelitian lho lantaran tanaman ini memiliki biji beracun. Daun saga ini memiliki sifat antitusif yang mampu mengurangi batuk dan radang tenggorokan.

11. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik alami. Berdasarkan sumber, ada penelitian yang menyatakan bahwa probiotik dapat mengurangi resiko seseorang terkena infeksi pernapasan bagian atas. Dan salah satunya adalah flu dan batuk.

Yoghurt
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang cukup tinggi. Mengkonsumsi makanan lezat satu ini bisa memelihara kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Daun Kemangi

Terdengar sedikit aneh dan mungkin ini merupakan pengetahuan baru buat kamu. Ternyata daun kemangi memiliki manfaat untuk mengatasi flu dan batuk.

Daun kemangi untuk atasi flu dan batuk
Ilustrasi foto dari pexels.com

Bahkan menurut sumber, daun kemangi juga bisa meredakan demam dan mengatasi gejala masuk angin.

Penasaran ? Kamu bisa langsung mencobanya ya.

13. Kayu Manis

Obat alami yang berasal dari rempah dapur ini ternyata bisa juga meredakan flu dan batuk.

Kayu manis dapat mengurangi lendir yang menyumbat hidung saat flu, serta mampu menghangatkan tubuh.

Meskipun terbilang aman untuk kamu konsumsi. 

Ada catatan penting bahwa kayu manis tidak dianjurkan untuk Ibu hamil.

14. Sereh

Tanaman yang juga salah satu bumbu dapur ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk membuat teh yang dapat menghangatkan tubuh.

Daun Sereh sebagai obat alami untuk meredakan flu dan batuk
Ilustrasi foto dari pexels.com

Dulu, ramuan ini dibuat untuk tujuan pengobatan termasuk mengatasi masuk angin dan juga batuk.

Selain bisa untuk teh. Tanaman ini juga biasa digunakan untuk mandi.

Berbagai obat alami ini tidak bisa menjamin dapat meredakan flu dan batuk yang kamu alami. 

Tapi mencoba obat tradisional yang minim efek samping adalah hal yang paling mudah dan murah yang bisa segera kamu lakukan untuk meredakan flu dan batuk.

Walaupun, tentu saja pergi berobat ke dokter adalah jalan terbaik dari semua masalah kesehatan.

Tips Tambahan untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Selain mengkonsumsi obat flu dan batuk alami yang bisa kamu jadikan pilihan, berikut ini ada beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan agar flu dan batuk yang kamu derita lebih cepat sembuh.

1. Mengkonsumsi lebih banyak air putih

Air memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Air juga berperan penting dalam melarutkan dahak agar tidak menghambat tenggorokan dan saluran nafas. Akan lebih baik lagi apabila kamu meminum Air hangat. 

Air hangat ini mampu membantu melegakan serta melembabkan tenggorokan.

Ini akan jadi treatment yang paling mudah kamu lakukan untuk meredakan flu ataupun batuk.

2. Mandi menggunakan Air hangat

Tips meredakan batuk dan pilek selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan Air hangat. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. 

Mandi menggunakan Air hangat juga mampu melarutkan lendir hasil sekresi berlebih di sepanjang saluran napas yang disebabkan oleh infeksi virus lho.

Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala flu yang timbul. Mandi menggunakan air hangat juga membantu mengurangi resiko hidung yang iritasi akibat flu.

Namun, jika kamu demam dengan suhu yang melebihi 37,5 derajat celcius. Akan lebih baik apabila kamu menggunakan Air hangat ini untuk mengelap bagian tubuh.

3. Tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi

Posisi tidur dengan bantal yang lebih tinggi ternyata juga mempengaruhi proses penyembuhan ketika sedang flu dan batuk lho. Setelah mandi atau membasuh tubuh menggunakan Air hangat. 

Tidurlah dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi (tapi, jangan terlalu tinggi. Secukupnya saja.)

Tujuannya adalah melancarkan aliran udara dari hidung ke saluran napas bagian bawah. 

Hal ini akan mengurangi gejala flu di malam hari sehingga kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak.

4. Menggunakan Humidifier

Humidifier akan sangat berguna untuk membantu melembabkan sekaligus membersihkan udara yang ada di sekitar kamu. 

Tahukah kamu bahwa udara yang kering lebih mudah memicu gejala flu karena mengandung lebih banyak iritan dan kotoran yang memicu batuk dan pilek saat terhirup? 

Dengan batuan Humidifier ini maka masalah udara yang kurang bersih tersebut bisa teratasi dengan lebih baik.

Itulah berbagai pembahasan mengenai obat flu dan batuk alami, keuntungannya serta tips tambahan untuk meredakan gejala flu dan batuk.

Tapi tetap kamu harus ingat, bahwa langkah terbaik adalah dengan mengkonsultasikan masalah kesehatan kepada ahlinya, yaitu dokter atau petugas medis.

Sekian info sehat kali ini.

Semoga bisa membawa manfaat dan pengetahuan baru.

Salam sehat bareng !