Obat Alami · 09/01/2021 0

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

Apa manfaat minum jahe sebelum tidur ? pertanyaan ini yang mungkin kamu tanyakan sampai kamu ada di halaman ini. esehat akan menguraikannya, mudah – mudah bisa meringankan rasa penasaran kamu tentang manfaat minum jahe sebelum tidur.

Jahe, memiliki nama latin Zingiber officinale merupakan salah satu jenis rempah berbentuk jemari dengan warna kuning kecoklatan, dan ada juga yang berwarna merah muda.

Memiliki rasa dominan hangat sampai pedas karena mengandung senyawa keton yang bernama zingeron.

Jahe bisa tumbuh dengan subur pada iklim tropis seperti di negara kita ini.

manfaat minum jahe sebelum tidur
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Tanaman rempah yang berasal dari India atau Tiongkok Selatan ini memiliki 3 varietas atau jenis yang populer. Yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. Ketiganya sama – sama memiliki manfaat, baik sebagai rempah masakan atau obat alami. 

esehat akan uraikan manfaat minum jahe sebelum tidur dengan jenis secara umum yaitu jahe merah dan jahe kuning atau jahe yang biasa kamu temukan di dapur sebagai bahan masakan.

Jahe yang populer sebagai rempah makanan atau campuran minuman ini ternyata banyak mengandung berbagai macam Nutrisi, Vitamin dan Mineral. Dalam satu sendok jahe yang masih segar bisa mengandung :

  • Vitamin C, B2, B3 dan B6
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Magnesium
  • Folat
  • Zinc
  • Fosfor
  • Gula sebanyak 0,1 gram
  • Karbohidrat sebanyak 1,07 gram
  • Serat sebanyak 0,12 gram
  • Kalori 4,8
  • Protein sebanyak 0,11 gram
  • Lemak sebanyak 0,05 gram

Tak heran jika jahe bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika kamu mengkonsumsinya dengan benar dan cukup. Cara mendapatkannya yang mudah dan harganya yang terjangkau membuat tanaman rempah ini semakin membumi.

12 Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

Banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung pada jahe. Membuat jahe menjadi salah satu rempah yang populer di kalangan masyarakat akan segudang manfaat dan khasiatnya terutama untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini esehat akan menguraikan apa saja 12 manfaat minum jahe sebelum tidur yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol pada hakikatnya adalah lemak yang berguna untuk tubuh kita. Bisa menjadi penyakit karena jumlahnya yang terlalu banyak dan mengendap di pembuluh darah, sehingga menyumbat laju aliran darah.

Adanya kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebab penyakit jantung bahkan stroke.

Nah, mengkonsumsi jahe dengan rutin kabarnya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang berlebih.

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat yang bisa kamu ambil dari minum sebelum tidur adalah untuk memperlancar pencernaan.

Jika kamu sedang mengalami masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar. Kamu bisa mencoba minum air jahe hangat untuk memperlancarnya.

Selain bisa menghangatkan perut, perasan air jahe ternyata juga dapat mengatasi saluran pencernaan yang tersumbat dan akan membuat perut kamu nyaman lagi.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak diderita. Penyakit yang bisa berasal dan gen atau faktor keturunan ini ditandai dengan tingginya glukosa atau kadar gula dalam darah yang tidak terserap sempurna oleh tubuh sehingga terjadi penumpukan. Yang berakibat gangguan pada organ tubuh kita.

Lalu apa hubungannya dengan jahe si rempah dapur ini ?

Pada tahun 2015 ada sebuah studi mengatakan bahwa meminum jahe dengan teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 12%.

Jahe memiliki khasiat ini karena kandungan efek antidiabetik nya.

Meski demikian adanya, jika kamu memilih jahe sebagai obat alami untuk penyakit diabetes. Mengkonsumsinya tetap harus sesuai dengan anjuran dan pengawasan dari dokter.

4. Bisa Mengurangi Berat Badan

Kamu lagi diet ? atau sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan ? mungkin jahe bisa jadi solusinya.

Ini mitos belaka atau fakta benar adanya ?

Ternyata sebuah studi di Columbia University tahun 2012 membuktikan, bahwa mengkonsumsi jahe dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Selain itu jahe juga mampu membuat perut kamu merasa kenyang cukup lama.

Ini terjadi karena jahe mampu mempercepat laju metabolisme tubuh yang berasal dari kalori yang terbakar.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat minum jahe sebelum tidur. Jadi jahe bisa juga jadi menu minuman diet yang bisa efektif untuk menahan godaan makanan lain. hihi…

5. Membantu Mencegah Resiko Kanker

Kanker, salah satu penyakit menakutkan yang banyak diderita oleh manusia di dunia ini ternyata resiko pencegahannya dapat menggunakan jahe.

Percaya atau tidak,

Penelitian menunjukan bahwa jahe mampu mengurangi aktivitas molekul pro-inflammatory dalam usus. Sehingga dengan begitu jahe berkhasiat untuk mengurangi resiko kamu terkena kanker usu.

Bahkan 6 kandungan gingerol pada jahe dipercaya juga sebagai efek anti kanker.

6. Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

Menurunnya fungsi otak dapat terjadi saat proses penuaan. Secara sederhana dapat kita katakan, makin tua umur maka otak juga makin lemot. hihi…

Tapi tenang, ternyata salah satu manfaat minum jahe sebelum tidur itu bisa meningkatkan fungsi otak loh.

Karena dari penelitian katanya antioksidan yang terkandung pada jahe itu bisa memperlambat reaksi inflamasi di otak. Dan seiring dengan hal itu maka fungsi otak akan meningkat.

7. Membantu Meredakan Kram Perut Saat Haid

Suka kram perut saat haid ? jahe bisa sangat bermanfaat tentunya buat kamu para kaum hawa saat masuk ke siklus haid.

Kram perut saat haid ini terjadi karena adanya perubahan pada tubuh kamu saat menstruasi. Kontraksi pada dinding rahim terjadi lebih kuat karena untuk mengeluarkan darah menstruasi.

Pada 3 atau 4 hari pertama saat haid, kamu bisa mencoba mengambil manfaat dari minum jahe untuk meredakan rasa sakit atau kram pada perut.

8. Bisa Mengatasi Nyeri Pada Persendiaan

Selain kandungan jahe yang telah kita tau. Ternyata tanaman rempah yang satu ini memiliki zat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan.

Nyeri pada persendian tulang merupakan salah satu gangguan yang disebabkan oleh peradangan. Ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama buat kamu yang bekerja rutin mengandalkan fisik.

Mengkonsumsi jahe dapat meredakan nyeri bahkan efektifitasnya sama dengan mengkonsumsi obat anti nyeri seperti ibuprofen menurut salah satu study.

9. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat minum jahe sebelum tidur juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Kenapa ?

Sebagaimana yang telah kita tau bahwa jahe banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, meminum air jahe bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Alhasil mudah – mudahan kamu bisa tetap sehat dan jarang sakit jika rutin meminumnya.

10. Bisa Meringankan Batuk Pilek

Jika kamu suka memperhatikan obat herbal untuk batuk atau pilek, rata – rata komposisinya mengandung ekstrak jahe. Tentunya selain mint dan jeruk nipis yang dapat mengatasi batuk.

Sebagian orang percaya bahwa ramuan air jahe dapat meredakan bahkan mengatasi batuk terutama jenis jahe merah. Banyaknya kandungan aktif pada jahe membuatnya sangat populer sebagai salah satu obat alami yang dapat membantu meredakan batuk.

Untuk mengobati batuk, jahe umumnya dicampur dengan perasan air lemon dan sedikit madu.

Hmmm… sepertinya hangat dan segar ya !

11. Membantu Meredakan Mual

Banyak yang menilai minum air jahe juga dapat mengatasi rasa mual. Bahkan Ibu hamil juga bisa memanfaatkan jahe untuk meredakan mual dan muntah.

Tapi sebelumnya kamu harus pastikan terlebih dahulu sudah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Mengingat Ibu hamil itu tidak bisa minum dan makan obat sembarangan selain yang sudah dianjurkan oleh Bidan atau Dokter Kandungan terlebih dahulu.

12. Mencegah Terjadinya Infeksi

Penyakit infeksi biasanya memiliki macam – macam gejala, dan berbagai penobatan tergantung dari penyebab terjadinya infeksi itu sendiri. Salah satu penyebab infeksi adalah tumbuhnya berbagai jenis bakteri. 

Nah, jahe memiliki kandungan gingerol yaitu salah satu elemen dari Oleoresin. Gingerol pada jahe dipercaya mampu untuk menghambat laju pertumbuhan berbagai jenis bakteri, yang pada akhirnya dapat membantu untuk mencegah terjadinya infeksi.

Cari tau juga :

Berbagai manfaat sayur daun kelor untuk kesehatan

Tentunya, segala manfaat minum jahe sebelum tidur bisa kamu dapatkan jika kamu mengkonsumsinya dengan tepat dan benar. Mengkonsumsi jahe secara berlebihan dan asal – asalan bisa menjadi boomerang buat kesehatan kamu sendiri. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter terkait masalah yang kamu alami sekarang. Karena jahe bukan satu – satunya obat yang bisa mengatasi keluhan penyakit yang kamu derita saat ini.

Cara Membuat Minuman Jahe

Ada banyak olahan jahe yang bisa kamu coba untuk minum jahe sebelum tidur. 

Beberapa yang paling umum adalah dengan cara menumbuk kasar jahe lalu merebusnya dengan air bersih. Kemudian air rebusan jahe itu bisa kamu minum langsung setelah dingin atau bisa kamu campur dengan madu untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Atau kamu bisa tambahkan gula merah secukupnya saat merebus tumbukan jahe.

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan cara menghaluskan jahe terlebih dahulu dengan parutan. Lalu peras airnya dan campurkan dengan air hangat. Bisa juga tambahkan dengan madu.

Atau kamu bisa membuatnya dengan cara yang lebih mudah. Ambil 1 siung jahe, cuci bersih, potong menjadi 2-3 bagian kemudian geprek hingga potongan jahe itu terbelah.

Masukan ke dalam gelas kemudian tambahkan air hangat dan aduk sampai ekstrak air jahenya keluar atau hingga air berwarna putih kekuningan. Lakukan penyaringan dan campur dengan madu supaya lebih enak.

Selalu ingat, opsi terbaik untuk mengatasi keluhan penyakitmu adalah berkonsultasi bersama dokter terlebih dahulu. Termasuk menanyakan banyaknya manfaat minum jahe sebelum tidur.

Dan obat yang paling baik dari semua itu adalah do’a meminta kesembuhan kepada Allah SWT Yang Maha Penyembuh.

Salam sehat bareng !