Obat Alami · 27/02/2021 0

Manfaat Daun Sirih untuk Mata, Mata Minus Bisa Sembuh !

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mata mungkin sudah dikenal cukup luas. Daun sirih adalah salah satu tanaman asli di Indonesia. Kamu bisa menemukan daun sirih ini di berbagai tempat lho.

Daun sirih ini, memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan dan juga bagi mata.

Namun, sebelum membahas mengenai manfaat daun sirih untuk mata. Kita akan membahas beberapa hal umum terlebih dahulu mengenai daun sirih ini.

manfaat daun sirih untuk mata
Ilustrasi foto dari pexels.com

Daun sirih ini merupakan spesies P.Getle dengan genus Piper. Tanaman sirih biasanya tumbuh merambat atau bersandar pada tumbuhan lain yang berdiri tegak.

Namun, bagi yang memelihara tanaman sirih ini biasanya telah disediakan kayu yang ditancapkan tegak sebagai media perambatannya. Sehingga nantinya tak akan mengganggu tanaman lainnya.

Daun sirih ini biasanya digunakan oleh orang zaman dulu untuk menyirih. Untuk menyirih ini biasanya dibutuhkan juga beberapa item seperti gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Di zaman modern seperti ini kebiasaan menyirih tak lagi populer. Daun sirih sekarang lebih banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan kesehatan lainya.

Sebenarnya tanaman sirih ini merupakan flora khas daerah kepulauan Riau. Namun, saat ini kamu bisa dengan mudah menjumpainya di area di Indonesia.

Ciri – Ciri Tanaman Sirih

Ada beberapa ciri khusus serta ciri umum tanaman sirih, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Tanaman sirih bisa merambat sampai 15m.
  • Tanaman sirih ini memiliki batang berwarna coklat kehijauan dan beruas. Sementara itu, batang ini juga merupakan tempat keluarnya akar.
  • Daun sirih sendiri memiliki bentuk seperti hati, dan memiliki ujung yang runcing. Biasanya daun ini tumbuh berselang-seling dan bertangkai.
  • Daun sirih ini memiliki aroma yang kurang sedap apabila di remas. Aroma ini merupakan aroma khas sirih.
  • Panjang daun sirih berkisar antara 5 sampai dengan 8 centimeter.
  • Bunga sirih biasanya berbentuk seperti bulir dan memiliki daun pelindung yang panjangnya kurang lebih 1 milimeter serta berbentuk bulat panjang.
  • Bulir jantannya memiliki panjang sekitar 1,5 sampai dengan 3 centimeter dan terdapat dua benang sari pendek. Sementara itu, bulir betinanya memiliki panjang sekitar 1,5 cm sampai dengan 6 cm dan memiliki 3 sampai 5 kepala putik yang berwarna putih dan hijau kekuningan.
  • Buah tanaman ini sendiri berbentuk bulat dan berwarna hijau keabu-abuan.
  • Akar tanaman sirih sendiri merupakan jenis akar tunggang, bulat serta memiliki warna coklat kekuningan.

Daun sirih mengandung antibakteri yang bisa membunuh kuman. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa manfaat daun sirih tersebut bisa kita rasakan jika kamu mengolahnya dengan cara yang benar. Alias jangan menggunakannya secara sembarangan ya.

Kamu perlu konsultasi pada dokter spesialis mata terlebih dahulu.

Untuk beberapa masalah mata yang sudah berlangsung lama atau parah akan lebih baik kamu mempercayakannya pada para ahli.

Penggunaan air rebusan daun sirih ini juga harus ekstra hati-hati ya. Kamu harus memprosesnya dengan benar serta steril ya.

Sekitar 85-90 % daun sirih sebenarnya terdiri dari air.

Daun sirih juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang sedikit. Dalam setiap 100 gram daun sirih, setidaknya terdapat 44 kalori serta 0,4 sampai dengan 1 % kandungan lemak.

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Tanaman sirih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bagian mata.

Bagian dari tanaman sirih yang paling sering dipakai untuk hal ini adalah bagian daunnya.

Daun Sirih Rambat
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Daun sirih ini bisa sebagai obat tetes mata. Daun tersebut harus diolah terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat daun sirih untuk mata :

1. Untuk Kompres Mata

Untuk tujuan kompres mata atau mata yang terasa lelah. Kamu bisa mencuci 2 lembar daun sirih hijau atau merah kemudian menempelkannya pada mata.

Hal ini bisa kamu lakukan beberapa kali. Lebih baik pula kamu melakukannya saat menjelang tidur.

2. Mengatasi Iritasi Mata

Terkadang ada benda yang masuk ke dalam mata. Benda tersebut bisa jadi debu atau kotoran halus.

Debu atau kotoran halus tersebut tentu saja mengandung kuman atau bakteri yang bisa mengakibatkan iritasi mata. Iritasi mata ini biasanya ditandai dengan rasa gatal di mata.

Selain itu, biasanya mata yang mengalami iritasi akan terlihat berwarna merah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan rebusan daun sirih.

Cara pembuatannya cukup mudah lho.

Pertama, cukup siapkan 4 sampai dengan 5 lembar daun sirih. Cuci hingga bersih.

Rebus daun sirih tersebut sampai warna air berubah menjadi kekuningan. Pastikan kamu menggunakan air bersih ya.

Setelah selesai. Dinginkan air rebusan daun sirih tersebut.

Setelah dingin, saring air rebusan daun sirih tersebut. Selanjutnya, air ini bisa kamu gunakan sebagai obat tetes mata.

3. Mengatasi Mata Merah

Daun sirih juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata merah lho. Mata merah yang umumnya merupakan kondisi yang tidak begitu berbahaya. Akan tetapi tetap saja dapat mengganggu penglihatan dan membawa rasa tidak nyaman pada mata.

Mata merah dapat menjadi akibat dari membengkaknya pembuluh darah pada selaput putih mata. Bisa disebabkan oleh masuknya debu atau partikel kecil lain pada mata. Atau bisa juga karena terkena sinar matahari atau keadaan mata yang kering.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi mata merah caranya hampir sama dengan poin nomor 2 di atas ya.

4. Mengatasi Mata Minus

Memiliki mata yang sehat dan normal pastinya merupakan harapan bagi setiap orang termasuk kamu. Tapi aktifitas keseharian kita dapat memupus harapan untuk memiliki mata yang sehat. 

Coba saja kau renungi, hampir setiap saat mata kita tidak lepas dari layar smartphone. Baik sebagai tuntutan pekerjaan ataupun untuk kebutuhan hiburan. 

Nonton video, scrol wall fb, chat wa atau aktifitas lainnya yang membuat mata kita terasa sangat lelah. Dan lebih jauh lagi dapat mengakibatkan mata menjadi rabun.

Tidak sedikit orang yang merasa putus asa untuk mengobati mata minus. Yang pada akhirnya memutuskan untuk pergi ke optik dan memesan kacamata minus.

Tapi tahukah kamu, ada cara yang mudah juga murah untuk dapat mengatasi mata minus. Salah satunya dengan mengambil manfaat dari daun sirih.

Caranya terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengompres kedua mata selama tidur malam. Ambil 2 lembar daun sirih lalu cuci bersih. Cuci muka sampai bersih terutama area sekitaran mata. Tempelkan daun sirih pada mata sebelum tidur dan rekatkan dengan plester atau hansaplast. Diamkan selama kamu tidur dan lepas pada pagi hari ketika kamu bangun.

Lakukan hal ini secara rutin sampai kamu merasakan manfaatnya pada penglihatan mata kamu.

Cari tau juga :

6 Ciri – Ciri Mata Silinder yang Wajib Kamu Ketahui
Top 11 Buah yang Mengandung Asam Folat
10 Obat Sakit Perut Mules dan Mencret Alami

Yang harus kamu ingat adalah manfaat daun sirih untuk mata tidak serta merta dapat mengobati gangguan kesehatan pada mata. 

Penanganan yang lebih tepat dan lebih bijak adalah dengan pergi ke dokter mata untuk mendapatkan resep yang tepat untuk mengobati masalah pada mata kamu.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Selain untuk Mata

Bukan hanya bisa bermanfaat untuk mata, ternyata daun sirih juga memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari daun sirih adalah sebagai berikut:

  • Dapat Meningkatkan Pencernaan

Pasalnya, daun sirih dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan merangsang usu untuk dapat menyerap vitamin dan nutrisi. Mungkin di antara kamu ada yang pernah melihat ada orang yang mengunyah daun sirih setelah makan. 

Umumnya dulu nenek moyang kita melakukan ini. Ternyata bukan tanpa alasan. Mengunyah daun sirih setelah makan ternyata dianjurkan karena dapat menjaga kesehatan usus dan meningkatkan sistem pencernaan.

  • Mengobati Diabetes

Sebuah studi menemukan bahwa daun sirih mengandung terpenoid, sebuah zat yang dapat meningkatkan kinerja insulin dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Lebih lanjut, ada penelitian yang memiliki temuan adanya penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 setelah rutin meminum air rebusan daun sirih yang dikeringkan lalu ditumbuk.

  • Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat lain yang cukup mengejutkan adalah adanya kandungan antimikroba pada daun sirih. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa antimikroba dapat secara efektif melawan bakteri yang tinggal dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

Lebih dari itu, mengunyah daun sirih setelah makan ternyata dapat mengurangi resiko masalah gigi seperti gigi berlubang, plak gigi atau kerusakan gigi lainnya.

  • Mengatasi Pendarahan Pada Hidung

Pendarahan pada hidung atau lebih kita kenal dengan istilah mimisan adalah keluarnya darah dari salah satu atau kedua lubang hidung yang disebabkan oleh udara yang kering atau kebiasaan mengorek lubang hidung. Sering dialami oleh anak – anak, ibu hamil atau lansia. 

Daun sirih merah mengandung fenil poppies dan terpene yang secara efektif dapat menghentikan pendarahan pada hidung.

Caranya cukup mudah. Kamu dapat menggulung daun sirih menyerupai corong kemudian masukan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah.

  • Mengatasi Sembelit

Masih erat hubungannya dengan manfaat daun sirih yang dapat meningkatkan pencernaan.

Lebih jauh lagi ternyata air rendaman daun sirih ini mampu untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Daun sirih merupakan salah satu sumber antioksidan yang cukup tinggi. Mengkonsumsinya dapat menjaga pH normal dalam tubuh serta melawan radikal bebas.

Oleh karena itu, daun sirih banyak direkomendasikan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit.

Kamu dapat mencacah beberapa lembar daun sirih dan merendamnya dalam air putih selama satu malam. Kemudian minum air nya pagi – pagi selagi perut masih kosong.

  • Melegakan Pernapasan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mata mungkin sudah populer secara luas. Tapi tahukah kamu, jika daun sirih juga mampu meringankan gangguan pernapasan seperti paru – paru tersumbat, asma atau batuk pilek.

Kamu dapat merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air dan campurkan kayu manis, cengkeh serta kapulaga. Rebus hingga air kurang lebih menjadi 1 gelas. Kemudian minum airnya.

Lakukan treatmen ini sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari untuk mengurangi gangguan pada pernapasan.

  • Mengatasi Jerawat

Ya, percaya atau tidak. Menurut sumber, daun sirih sendiri dapat mengurangi jerawat yang timbul pada bagian wajah, punggung atau bagian tubuh lain. Ini karena daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan kuman.

Caranya, kamu tumbuk beberapa lembar daun sirih kemudian seduh dengan air hangat. Ambil handuk dan celupkan handuk tersebut kemudian bersihkan area yang terkena jerawat dengan handuk yang sudah dibasahi air daun sirih.

Supaya hasilnya lebih terlihat, kamu bisa melakukannya 2 kali dalam sehari.

  • Meredakan Rasa Sakit

Daun sirih dapat juga kamu manfaatkan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka, ruam atau memar.

Berdasarkan sumber, ternyata daun sirih adalah salah satu analgesik yang kuat yang dapat  meredakan rasa sakit dengan instan. Kamu dapat menumbuk daun sirih sampai halus atau sampai menjadi pasta, kemudian oleskan sekitar area rasa sakit.

  • Sebagai Antiseptik dan Antijamur

Daun sirih kaya akan kandungan polifenol. Oleh karenanya menjadi daun sirih memiliki sifat antiseptik yang sangat kuat dan dapat menawarkan perlindungan ganda terhadap kuman. Lebih jauh lagi dapat mengobati peradangan pada persendian.

Selain itu, daun sirih juga memiliki sifat antijamur yang secara luar biasa dapat mengatasi infeksi jamur.

  • Meredakan Nyeri Pada Persendian

Ternyata tidak berhenti sampai disini. Ternyata daun sirih juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat dengan efektif mengurangi nyeri pada persendiaan yang merupakan salah satu ciri penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa ambil beberapa daun sirih, kemudian rendam sebentar dengan air hangat. Lalu susun daun di area persendian yang terasa nyeri, kemudian ikat. Treatmen ini dapat secara signifikan mengurangi nyeri pada persendian.

Cari tau juga :

7 Obat Flu Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi
11 Obat Herbal Penurun Panas yang Efektif
16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Bahaya Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih Secara Sembarangan

Manfaat daun sirih untuk mata yang kita bahas di atas akan efektif apabila kamu mengaplikasikannya dengan benar. Namun, apabila kamu sembarangan maka hal ini bisa menimbulkan efek yang cukup negatif.

Hal ini terjadi lantaran penggunaan air rebusan daun sirih untuk mengobati penyakit secara sembarangan bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Hal ini tentu saja akan memperberat kondisi mata.

Jika larutan PH yang ada di daun sirih melebihi kadar PH normal di mata, maka hal tersebut bisa berbahaya.

Hal tersebut bisa menyebabkan reaksi perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata. Terutama bagian epitel kornea dan konjungtiva.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan mata. Contohnya saja, luka pada kornea atau bisa juga ulkus kornea.

Jika kerusakan ini terjadi, maka hal tersebut akan membuat resiko infeksi mata meningkat.

Selain itu, di dalam permukaan daun sirih terdapat banyak sekali mikroorganisme yang dapat menimbulkan infeksi. 

Hal inilah yang membuat kamu harus mencuci bersih daun sirih tersebut sebelum kamu pakai untuk menghilangkan mikroorganisme yang ada di permukaan daun.

Biasanya mikroorganisme yang paling sering ada pada daun ini adalah jamur. Jika mikroorganisme tersebut mengenai mata, hal ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi mata dan penyakit keratitis mata.

Kesimpulan

Nah, itu tadi pembahasan mengenai manfaat daun sirih untuk mata serta bahaya yang bisa timbul apabila kamu menggunakannya secara sembarangan.

Akan lebih baik lagi kalau kamu menjaga kesehatan mata dengan baik. Contohnya, mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A.

Selain itu, kamu juga harus menghindari beberapa kebiasaan buruk yang tak sehat bagi mata.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya dan sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.

Salam sehat bareng !