Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Beragam manfaat buah pir untuk ibu memang masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Bahkan mungkin ada yang menganggapnya tidak baik untuk ibu hamil. 

manfaat buah pir untuk ibu hamil
Ibu Hamil (Ilustrasi foto dari pexels.com)

Hal ini terbilang wajar.

Mengingat, kehamilan adalah masa yang penting untuk dijaga oleh sang ibu. Pasalnya, segala makanan yang disantap akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan janin di dalam perutnya.

Tak jarang, banyak ibu hamil bertanya-tanya tentang makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi. Salah satunya, mencari tahu tentang buah pir.

Terlebih dulu, mari kita ulas, apakah aman mengkonsumsi buah pir selama kehamilan?

Makan Buah Pir Saat Hamil, Aman atau Tidak ?

Ya, mengkonsumsi buah pir saat hamil benar-benar aman. Buah ini memiliki kadar kalori rendah dan nilai gizi yang tinggi.

Namun, sebelum mengonsumsi buah pir, cuci terlebih dulu secara menyeluruh permukaannya untuk menghilangkan bakteri patogen berbahaya, penyebab penyakit toksoplasmosis, listeriosis, hingga komplikasi kehamilan yang parah. 

Perawatan ini juga berlaku untuk buah lain lain yang berkulit.

Selain mencucinya dengan bersih, kamu juga bisa mengupas kulitnya sebelum memakan buahnya.

Berapa Banyak Buah Pir yang Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil ?

Meskipun pir aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, namun ada batasan jumlah yang diperbolehkan. 

porsi buah pir yang ideal untuk ibu hamil
Aneka Buah Pir (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Wanita hamil sebaiknya makan 1 sampai 2 buah pir berukuran sedang setiap hari.

Jika kamu anggap terlalu banyak, maka kamu bisa mengurangi jumlahnya. 

Namun, pastikan tidak mengkonsumsi buah ini lebih dari dua dalam sehari.

Lantas, apa sajakah manfaat buah pir untuk ibu hamil?

Cari tau juga :

Buah – Buahan yang Mengandung Protein Tinggi

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat buah pir untuk ibu hamil yang mungkin jarang kamu ketahui. Kandungan nutrisinya yang tinggi, membuat buah ini sangat baik untuk diet selama masa kehamilan.

kandungan buah pir yang bermanfaat selama masa kehamilan
Irisan Buah Pir (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Nah, berikut ini ragam manfaat buah pir untuk ibu hamil yang wajib kamu ketahui.

  • Sumber Vitamin C yang Diperlukan Tubuh

Setiap hari, tubuh memerlukan asupan vitamin C guna mendukung fungsi tubuhnya. Bagi ibu hamil, buah pir adalah sumber vitamin C yang sangat baik.

Dalam satu buah pir, mengandung kurang lebih 10 mg vitamin C. Jumlah tersebut merupakan bagian signifikan dari asupan harian, dimana 85 mg bagi ibu hamil dan 75 mg bagi wanita tidak hamil.

Selain itu, manfaat vitamin C dalam buah pir ini membantu tubuh melawan infeksi, yang mungkin terjadi selama masa kehamilan.

Perlu kamu tahu, mengkonsumsi buah pir bersamaan dengan makanan lain dengan kandungan zat besi tinggi, seperti kacang-kacangan, nasi, atau daging, turut membantu proses penyerapan dari zat besi itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, selama kehamilan seringkali terjadi kekurangan zat besi. Inilah yang membuat ibu hamil, penting untuk mengkonsumsi asupan vitamin C.

  • Memiliki Folat, Zat yang Diperlukan Ibu Hamil

Menurut USDA National Nutrient Database, dalam satu buah pir, mengandung sekitar 14 mikrogram folat.

Memang, jumlah tersebut tidak terlalu banyak. Akan tetapi, setiap ibu hamil penting untuk mendapatkan asupan folat sebanyak mungkin selama kehamilan.

Nah, inilah alasan mengapa ibu hamil perlu mengkonsumsi buah pir. Terlebih, tidak banyak makanan yang mengandung asam folat.

Manfaat folat ini tidak sekedar bagi ibu hamil. Bahkan, dokter pun menyarankan wanita usia subur untuk mengkonsumsi suplemen asam folat.

Cari tau juga :

Top 11 Buah yang Mengandung Asam Folat

Selama trimester pertama kehamilan sangat membutuhkan nutrisi asam folat. Sebab, zat tersebut memegang peranan penting untuk mencegah gangguan tabung saraf.

Bagi ibu hamil, jumlah asupan folat harian yang baik adalah 600 mikrogram.

  • Sumber Karbohidrat bagi Dua Nyawa Sekaligus

Sebagai ibu hamil, harus makan untuk memberi nutrisi bagi dua orang sekaligus, yaitu ibu hamil itu sendiri dan janin dalam perutnya. Oleh karena itu, ibu hamil memerlukan lebih banyak makanan padat energi daripada jenis makanan yang lain.

Inilah manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya yaitu sebagai sumber karbohidrat.

Secara umum, karbohidrat sangat penting untuk menjalankan semua proses tubuh bagi ibu hamil, seperti pertumbuhan janin, perkembangan kehamilan, produksi ASI, dan masih banyak lagi. Menurut Firstcry Parenting, meskipun buah pir mengandung kalori rendah, namun menjadi sumber karbohidrat buah yang sehat.

  • Membantu Melawan Sembelit

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang lain yaitu membantu melawan sembelit. Bagi ibu hamil, pasti kerap sekali mengalami masalah pencernaan satu ini.

Bahkan, kondisi ini menjadi semakin akut dengan asupan suplemen zat besi.

Dalam 1 buah, buah pir memiliki kandungan serat 7gm. Terdiri dari pektin atau kandungan serat yang dapat larut sebanyak 2gm dan dapat membantu sistem pencernaan.

Mengkonsumsi buah pir akan lebih baik jika memakannya bersamaan dengan kulitnya, biar mendapatkan lebih banyak serat.

  • Menjaga Kadar Gula Darah dengan Indeks Glikemik yang Rendah

Ibu hamil wajib menjaga asupan nutrisi dari buah tertentu untuk menjaga kadar gula darahnya. Nah, buah pir hijau dengan sedikit rasa manis, memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik bagi ibu hamil dengan riwayat kencing manis.

Tidak hanya bagi ibu hamil, bagi siapapun yang memiliki penyakit kadar gula darah berlebih, akan sangat baik untuk mengonsumsi buah pir sebagai asupan sehat.

  • Sumber Vitamin A yang Diperlukan Ibu Hamil Sejak Trimester Pertama

Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin A dan salah satu sumbernya bisa dari buah pir, sejak trimester pertama hingga persalinan. Inilah manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya.

Perlu kamu tahu, ibu hamil yang mengalami defisiensi vitamin A akan mengalami gangguan yang parah selama kehamilan. Lebih lanjut, berikut manfaat vitamin A yang bisa kamu dapat dari buah pir.

  • Vitamin A membantu membangun sistem imun tubuh dan mengurangi kemungkinan terinfeksi penyakit menular. Manfaat tersebut berasal dari beta karoten yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri patogen.
  • Manfaat utama vitamin A sangat baik untuk meningkatkan kesehatan visual dan perkembangan organ mata pada janin.
  • Keberadaan vitamin A mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, misalnya: sistem pernapasan, sistem saraf, sistem peredaran darah, dan sebagainya. Tidak hanya itu, organ vital lain seperti ginjal dan tulang juga memerlukan asupan vitamin A untuk mendukung perkembangan yang tepat.
  • Meski Sedikit, Buah Pir Memiliki Kalium Didalamnya

Nutrisi penting lain yang diperlukan oleh ibu hamil adalah kalium. Nah, buah pir adalah asupan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut.

Meski sedikit, kandungan kalium dalam buah pir bertanggung jawab terhadap fungsi tubuh tingkat sel dan jaringan. Berikut manfaat buah pir untuk ibu hamil dari segi kandungan kaliumnya.

  • Kalium dalam buah pir membantu pemeliharaan tekanan darah dan kesehatan jantung bagi ibu hamil sekaligus janinnya.
  • Buah pir membantu menyeimbangkan elektrolit dalam darah dan cairan jaringan, serta menjaga fungsi tubuh secara efisien.
  • Membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kram perut ataupun kaki.
  • Menstabilkan sistem saraf, sehingga fungsi motorik dan koordinasi tetap terjaga.

Cari tau juga :

16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

  • Buah Pir Memiliki Tembaga dan Magnesium, Membantu Produksi Sel Darah Merah

Tembaga dan magnesium merupakan mikronutrien yang tubuh perlukan, terutama ibu hamil. Kedua mineral ini memberikan manfaat buah pir untuk ibu hamil, berupa membantu produksi sel darah merah bersamaan zat besi dan vitamin B.

Biasanya, ibu hamil memiliki satu liter darah lebih banyak daripada wanita dewasa yang tidak hamil. Berikut rincian manfaat buah pir untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

  • Tembaga membantu perkembangan dan fungsi organ tertentu, serta menjaga kesehatan saraf dan pembuluh darah.
  • Keberadaan tembaga sangat penting untuk memelihara sistem rangka sehingga tubuh lebih kuat.
  • Sementara, magnesium berperan dalam merilekskan otot tubuh selama masa kehamilan, sehingga stress dan kelelahan fisik dapat berkurang.
  • Baik tembaga ataupun magnesium, sama-sama membantu meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.
  • Menjadi Asupan Serat untuk Menjaga Sistem Pencernaan

Ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal tersebut bisa terjadi karena terjadi penyempitan ruang karena pertumbuhan janin dalam perut.

Nah, kamu bisa atasi masalah tersebut dengan mengonsumsi serat yang cukup. Diet kaya serat akan sangat membantu meringankan sembelit dan kembung.

Buah pir memiliki kandungan serat yang tinggi dan cocok memenuhi kebutuhan serat bagi ibu hamil. Manfaat buah pir untuk ibu hamil, terutama konsumsi serat di dalamnya, dapat membantu tekanan darah dan menurunkan hipertensi selama kehamilan.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil ini saling berkaitan satu sama lain. Misalnya, saat tingkat tekanan darah bisa bertahan dan kadar natrium-kalium dalam darah seimbang, maka bisa membantu menurunkan kemungkinan terjadi preeklamsia.

  • Diperkaya Vitamin B6 untuk Mencegah Cacat Janin

Sebagai seorang ibu, pasti menginginkan kondisi buah hatinya lahir dalam kondisi sehat dan normal. Nah, untuk memastikan hal tersebut, ibu hamil perlu menjaga pola makan dan asupan nutrisinya.

Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah asupan vitamin B, terutama vitamin B6. Seperangkat vitamin B ini sangat penting bagi ibu hamil karena mencegah kondisi cacat janin.

Berikut ini adalah manfaat dari kandungan vitamin B dan vitamin B6 yang ada dalam buah pir.

  • Fungsi vitamin B6 yaitu ikut membantu pertumbuhan jaringan saraf janin.
  • Vitamin ini mampu membuat tubuh tetap sehat dengan cara mengatur respon imun terhadap munculnya infeksi.
  • Vitamin B6 dapat mengurangi frekuensi gejala kehamilan, seperti mual dan muntah. Gejala tersebut umumnya terjadi ketika usia kehamilan trimester pertama.
  • Buah Pir sebagai Sumber Antioksidan yang Baik bagi Ibu Hamil

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kondisi lingkungan sekitar kita dipenuhi oleh radikal bebas. Yang termasuk dalam radikal bebas, yaitu asap rokok, asap pabrik kendaraan, hingga makanan berlemak.

Perlu kamu tahu, bahkan makanan sehat pun tidak menjamin bebas radikal bebas. Tentu saja, adanya radikal bebas dalam tubuh menyebabkan banyak penyakit.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Nah, antioksidan alami dalam pir, terutama pir hijau berasal dari kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga di dalamnya.

  • Kandungan Serat dalam Buah Pir Hijau Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Buah pir hijau kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam buah pir juga membantu menurunkan kolesterol dalam pembuluh darah.

Lebih lanjut, manfaat buah pir ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung karena penyumbatan kolesterol dalam darah. Setidaknya, mengkonsumsi buah pir dapat mengurangi resiko stroke hingga 30%.

Kesimpulan

Meskipun manfaat buah pir untuk ibu hamil ini sangat banyak, kamu perlu hati-hati dalam mengkonsumsinya. Makanlah hanya pir matang, karena pir mentah menyebabkan masalah perut.

Selain itu, makanlah buah pir secukupnya saja sesuai dengan rekomendasi para ahli. Jangan memakannya terlalu berlebihan.

Hal lain yang perlu kamu ingat adalah masa kehamilan itu sangat sensitif terhadap asupan makanan. Mengingat makanan yang kamu makan akan masuk juga pada janin yang saat ini kamu kandung. Tentunya selain adanya perubahan hormon dalam tubuh.

Pada dasarnya, semua buah yang umum itu baik untuk kesehatan. Selama kamu mengkonsumsinya tidak berlebihan dan sesuai aturan. Walaupun, pada masa kehamilan ada beberapa buah yang tidak dianjurkan, karena satu dan lain hal.

Cari tau juga :

Waspada, Inilah Buah – buahan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Oleh karena itu, jalan terbaik dan paling aman adalah selalu berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan. Terkait dengan apapun yang ingin kamu makan dan membuat kamu ragu untuk mengkonsumsinya.

Sekian info sehat kali ini.

Semoga bisa membawa manfaat dan menambah informasi tentang masa kehamilan.

Salam sehat bareng !