Gejala Penyakit · 19/03/2021 0

Kulit Gatal Bentol Seperti Digigit Nyamuk ? Ini Penyebabnya

Pernahkah kamu mengalami kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk ? Benjolan gatal tersebut tentu menimbulkan ketidaknyamanan, bingung bahkan kadang malu karena dilihat orang lain.

Mungkin, kamu merasa seolah tidak digigit nyamuk. Namun, bagaimana bisa ada benjolan dan terasa gatal pada bagian tubuh tertentu ?

kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk
Bentol (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Meskipun menyerupai gigitan nyamuk, namun ada banyak kemungkinan penyebab dari kulit gatal bentol selain dari gigitan serangga. Dan kamu harus mewaspadai ini. 

Kebanyakan orang mengalami gejala ini pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan oleh alergi, infeksi, serangga, dan faktor lain yang tidak teridentifikasi.

Namun, ada tips umum yang direkomendasikan oleh American College of Allergy, Asthma & Immunology terhadap orang-orang yang mengalami kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk, yaitu dengan tidak menggaruknya. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan mandiri yang bersifat umum untuk mengatasi kulit gatal dengan cara berikut.

  • Sering mandi menggunakan air hangat
  • Gunakan sabun lembut dan hipoalergenik
  • Membatasi paparan sinar matahari saat di lapangan
  • Terapkan kompres dingin
  • Hindari pakaian ketat pada area yang muncul benjolan gatal

Pada dasarnya, kamu harus memahami terlebih dahulu, apa penyebab dari kondisi kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk yang sedang kamu alami. 

Dengan mengetahui penyebab dari benjolan gatal tersebut dapat membantu seseorang mendapatkan perawatan yang tepat.

gejala gatal - gatal pada kulit
Gal – gatal pada kulit (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Berdasarkan penyebabnya, maka pengobatan dari masalah ini bisa berupa menghindari makanan tertentu yang membuat alergi atau minum obat resep dari dokter. 

Nah, pada artikel ini, akan kita bahas lebih lanjut mengenai penyebab dari kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk dan cara mengobatinya.

Cari tau juga :

Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Urtikaria: Definisi dan Faktor Penyebabnya

Pernahkah kamu mendengar istilah urtikaria ? Ya, dalam dunia medis, istilah urtikaria ini menjelaskan kondisi kulit yang mengalami gatal-gatal dan menggambarkan suatu kondisi yang menyebabkan munculnya area gatal pada kulit tersebut.

Biasanya, orang melihat ada benjolan di kulit menyerupai gigitan nyamuk, tetapi tidak pernah merasa tergigit nyamuk. 

Nah, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena urtikaria akut.

Istilah akut itu sendiri yaitu kondisi gatal-gatal yang dialami berlangsung lebih dari 6 minggu.

Gatal-gatal sangat umum terjadi dan melanda hampir 20% orang selama hidupnya. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh jenis makanan tertentu, seperti kacang tanah, kacang pohon, dan makanan laut yang menjadi pemicu reaksi alergi.

Selain itu, gatal-gatal ini juga bisa disebabkan oleh lateks, serbuk sari, serangga, berbagai tumbuhan, dan obat tertentu, seperti obat sulfa hingga aspirin.

Kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk ini menimbulkan benjolan berwarna merah, ungu, bahkan bisa muncul dan hilang dengan cepat di area tubuh manapun. 

Bahkan, benjolan ini bisa berubah menjadi putih atau hilang ketika seseorang memencetnya.

Berikut akan kita bahas berbagai macam perawatan untuk mengatasi masalah kulit yang satu. Tentunya berdasarkan penyebabnya.

Tapi sebelumnya yang penting harus kamu ingat adalah berkonsultasi dengan dokter tetap menjadi prioritas utama untuk berbagai gangguan kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Perawatan Urtikaria oleh Alergi

Sebenarnya, perawatan untuk urtikaria atau kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk ini berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan dan faktor penyebabnya, termasuk pemicunya.

cara meredakan gatal dan bentol sepeti habis digigit nyamuk
Perawatan Kulit (Ilustrasi foto dari pexels.com)

Membawa Injektor Otomatis Epinefrin

Misalnya, orang dengan riwayat alergi terhadap pemicu, seperti kacang tanah atau serangga tertentu, mungkin perlu menyediakan injektor otomatis epinefrin kemanapun.

Perangkat injektor otomatis tersebut dapat menghentikan reaksi yang berpotensi mengancam nyawa seseorang jika suatu saat tidak sengaja bersentuhan dengan alergen yang diketahui.

Lotion Anti Gatal dan Antihistamin (OTC)

Selain epipen, kamu juga bisa membawa lotion anti gatal dan antihistamin yang dijual bebas dipasaran. OTC tersebut dapat meredakan gejala ringan. Sementara, untuk gejala yang lebih parah, memerlukan versi resep yang lebih kuat dari obat.

Perawatan Urtikaria Oleh Kutu Busuk

Mungkin saja, faktor penyebab dari kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk bukan alergi, tetapi gigitan kutu busuk. 

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), gigitan kutu busuk ini memang menyerupai gigitan dari serangga lain, meskipun bisa memakan waktu hingga 2 minggu untuk terwujud.

Nah, bagi kamu yang melihat adanya benjolan pada kulit menyerupai gigitan nyamuk, terlebih dahulu kamu harus memeriksa hal-hal berikut.

  • Tanda – tanda lain dari kutu busuk
  • Tempat tidur termasuk sprei dan kasur dari sarang kutu busuk
  • Kutu busuk mati
  • Bercak darah di kasur atau sprei
  • Bau tidak sedap yang khas dari kutu busuk

Jika sudah kamu pastikan penyebab gatal-gatal adalah gigitan kutu busuk, maka dapat lakukan perawatan atau pengobatannya yang sesuai. 

Para ahli merekomendasikan perawatan sederhana untuk mengobati gigitan apapun dengan tidak menggaruk, mengoleskan salep antiseptik OTC, dan mengonsumsi antihistamin.

Cari tau juga :

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes dengan Obat Alami

Kulit Gatal Bentol yang Disebabkan Kontak Dermatitis

Berbeda dengan reaksi alergi yang disebabkan oleh alergen langsung. Gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh kontak dermatitis.

Pada dasarnya, kontak dermatitis ini adalah munculnya reaksi alergi ketika kulit seseorang bersentuhan dengan sesuatu yang membuatnya alergi, misalnya lateks, logam tertentu, atau produk rumah tangga.

Sampai reaksi berkembang, diperlukan waktu 1-2 hari. Sementara, sampai gejala menghilang diperlukan waktu 2-3 minggu.

Kondisi dermatitis kontak ini bisa terasa sakit seperti gatal atau bisa juga muncul peradangan dan lepuh.

Pengobatan Gatal – gatal Akibat Kontak Dermatitis

  • Perawatan Diri

Pengobatan pertama yang bisa kamu lakukan dengan perawatan diri berupa kompres dingin, lotion kelamin, atau mandi air hangat untuk membantu meredakan nyeri dan memberikan efek menenangkan.

  • Resep Obat

Selain perawatan diri, kamu juga bisa mengonsumsi resep obat, seperti antihistamin dan kortison. Dengan catatan, diperlukan apabila reaksinya makin parah.

  • Bekerja dengan Profesional

Pola hidup secara tidak langsung menjaga tubuh seseorang dari berbagai penyakit. Dengan rutin melakukan perawatan kesehatan, akan membantu seseorang mengidentifikasi pemicu gatal-gatal.

Bahkan, seseorang yang bekerja dengan profesional akan minim resiko terkena alergen atau bersentuhan dengan hal-hal yang memicu alergi.

Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, ada lebih dari 3.700 zat yang diketahui menjadi penyebab alergi karena kontak. 

Cara yang paling tepat untuk mencegahnya yaitu dengan menghindari pemicu dermatitis kontak dan mencuci dengan sabun apabila sudah terpapar.

Gatal – gatal yang Disebabkan oleh Kudis

Tungau adalah penyebab terjadinya penyakit kudis. Salah satu penyakit kulit ini menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Tungau akan menembus lapisan atas kulit dan bertelur di dalamnya. 

Lubang bekas gigitannya terkadang bisa terlihat dari permukaan kulit, berupa garis-garis menonjol, bengkok dan berwarna kulit.

Gejala kudis paling umum adalah kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk, hanya saja benjolannya lebih kecil. 

Bagian tubuh yang biasanya terkena kudis dan terasa sangat gatal adalah pergelangan tangan, siku, sela-sela jari, hingga daerah belakang lutut.

Pengobatan Kudis

Untuk mengatasi kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk berupa kudis, kamu bisa gunakan lotion resep. Ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat supaya hasil yang diperoleh maksimal.

Siapapun yang tanpa sengaja melakukan kontak kulit terhadap penderita kudis, disarankan untuk mencari pengobatan.

Penderita kudis wajib mencuci dan mengeringkan pakaian, handuk, seprai, tempat tidur, dan barang-barang rumah tangga lainnya secara menyeluruh. Bisa juga cari alternatif pengobatan lain yang bisa membantu.

Perawatan Urtikaria oleh Eksim

Eksim juga dikenal sebagai dermatitis atopik. Kondisi ini menyebabkan kulit gatal, merah dan iritasi yang terkadang menimbulkan benjolan.

Dalam jangka panjang, eksim bisa membuat kulit lebih tebal, bersisik, dan menyebabkan perubahan warna.

Menggaruk area kulit yang gatal akibat eksim, justru akan memperburuk kondisi dan meningkatkan resiko infeksi. 

Kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk berupa eksim ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan, sehingga mendorong sistem imun untuk bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu, seperti sabun cuci atau keringat.

Eksim bisa terjadi pada area wajah, siku, lutut, kulit kepala, dan punggung tangan.

Pengobatan Eksim

Menurut National Eczema Association, pengobatan eksim ini membutuhkan perawatan diri, obat resep, dan obat OTC. Seseorang yang terkena eksim juga disarankan untuk mengidentifikasi, belajar mengelola, dan menghindari pemicu penyakit tersebut.

Selain itu, mengubah jadwal mandi dan penggunaan pelembab mampu membantu mengobati eksim. Lotion resep, obat sistemik, sinar UVB, dan bahan biologis dapat mengatasi gejala eksim menjadi lebih parah.

Perawatan Urtikaria Akut

Pada kondisi urtikaria akut maka perawatan yang diperlukan termasuk antihistamin non-penenang yang diminum selama beberapa minggu secara teratur.

Antihistamin seperti cetirizine atau fexofenadine, ikut membantu memblokir efek histamin, mengurangi ruam, dan menghentikan rasa gatal. Berbagai produk obat antihistamin tersebut bisa dibeli di apotek atau online.

Beberapa obat antihistamin mungkin menyebabkan rasa kantuk, terutama jika pengguna mengonsumsi alkohol sekaligus. Beberapa obat ini juga tidak cocok dikonsumsi selama kehamilan, kecuali telah mendapatkan resep dokter.

Pasien dengan angioedema mungkin perlu menemui ahli alergi, ahli imunologi, dan dokter kulit karena kondisi tersebut bisa memicu kesulitan bernapas lebih serius. 

Apabila terjadi pembengkakan pada bagian lidah atau bibir, kesulitan bernapas, dokter akan meresepkan injektor otomatis epinefrin dalam keadaan darurat.

Sebisa mungkin, pasien harus menghindari pemicu dari kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk.  

Urtikaria kronis menimbulkan ketidaknyamanan dalam jangka panjang dan terkadang menimbulkan komplikasi.

Perawatannya pun akan sedikit berbeda pada penderita urtikaria akut.

  • Antibiotik

Pemberian antibiotik berupa Dapone misalnya, akan mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

  • Omalizumab atau Xolair

Omalizumab atau xolair merupakan obat suntik yang berguna untuk memblokir imunoglobulin E, suatu zat yang berperan dalam merespon alergi. Dengan demikian, gejala urtikaria idiopatik kronis, sejenis gatal-gatal yang tidak diketahui penyebabnya dan berlangsung cukup lama dapat berkurang.

Seseorang yang mengalami gejala kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk makin parah, perlu hubungi spesialis.

  • Akupuntur

Banyak orang berpendapat bahwa akupuntur dapat mengobati gatal-gatal. Namun, tinjauan sistematis yang terbit tahun 2016 dengan kesimpulan bahwa akupuntur mungkin efektif dan aman untuk urtikaria kronis dalam hal meredakan gejala, berdasarkan bukti yang sedikit.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

Cari tau juga :

Bawang Putih untuk Obat Biduran, Begini Caranya !

Lebih lanjut gatal-gatal ini bisa memicu depresi. Ketika penderita stress justru akan memperburuk gatal-gatal dan menciptakan lingkaran setan yang tak kunjung sembuh.

Kesimpulan

Masalah kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk bisa ringan hingga parah. 

Beberapa masalah itu bisa disebabkan oleh gigitan kutu busuk yang cepat hilang atau bisa juga reaksi alergi terhadap makanan tertentu yang berlangsung permanen.

Akan tetapi, berbagai masalah kulit biasanya dapat segera diatasi dengan berbagai macam pengobatan yang tepat. 

Jika gejala yang berlangsung tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter atau ahli medis untuk menentukan penyebab kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk dan cara pengobatan yang tepat.

Sekian info sehat kali ini. Semoga bisa membawa manfaat dan membuka wawasan kita semua.

Salam sehat bareng !