Kecantikan · 16/06/2021 0

Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis, Wajib Tau !

Efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu melakukan treatment yang satu ini.

Memiliki bibir yang indah, merah natural memang menjadi banyak orang, terutama kaum wanita.

efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis
Sumber: pexels.com

Bibir merah yang natural memang memiliki daya tarik tersendiri.

Oleh sebab itu, banyak cara ditempuh untuk mendapatkan bibir yang merahnya alami.

Mulai dari pemakaian serum yang harganya bisa bikin jantungan, sampai treatment – treatment rumahan seperti menggunakan jeruk nipis.

Tapi, jangan lantas kamu mengabaikan resiko – resiko yang mungkin saja bisa terjadi saat melakukan sebuah metoda atau treatment untuk bibir.

Karena, alih – alih ingin membuat bibir jadi lebih menarik, justru malah menambah masalah.

Oleh karenanya, sebelum kamu terlanjur menggunakannya.

Ada baiknya kamu kenali dulu potensi atau efek samping yang mungkin terjadi.

6 Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang salah satu obat alami dengan segudang manfaatnya. Mengkonsumsinya bisa kita katakan aman.

Tapi pengaplikasian langsung terhadap kulit memiliki resiko tersendiri.

Terlebih jika penggunaanya berlebihan atau tidak sesuai takaran.

Dan berikut merupakan potensi efek samping yang bisa saja kamu alami.

1. Kulit Bibir Menjadi Terkelupas

Kondisi merupakan yang paling umum terjadi. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang asam. Penggunaan yang langsung pada kulit akan membuat kulit bibir menjadi terkelupas.

Pada dasarnya, hal tersebut bisa menjadi tujuan dari penerapan treatment ini.

Tapi, jika kondisi ini terus berlanjut dan kulit bibir terus terkelupas maka dampaknya akan sangat tidak baik untuk kesehatan bibir kamu.

2. Sulit Menerapkan Lipstik

Efek samping yang kedua ini merupakan dampak lanjutan dari efek samping yang pertama. Jika treatment ini membuat kulit bibir terus terkelupas, pada akhirnya bibir akan semakin licin.

Hal ini dapat menyebabkan susahnya mengaplikasikan lipstik pada bibir.

Lipstik atau pewarna bibir lainnya akan lebih sulit untuk menempel pada bibir. Jadi, silahkan kamu pikirkan kembali sebelum memutuskan untuk menggunakan treatment ini.

3. Bibir Menjadi Lebih Sensitif terhadap Sinar Matahari

Ya sebagian orang memiliki kulit yang sensitif, termasuk kulit bibir. Apa kulit kamu termasuk kategori sensitif ?

Jika ya, maka efek samping yang satu ini perlu kamu waspadai.

Penggunaan langsung dari jeruk nipis terhadap bibir dapat membuat kulit bibir menjadi sangat sensitif terhadap cahaya matahari. Terlebih, jika kamu memiliki kulit yang putih.

Efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis ini juga bisa merupakan efek lanjutan dari yang pertama. Karena semakin banyak kulit yang terkelupas maka kulit akan semakin sensitif jika terkena sinar matahari.

4. Bisa Membuat Bibir Iritasi

Jeruk nipis memang populer untuk membuat kulit lebih sehat dan tidak terkecuali kulit bibir. Selama penggunaannya masih dalam tahap wajar dan tidak bertolak dengan kondisi kesehatan kamu, maka cara ini bisa terbilang aman.

Tapi terkadang, karena ingin mendapatkan hasil yang maksimal dengan waktu yang singkat, akhirnya kamu menggunakannya secara berlebihan.

Perlu kamu ketahui, pemakaian jeruk nipis yang berlebihan berpotensi membuat kulit bibir kamu menjadi iritasi, bahkan bisa sampai terjadi ruam pada kulit kulit bibir.

5. Berpotensi Mempengaruhi Kondisi Gigi

Sadar atau tidak, bibir sangat berdekatan dengan gigi. Dan saat kamu menggosokan jeruk nipis pada bibir, bukan tidak mungkin airnya mengenai gigi.

Dengan tidak sadar kamu akan membiarkan kondisi berlarut. Bahkan ketika kamu membersihkan bibir setelah pemakaian jeruk nipis, belum tentu kamu juga berkumur dan membersihkan gigi dan mulut.

Pentingnya untuk kamu ketahui, bahwa jeruk nipis merupakan produk asam, mengkonsumsi tanpa membersihkannya di mulut atau gigi akan berpotensi melunakkan email gigi dan karies.

Dan jika hal ini terus berlanjut seiring dengan pemakaian jeruk nipis, maka ada kemungkinan metoda ini bisa merusak gigi.

6. Dapat Memperburuk Kondisi Bibir yang Sariawan atau Luka

Ya bisa kamu bayangkan, jika bibir sedang dalam kondisi sariawan atau sedang luka, maka pemakaian jeruk nipis malah akan semakin menyiksa kamu.

Bibir akan secara instan menimbulkan aras perih. Dan ini akan semakin menambah buruk kondisi bibir kamu.

bibir iritasi
Sumber: pixabay.com

Oleh karena itu, jika kamu berencana menerapkan treatment ini. Sebaiknya tunggu kondisi bibir kamu sampai sembuh dulu ya.

Cara Mengatasi Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

Laku bagaimana jika semuanya sudah terlanjur, dan resiko tersebut kamu alami ?

Jelas, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera berhenti melakukan treatment ini. Karena jika kamu lanjutkan, khawatirnya malah makin memperparah kondisi pada bibir.

Selanjutnya jangan menunda untuk segera periksakan kondisi kamu ke dokter.

Hal ini merupakan cara paling aman dan efektif untuk mengatasi efek samping dari penggunaan jeruk nipis, baik iritasi, luka ataupun ruam.

Dengan diagnosa yang tepat, maka kamu akan mendapat rekomendasi obat yang tepat juga. Dan hal ini penting untuk mempercepat pemulihan.

Jika kamu mengalami hal ini, maka jangan gunakan lagi treatment yang serupa untuk membuat bibir tampak lebih merah.

Utamakanlah untuk menjalani gaya hidup sehat.

Mencukupkan asupan nutrisi, banyak minum air putih dan berhenti dulu merokok atau mengkonsumsi kafein dan alkohol buat kamu yang biasa mengkonsumsinya.

Tentunya hal ini akan sangat membantu untuk jangka panjang.

Bukan hanya dapat merawat kesehatan bibir, tapi akan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Cara Menghindari Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa untuk memerahkan bibir dengan jeruk nipis memiliki potensi efek samping yang kurang baik.

Tapi efek samping ini timbul bukan hanya karena kandungan dari jeruk nipis saja, bisa juga terjadi karena penggunaan atau penerapannya yang tidak sesuai.

Oleh sebab itu, coba perhatikan kembali cara penggunaannya supaya kamu terhindar dari resiko yang mungkin bisa lebih parah dari yang sudah kita bahas.

1. Hindari Penggunaan yang Berlebihan

Jeruk nipis dengan segala manfaatnya memang baik untuk kulit. Tapi penggunaan atau pemakaian yang berlebihan malah akan menjadi boomerang.

Jika kamu terlalu sering menggunakannya untuk kulit termasuk kulit bibir, maka alih – alih ingin mempercantik bibir dan membuatnya merah. Hal ini justru memiliki potensi untuk menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit.

Singkatnya, jika ingin menghindari efek sampingnya, maka gunakanlah sewajarnya.

Lebih bagus lagi sesuai dengan petunjuk dan tuntutan dari dokter atau ahli kecantikan.

2. Hindari Menggosok dengan Keras

Kulit bibir merupakan salah satu kulit yang tipis dan sensitif. Terlalu menggosok dengan keras akan membuat kulit terkelupas bahkan berpotensi menyebabkan luka.

Oleh karena itu, saat menggunakannya usap – usap secara perlahan saja. Dan jangan terlalu lama.

Hal ini dapat mengurangi resiko efek samping dari penggunaan jeruk nipis.                         

3. Gunakan Campuran Madu

Jika selama ini kamu menggunakannya secara langsung dengan menggosokkan irisan jeruk nipis pada bibir, maka cobalah untuk menambahkan madu.

Peras 1 – 1 ½ sendok teh jeruk nipis yang masih segar, tambahkan 1 sendok teh madu dan gliserin. Oleskan pada bibir sebelum tidur, biarkan semalaman lalu bilas dengan air bersih.

Adanya campuran madu paling tidak akan mengurangi efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis, terutama untuk menghindari iritasi kulit.

4. Gunakan Metoda Lain untuk Memerahkan Bibir

Cara paling efektif untuk menghindari efek samping dari penggunaan jeruk nipis yaitu dengan menggantinya. Jangan kamu paksakan jika memang tidak cocok.

Jeruk nipis bukan satu – satunya bahan alami yang dapat memerahkan bibir. Ada banyak treatment alami rumahan lain yang mungkin penggunaannya lebih aman dan memiliki efek samping yang tidak serius.

Berikut beberapa metoda yang bisa kamu pakai untuk membuat bibir lebih merah, tentunya selain dengan menggunakan jeruk nipis.

1. Buah Delima dan Krim Susu

Berdasarkan sumber, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa ekstrak dari buah delima ini dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Dan kabar baiknya ini berlaku untuk semua permukaan kulit, termasuk bibir.

Oleh karena, kamu bisa menjadikan buah delima sebagai alternatif lain untuk memerahkan bibir.

Caranya mudah. Kamu cukup campurkan 1 sendok makan biji buah delima (atau ekstrak buah delima), 1 sendok makan krim susu dan 1 sendok teh air mawar. Kemudian kamu aduk hingga merata.

Setelah itu, oleskan pada bibir dan pijat dengan lembut kurang lebih selama 3 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

Cara ini dinilai lebih aman daripada jeruk nipis.Sehingga, kamu bisa menerapkan treatment ini setiap hari.

2. Scrub Madu, Gula Pasir dan Minyak Almond

Penggunaan minyak almond dan madu akan menjaga dan meningkatkan kelembaban bibir. Sedangkan gula pasir akan berperan untuk mengangkat kulit yang mati.

Campuran ini dapat kita katakan treatment yang sangat spesial, karena jika kamu melakukannya dengan rutin maka akan membuat bibir merah muda secara permanen.

Cara pembuatannya sangat mudah. Silahkan campurkan 1 sendok teh minyak almond, 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh gula. Aduk sampai merata.

Setelah itu aplikasikan pada bibir dengan cara mengocoknya perlahan dan lembut.

Ingat ya, pelan – pelan saja karena mengingat kulit bibir termasuk permukaan kulit yang sensitif.

3. Scrub Lemon dan Gula Pasir

Selain dengan madu dan minyak almond, kamu juga bisa mengkombinasikan gula pasir ini dengan irisan lemon.

Cara ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis.

Silahkan siapkan irisan lemon, kemudian celupkan ke gula pasir. Gosokkan pada bibir secara perlahan.

Kamu terapkan cara ini sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Besoknya tinggal bilas dengan air hangat.

Pastikan di sekeliling tempat tidur kamu tidak ada semut ya. Karena penggunaan gula yang manis akan mengundang semut untuk berkumpul. Hehe…

4. Lidah Buaya

Tanaman berdaun tebal ini juga populer mengatasi berbagai macam gangguan kulit. Berdasarkan sumber menyatakan bahwa kandungan gel lidah buaya memiliki senyawa yang dapat menghambat produksi melanin.

Kamu dapat memakainya dengan cara mengoleskan tipis gel lidah buaya pada bibir. Kemudian menunggunya hingga kering, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Penting untuk kamu ketahui, untuk sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan lidah buaya pada kulit justru malah menimbulkan gatal – gatal, iritasi bahkan sampe keracunan jika sampai termakan.

Oleh sebab itu, sebelum kamu menggunakannya untuk bibir, alangkah baiknya kamu coba dulu di area kulit yang lain.

Jika memang tidak ada ada reaksi alergi, maka gel lidah buaya ini aman untuk kamu gunakan.

5. Kunyit Bubuk dan Susu

Treatment lain yang bisa kamu gunakan untuk memerahkan bibir adalah dengan membuat pasta campuran kunyit bubuk dan susu.

Dalam penggunaanya, kunyit dapat berperan sebagai inhibitor melanin.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan kunyit bubuk secukupnya dan 1 sendok makan susu. Aduk hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada seluruh permukaan bibir. Biarkan kurang lebih 5 menit,lalu bilas dengan air dingin.

Pada implementasinya beberapa treatment diatas juga tetap berpotensi memiliki efek samping untuk bibir. Baik itu efek yang baik ataupun buruk.

Jadi, akan lebih baik jika kamu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ahli perawatan kulit.

Tips untuk Membuat Bibir Merah Secara Alami Tanpa Obat

Mungkin kamu repot atau tidak punya waktu untuk merawat bibir dengan berbagai treatment yang sudah kita bahas. 

Atau mungkin juga takut adanya efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis.

Oleh karena itu, tips dibawah ini bisa kamu coba untuk tetap menjaga bibir supaya tidak kering dan membuatnya merah secara alami.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat menjaga cairan dalam tubuh. Hal ini bisa menghidrasi bibir sehingga tidak kering.

Dan juga dapat menjaga bibir tetap lembab. Bibir yang terjaga kelembabannya akan menimbulkan warna yang lebih merah daripada bibir kering.

Selain itu, untuk menjaga supaya bibir tidak kering. Ada baiknya kamu menghindari kebiasaan menggigit atau menjilat bibir.

2. Konsumsi Makanan yang Dapat Memerahkan Bibir

Mengkonsumsi makanan, terutama buah – buahan yang banyak mengandung air, vitamin C dan antioksidan dapat membantu memerahkan bibir dan menjaga kesehatannya.

Beberapa makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat bibir merah alami misalnya:

  • Tomat
  • Buah Beri seperti raspberry, strawberry, blueberry atau jenis buah beri lainya
  • Semangka
  • Air kelapa
  • Yoghurt
  • Madu
  • Jus lemon
  • Walnut

3. Berhenti Merokok

Sudah bukan rahasia lagi, nikotin yang terdapat pada rokok dapat menghambat aliran darah pada kulit, tak terkecuali kulit bibir.

Hal Ini dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan mengurangi warna pada bibir.

Selain itu, saat kamu merokok bibir secara langsung bersentuhan dengan tembakau dan ini bisa menyisakan noda.

Buat kamu yang suka merokok, berhenti atau mengurangi rokok adalah cara alami untuk membuat bibir terlihat lebih merah.

Dan tak hanya untuk bibir, berhenti merokok juga akan baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis juga bisa kamu hindari.

4. Lindungi Bibir dari Panas Matahari

Panas matahari yang yang menyengat kulit bibir secara langsung dapat membuat kulit bibir terbakar dan pada akhirnya akan membuat bibir menjadi lebih hitam.

Oleh karena itu, melindungi bibir dari panas matahari dapat menjadi cara alami yang bisa kamu terapkan untuk melindungi kelembaban bibir.

Kesimpulan

Penggunaan jeruk nipis untuk membuat bibir menjadi merah dapat kita katakan efektif. Karena sifat asam yang ada pada jeruk nipis tersebut dapat melepaskan kulit yang hitam, dan menggantinya dengan kulit baru.

Namun dalam implementasinya kamu harus berhati – hati, karena cara ini berpotensi menimbulkan efek samping, baik ringan maupun dampak yang lebih serius lagi.

Adanya penggunaan yang berlebihan justru dapat membuat kulit bibir menjadi iritasi atau bahkan luka.

Jangan menunda untuk segera menghubungi dokter jika timbul efek samping memerahkan bibir dengan jeruk nipis. Terlebih jika timbul efek samping yang lebih serius.