Obat Alami · 07/03/2021 0

Cara Tepat Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Jujur, siapa yang merasa risih ketika di wajahnya muncul jerawat? Baik pria maupun wanita, pasti akan langsung memikirkan berbagai cara untuk mengatasinya.  

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Dan mungkin salah satunya yang terpikir adalah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Biasanya, orang akan menyadari dan merasa risih setelah jerawat muncul di permukaan kulit, terutama pada wajah. 

Dan tanpa kamu sadari apa saja yang menjadi penyebabnya.

Inilah beberapa penyebab jerawat di wajah bisa tumbuh yang harus kamu waspadai.

  • Handphone atau smartphone yang jarang kamu bersihkan akan menempelkan bakteri dan kuman ketika kamu pakai untuk telpon
  • Skin care yang tidak cocok dengan kulit, atau peralatan make-up yang tidak bersih
  • Kebiasaan memegang atau mengelus pipi
  • Adanya perubahan hormon dalam tubuh saat puber, masa menstruasi atau kehamilan
  • Sprei atau sarung bantal yang kurang bersih
  • Tidak membiasakan mencuci muka setelah melakukan aktifitas di luar rumah
penggunaan handphone bisa menyebabkan jerawat
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Tapi selain faktor diatas, faktor genetik ternyata juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Seseorang yang memiliki garis keturunan dari orang yang berjerawat, berpotensi memiliki jerawat lebih tinggi.

Cari tau juga :

Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Lalu, bagaimana solusinya jika jerawat sudah terlanjur menghiasi wajah kamu ?

Bicara soal solusi masalah jerawat, kamu bisa gunakan cara yang alami seperti pasta gigi. Namun, apakah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini benar-benar efektif?

Banyak orang mengatakan bahwa menggunakan pasta gigi semalaman akan membuat jerawat yang meradang langsung kering. 

Disisi lain, pasta gigi mengandung zat alami yang kurang aman bagi kulit yang berjerawat.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan pasta gigi sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Ada baiknya kamu simak dulu penjelasan berikut ini. 

Sebelum Digunakan, Cermati Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Ini

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat. Biar tidak salah langkah, cermati dulu hal-hal berikut ini.

Gunakan Pasta Gigi Khusus Berwarna Putih, Tanpa Kandungan Pemutih

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah memiliki odol tersendiri untuk membersihkan jerawat. Jangan sampai gunakan pasta gigi yang sudah sering disentuh oleh jemari karena berpotensi meninggalkan bakteri patogen.

Ingat, tidak semua jenis pasta gigi baik untuk mengatasi jerawat. Ada berbagai jenis pasta gigi yang beredar di pasaran, seperti pasta gigi berwarna putih polos, kombinasi dengan warna lain, hingga pasta gigi berwarna hitam karena mengandung charcoal.

Nah, ada satu alasan mengapa kamu tidak dianjurkan menggunakan pasta gigi berwarna, karena beresiko menyebabkan iritasi. Lalu, pasta gigi seperti apa yang sebaiknya digunakan?

Ya, lebih baik gunakan pasta gigi berwarna putih polos karena kandungan zat aktif seperti baking soda, peroksida, dan triclosan sangat diperlukan untuk membuat jerawat kering. 

Lalu, bagaimana jika ternyata pasta gigi tersebut mengandung zat pemutih atau whitening?

Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan adalah komposisi dari pasta gigi itu sendiri. Sebisa mungkin, hindari pasta gigi dengan kandungan whitening atau zat pemutih gigi.

Dampak dari zat pemutih gigi bagi jerawat bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan sensasi panas. Selain itu, bagi kamu yang memiliki tampilan wajah cerah, efek whitening dalam pasta gigi akan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Hindari Pasta Gigi Gel dan Cermati Kadar Fluoride Pasta Gigi

Selain diharuskan menggunakan pasta gigi berwarna putih tanpa whitening, perhatikan pula jenis pasta giginya. Untuk mengatasi jerawat, sebisa mungkin hindari pasta gigi berbentuk gel.

Ditambah lagi, memang tidak ada pasta gigi berbentuk gel yang berwarna putih. Begitu juga dengan formulasi pasta gigi gel yang berbeda dengan pasta gigi biasa dan dikhawatirkan akan berpengaruh buruk terhadap jerawat.

Kebanyakan pasta gigi mengandung fluoride yang berfungsi untuk menjaga kekuatan gusi, membersihkan plak, serta mencegah karang gigi. Sementara, pasta gigi yang baik untuk mengatasi jerawat adalah yang mengandung komposisi fluoride rendah.

Perlu kamu ketahui, kandungan fluoride yang terlalu tinggi beresiko menimbulkan reaksi alergi pada kulit, seperti munculnya ruam merah. 

Nah, untuk menghindari hal-hal buruk terjadi, temukan pasta gigi berkadar fluoride rendah terlebih dulu.

Pasta Gigi Organik, Jadi Pilihan Obat Jerawat yang Aman

Jika kamu terlalu takut menggunakan pasta gigi kimiawi olahan pabrik karena resiko yang mungkin terjadi, maka direkomendasikan untuk menggunakan pasta gigi organik. Diketahui, pasta gigi organik memiliki bahan-bahan yang lebih aman daripada bahan kimia.

mengatasi jerawat dengan pasta gigi alami
Ilustrasi foto dari pexels.com

Secara umum, kandungan pasta gigi organik terdiri dari baking soda dan minyak batang teh yang ampuh untuk melawan dan mengeringkan jerawat. Bahan-bahan itulah yang membuat pasta gigi bahan organik lebih nyaman dan aman digunakan.

Teknik Aplikasi Pasta Gigi sebagai Obat Jerawat Alami yang Benar

Nah, setelah memastikan produk pasta gigi yang dipilih tepat, selanjutnya aplikasikan cara penggunaannya yang benar berikut ini. Teknik aplikasi yang benar diharapkan mampu memberikan hasil yang maksimal pula.

Berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa kamu ikuti untuk dapat mengatasi jerawat menggunakan pasta gigi.

1. Bersihkan Wajah Sebelum Diolesi dengan Pasta Gigi

Sebelum menerapkan pasta gigi sebagai obat jerawat, bersihkan wajahmu terlebih dulu supaya minyak dan kotoran menempel bisa hilang. Jika perlu, gunakan pembersih wajah dan basuh dengan air hangat.

mencuci muka
Ilustrasi foto dari pexels.com

Ingat, jangan sekali-kali gunakan pasta gigi langsung sebelum kamu membersihkan wajah terlebih dahulu. ini PENTING !

Karena khawatirnya hal tersebut hanya akan memperparah keadaan, bukannya sembuh justru jerawat akan merata ke seluruh bagian wajah.

2. Oleskan Pasta Gigi Tepat di Jerawat

Tips selanjutnya, oleskan pasta gigi tepat pada bagian wajah yang berjerawat. Balurkan tipis-tipis saja dan jangan sampai mengenai bagian kulit yang sehat.

Ingat, kulit sehat yang terkena pasta gigi beresiko menjadi merah, kering, bahkan teriritasi. Terlebih lagi, menggunakan pasta gigi tepat pada bagian yang sakit akan jauh lebih efisien.

Akan lebih baik jika kamu menggunakannya depan kaca cermin, supaya lebih tepat sasaran.

3. Aplikasikan pada Malam Hari Sebelum Tidur Hingga Pagi

Kapan sih waktu terbaik untuk mengenakan pasta gigi pada jerawat? 

Terkadang, banyak orang merasa dirinya tidak sempat melakukan perawatan mandiri dengan pasta gigi karena terkesan merepotkan.

Jika pagi hari, pasti mengganggu waktu untuk siap-siap beraktivitas. Sementara, jika malam hari, mata terasa sangat mengantuk dan terburu-buru untuk tidur.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi  di malam hari sebelum tidur ya! Saat tubuh sedang beristirahat inilah, pasta gigi akan bekerja lebih optimal untuk mengeringkan jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini kurang tepat diterapkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. 

Jika kamu termasuk yang memiliki masalah tersebut, sebaiknya bilas pasta gigi dari wajah setelah 15 menit dengan air bersih.

Apabila kulit kamu terasa perih dan disertai kemerahan, sebaiknya hentikan pengobatan ini. Dikhawatirkan, kulit akan bertambah semakin parah.

4. Bersihkan Wajah dengan Kain Lembut dan Pakai Pelembab Setelah Kering

Kembali pada kulit normal, cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi bisa diterapkan pada malam hari sampai pagi hari.

Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat dan kain lembut sambil diusap dengan gerakan memutar agar wajah benar-benar bersih.

membersihkan wajah
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Pasti ada diantara kalian yang mengeluhkan kulit wajah menjadi kering setelah menggunakan pasta gigi untuk atasi jerawat. 

Nah, solusinya yaitu kombinasikan skincare terbaik untuk melawan kulit kering.

Pilih pelembab yang cocok buat kamu dan aplikasikan setiap pagi untuk mengembalikan kondisi kulitmu. Oleskan pelembab tersebut secara merata biar wajah terasa segar kembali.

Mengingat kandungan pasta gigi beresiko menyebabkan iritasi, maka terapkanlah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini secara berkala.

Untuk hasil yang terbaik, lakukan metode ini setiap dua sampai tiga hari sekali. Jika jerawat sudah terlihat mengering, maka hentikanlah pemakaiannya.

Pasta Gigi sebagai Obat Jerawat Alami, Direkomendasikan atau Tidak?

Dari ulasan diatas, mungkin terbesit keinginanmu untuk mencoba menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi di wajah. Namun, kembali lagi resiko yang ditimbulkan oleh pasta gigi tersebut.

Secara umum, pasta gigi digunakan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang tertinggal, memutihkan gigi, hingga menyehatkan gigi biar lebih kuat. Bagaimana mungkin pasta gigi mampu mengatasi masalah kulit yang begitu krusial seperti jerawat?

Rumor mengatakan bahwa pasta gigi mampu mengeringkan jerawat dalam satu malam, memang benar. Tapi ingat kembali bahwa perawatan rumahan semacam itu tidak sebanding dengan resiko yang ditimbulkan.

Padahal, ada perawatan lain selain cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang jauh lebih aman. 

Langkah terbaiknya adalah dengan berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Atau bisa juga menggunakan resep yang direkomendasi oleh dokter.

Bisa jadi alasan orang-orang menggunakan pasta gigi untuk obat jerawat karena fakta berikut ini.

Alasan Pasta Gigi Digunakan untuk Atasi Jerawat

Tidak tahu dari mana asal tren pasta gigi dapat digunakan untuk obat jerawat. Cara yang menyesatkan ini justru bisa beresiko lebih fatal, daripada manfaat yang diperoleh.

Lebih jelasnya, berikut beberapa fakta tentang pasta gigi. Bagi kamu yang sempat terlintas untuk perawatan jerawat dengan pasta gigi, cermati lagi faktanya di bawah ini.

  • Pasta gigi mengandung triclosan, zat kimia yang bekerja untuk membunuh bakteri penyebab dan memperburuk jerawat.
  • Beberapa komposisi pasta gigi seperti alkohol, soda kue, dan hidrogen peroksida diketahui mampu mengeringkan dan mengecilkan jerawat.
  • Pasta gigi dapat menimbulkan rasa geli, sehingga mengurangi rasa sakit dan bengkak pada jerawat untuk sementara.

Itulah beberapa fakta yang tidak dipungkiri mampu atasi jerawat. Namun, fakta tersebut tidak sepenuhnya bisa dipercaya untuk pengobatan jerawat rumahan.

Alasan Pasta Gigi Tidak Boleh Digunakan untuk Atasi Jerawat

Ada beberapa alasan yang tidak memperbolehkan pasta gigi digunakan sebagai obat jerawat. Selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Informasi yang Sudah Usang

Perlu kamu ketahui, bahwa banyak perusahaan pasta gigi saat ini yang tidak lagi menggunakan triclosan sebagai salah satu formulanya. Bahkan, adanya triclosan dalam pasta gigi sekalipun justru hanya akan mempengaruhi hormon tiroid secara negatif.

Dengan kata lain, ada atau tidak triclosan dalam pasta gigi tidak berpengaruh baik terhadap jerawat. Resikonya hanya akan memperburuk keadaan.

Pasta Gigi Menyebabkan Iritasi pada Kulit

Alasan lain mengapa cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini tidak dibenarkan karena menyebabkan iritasi kulit. Sudah jelas bahwa pasta gigi diformulasikan untuk gigi, bukan untuk permukaan wajah yang sensitif.

Jadi, walaupun zat kimia pada pasta gigi terbilang aman, namun tidak cukup baik untuk kulit kamu. Ingat, pH pasta gigi ini berada pada tingkat dasar yang berarti bisa mengiritasi kulit yang sehat.

Belum lagi kandungan soda kue yang terlalu banyak, bisa beresiko memperburuk pH. Selain itu, menyebabkan kulit ruam dan terasa terbakar.

Bahan Pasta Gigi Lain yang Terlalu keras, Sodium lauryl sulfate

Perlu kamu tahu, pasta gigi memiliki kandungan lain yang berbahaya bagi kulit yaitu sodium lauryl sulfate. Efeknya bisa mengiritasi kulit, tergantung kepekaan kulit kamu.

Overdrying bisa Menimbulkan Bumerang

Mungkin, tujuan penggunaan pasta gigi untuk mengeringkan jerawat. Namun, terlalu kering justru bisa menimbulkan lebih banyak jerawat.

Solusi Mengatasi Jerawat, Selain Pasta Gigi

Jika pasta gigi ternyata tidak direkomendasikan untuk masalah jerawat, lalu bagaimana solusinya? Berikut ini alternatif solusi yang mungkin sudah kamu miliki.

Produk Khusus Jerawat

Lebih baik, gunakan produk khusus jerawat yang banyak dijual oleh produsen kosmetik terpercaya. Biasanya, kandungannya diramu khusus untuk atasi masalah jerawat.

Sabun Pencuci Muka

Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk sabun pencuci muka untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran.

Perawatan Rumahan Lain yang Lebih Efektif

Selain itu, terapkan perawatan kulit rumahan lain dengan bahan yang benar-benar aman. Ada beberapa obat rumahan yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat selain menggunakan pasta gigi.

  • Menggunakan masker madu dan kulit kayu manis

Berdasarkan sumber, ekstrak dari kombinasi kedua bahan alami ini mengandung antibakteri yang dapat memberikan efek terhadap jerawat

  • Mengkonsumsi teh hijau atau mengoleskannya pada kulit

Teh hijau sebagai sumber antioksidan yang cukup tinggi, serta mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi jerawat

  • Melembabkan kulit dengan lidah buaya 

Bahan alami satu ini dapat membantu melawan peradangan pada kulit. Lebih jauh dari itu, lidah buaya juga mampu mengobati ruam dan luka bakar pada kulit. 

Mungkin ini salah satu alternatif yang bisa kamu pilih untuk mengobati jerawat. Tentunya selain mencoba cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang memiliki resiko lebih tinggi terhadap kulit.

  • Menggunakan cuka sari apel

Cara menghilangkan jerawat bisa juga dengan mengoleskan cuka sari apel. Obat alami ini sangat populer karena mampu melawan berbagai macam jenis bakteri dan jamur.

  • Mengkonsumsi suplemen dari minyak ikan

Buat kamu yang tidak punya waktu untuk menggunakan atau membuat masker yang bisa mengatasi jerawat. Kamu bisa konsumsi minyak ikan yang mengandung banyak asam lemak omega 3. 

Dan berdasarkan sumber, kandungan pada minyak ikan akan mampu mengurangi resiko jerawat.

  • Mengkonsumsi suplemen zinc 

Kenapa ini bisa berpengaruh buat kamu yang sedang berjerawat ? Karena menurut penelitian, orang yang berjerawat cenderung tidak memiliki kadar nutrisi zinc atau seng yang cukup dalam darah. 

Mengkonsumsi suplemen ini juga penting untuk metabolisme tubuh, produksi hormon dan peningkatan imun tubuh.

  • Perbanyak olahraga secara teratur

Olahraga yang teratur dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Dan dengan meningkatkannya aliran darah, dapat memberikan nutrisi pada sel – sel kulit. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan menyembuhkannya.

Cari tau juga :

Waktu Olahraga yang Baik Menurut Penelitian

  • Mengurangi tingkat stres dan coba untuk hidup lebih rileks

Walaupun masih memerlukan banyak penelitian untuk memvalidasi hubungan antara stres dan jerawat. Tapi, anjuran untuk mengurangi stres juga dapat membawa manfaat lain untuk kesehatan.

Itulah uraian bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Tapi perlu kamu ingat, sebelum kamu memutuskan hal tersebut, alangkah baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait dengan masalah kulit.

Selain itu, penggunaan obat yang sembarang bisa jadi malah memperburuk keadaan dan membuat kulit tambah rusak. Ga mau juga kan kulitnya jadi jelek !?

Semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kita tentang baik buruknya penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat bareng !