Obat Alami · 13/06/2021 0

2 Cara Mengobati Kaligata dengan Daun Sirih, Mudah dan Ampuh !

Cara mengobati kaligata dengan daun sirih memang sudah populer sejak jaman baheula. Daun sirih sebagai ramuan tradisional memang banyak membawa manfaat untuk kesehatan, terutama untuk pengobatan.

Tak terkecuali untuk mengobati kaligata.

cara mengobati kaligata dengan daun sirih
Sumber: pixabay.com

Kaligata umumnya terjadi karena reaksi alergi, tapi selain itu dapat juga dipicu karena hal lain seperti:

  • Stres
  • Kedinginan
  • Panas sinar matahari
  • Digigit serangga
  • Infeksi
  • Atau karena konsumsi obat – obatan

Tentunya, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab munculnya kaligata, sebelum kamu memutuskan untuk mengobatinya dengan daun sirih.

Oleh karena itu, berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi pilihan yang utama.

Tapi jika kaligata yang kamu rasakan tidak begitu parah dan masih memungkinkan untuk menggunakan obat rumahan, maka kamu bisa coba 2 metoda untuk mengatasi kaligata menggunakan daun sirih.

Cara Mengobati Kaligata dengan Rebusan Air Daun Sirih

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih yang kemudian kamu gunakan pada campuran air untuk mandi.

Metoda ini memang sedikit agak ribet, tapi ini akan lebih efektif, karena air rebusan daun sirih yang kamu gunakan untuk mandi akan mengenai hampir ke seluruh permukaan kulit.

Selain itu, penggunaannya yang disertai dengan sabun mandi juga akan menambah kuat efek penyembuhannya.

Berikut detail caranya.

  1. Siapkan beberapa lembar daun sirih dan cuci bersih
  2. Rebus daun sirih dengan 1 atau 2 liter air sampai mendidih dan air menjadi berubah warna
  3. Tunggu hingga air rebusan tersebut hangat
  4. Campurkan air rebusannya dengan air dalam bak mandi
  5. Gunakan ari campuran tersebut untuk mandi

Pada penerapannya mungkin tidak hanya cukup sekali pakai. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa menggunakannya di waktu mandi pagi dan sore hari.

Cara Mengobati Kaligata dengan Daun Sirih Bubuk

Cara kedua ini mungkin bisa dibilang lebih simpel dari cara pertama. Karena kamu tidak harus mandi dengan rebusan air daun sirih.

daun sirih
Sumber: pixabay.com

Yang kamu perlukan hanya membuat pasta dari daun sirih kemudian menempelkannya pada area kulit yang terkena kaligata. Lebih efisien juga kan ?

Berikut detail caranya.

  1. Siapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah kamu cuci bersih
  2. Tumbuk daun sirih hingga halus, kurang lebih menyerupai pasta
  3. Kemudian oleskan pasta daun sirih tersebut pada area kulit yang terkena kaligata
  4. Biarkan beberapa lama, kemudian cuci bersih
  5. Ulangi langkah ini jika gatal belum juga reda

Kandungan Daun Sirih untuk Mengobati Kaligata

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dari daun sirih. Tentunya selain dapat mengatasi kaligata, daun sirih juga populer untuk meringankan sembelit, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi masalah pernapasan dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Tapi, tahukah kamu kenapa daun sirih bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan rumahan untuk atasi kaligata ?

Berdasarkan sumber, manfaat tersebut karena adanya sifat analgesik, antiseptik dan anti-jamur yang ada pada daun sirih.

Sifat analgesik yang terdapat dalam daun sirih sangat baik untuk mengurangi rasa sakit secara instan. Baik itu rasa sakit karena luka,memar atau ruam.

Sedangkan sifat antiseptik dan anti-jamur pada daun sirih dapat memberikan perlindungan ganda dari serangan kuman. Selain itu anti-jamurnya dapat mengurangi infeksi jamur.

Dengan begitu, tidak heran jika banyak orang merekomendasikan cara mengobati kaligata dengan daun sirih.

Treatment Alami Mengobati Kaligata Selain dengan Daun Sirih

Cara mengobati kaligata dengan daun sirih bukan satu – satunya cara rumahan yang bisa kamu coba.

Jika kamu tidak cocok atau mungkin terkendala mendapatkan daun sirih yang segar, kamu bisa mencoba beberapa cara lain untuk mengatasi kaligata.

Berikut ini cara alami lain yang bisa kamu coba di rumah untuk mengobati kaligata.

1. Mandi dengan Campuran Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan gatal dan ruam pada kulit.

Tapi perlu kamu ingat, sebelum menggunakannya pastikan kamu tidak alergi terhadap unsur – unsur yang terkandung dalam oatmeal.

Caranya, kamu bisa menambahkan 1 ½ gelas oatmeal koloid ke dalam air hangat untuk mandi. Ingat ya, hangat, jangan panas. 

Silahkan berendam kurang lebih 15 menit, dan usahakan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal.

2. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat memberikan efek penyejuk. Tanaman berdaun tebal ini dinilai efektif untuk mengatasi gatal – gatal.

Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang teriritasi, dan diamkan sampai sensasi dinginnya hilang. Kemudian bersihkan.

Tapi perlu kamu ingat, menggunakan lidah buaya bagi sebagian orang bisa saja berdampak pada iritasi atau alergi. Jadi pastikan terlebih dahulu kamu tidak alergi terhadap gel lidah buaya ya.

3. Garam

Larutan air garam yang kamu jadi es batu juga bisa untuk mengatasi kaligata. Berdasarkan sumber, kamu bisa melarutkan 1 sendok air garam dalam air, kemudian bekukan di lemari es. Setelah beku, jadikan sebagai bahan untuk kompres kulit yang terkena alergi.

Cari tau juga :

Cara Mengobati Kaligata dengan Garam

4. Kompres Dingin

Salah satu faktor munculnya kaligata bisa karena panas matahari. Oleh karena itu kompres air dingin bisa saja menjadi solusi alami untuk mengatasi gatal atau iritasi yang terjadi pada kulit.

Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan es batu dan bungkus dengan handuk halus, lalu tempelkan handuk yang sudah dingin tersebut pada kulit yang terkena alergi kurang lebih selama 10 menit.

5. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga efektif untuk mengatasi kaligata. Bawang putih memang banyak digunakan pada ramuan – ramuan obat tradisional.

Cari tau juga :

Bawang Putih untuk Obat Biduran

Kamu bisa menghaluskan satu atau 2 siung bawang putih sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada permukaan kulit yang gatal atau terkena alergi.

Tips Mencegah Kaligata

Beberapa tips sederhana untuk menghindari kaligata ini mungkin akan lebih penting dari sekian banyaknya obat alami yang sudah kita bahas panjang lebar.

Tindakan pencegahan tentu lebih utama dibanding dengan pengobatan apapun.

Penting untuk kamu supaya terhindar dari kaligata di kemudian hari.

Berikut tips untuk mencegah kaligata.

  • Pilihan jenis sabun dan cara menggunakannya. Pilihlah jenis sabun yang cocok untuk kulit kamu, selain itu jangan terlalu menggosok – gosok terlalu keras karena bisa mengakibatkan iritasi dan gatal – gatal.
  • Hindari makanan yang dapat memicu alergi. Setiap orang tentu akan berbeda, dan kamu harus bisa mengenali makan apa saja yang sekiranya bisa memicu alergi. Umumnya, sebagian orang ada yang alergi karena mengkonsumsi makanan seperti ikan, udang, susu, telur atau jenis kacang – kacangan.
  • Biasakan untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk kamu pakaian. Berpakaian terlalu ketat dan dengan bahan yang tidak menyerap keringat dapat berpotensi menyebabkan iritasi dan gatal – gatal pada kulit.
  • Hindari kontak langsung dengan tanaman atau pohon yang memiliki getah beracun, misalnya seperti pohon rengas.

Kesimpulan

Cara mengobati kaligata dengan daun sirih hanya salah satu dari sekian banyak metoda yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi kaligata.

Penting untuk kamu ingat, bahwa cara ini belum memiliki bukti ilmiah yang kuat untuk dapat mengatasi kaligata.

Oleh karena itu, jika kamu sudah melakukan pengobatan alami 1 atau 2 hari tapi kaligata tidak kunjung membaik, maka jangan ragu untuk segera pergi ke dokter.

Diagnosa yang tepat hanya dapat dilakukan oleh dokter, dan dengan begitu kamu akan dapat obat yang tepat untuk menyembuhkan kaligata.