Obat Alami · 19/06/2021 0

Cara Mengobati Kaki Rayapan dengan Bawang Putih dalam 5 Langkah

Kaki rayapan merupakan infeksi kulit yang sering terjadi di telapak kaki. Cara mengobati kaki rayapan dengan bawang putih bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi.

Beberapa bakteri yang menyebabkan kaki rayapan ini dapat berkembang biak dengan sangat baik pada area yang basah atau lembab.

cara mengobati kaki rayapan dengan bawang putih
Sumber: pixabay.com

Oleh karena itu, kondisi ini umum terjadi pada mereka yang suka menggunakan sepatu dalam waktu yang lama. Mungkin karena memang tuntutan aktivitasnya.

Misalnya sering terjadi kepada anak sekolah, pekerja, atau atlet.

Atau sering juga menimpa mereka yang aktivitas kesehariannya banyak berinteraksi dengan air, seperti petani, nelayan atau orang yang bekerja di penampungan ikan atau ayam potong.

Secara umum gejala yang timbul akibat dari infeksi ini adalah kulit kaki yang berlubang, berukuran kecil dan banyak. Dan juga disertai dengan bau kaki yang sangat mengganggu penciuman.

Bahkan beberapa diantaranya ada juga yang merasakan sakit saat berjalan atau timbul rasa gatal pada telapak kaki.

Hhhmmm, tentu sangat mengganggu ya.

Jelas, kondisi ini tidak bisa kamu biarkan.

Oleh sebab itu, yuk ikuti bagaimana caranya mengatasi kaki rayapan dengan menggunakan bawang putih.

5 Langkah Cara Mengobati Kaki Rayapan dengan Bawang Putih

Bawang putih memang sudah populer sejak lama sebagai bahan pengobatan rumahan. 

Berdasarkan sumber, ada beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa bawang putih bisa dengan efektif memusnahkan beberapa jenis jamur ataupun bakteri yang dapat menginfeksi kulit.

Oleh karena itu, penggunaanya untuk mengobati kaki rayapan yang umumnya disebabkan oleh bakteri juga bisa efektif.

Berikut langkah – langkah yang bisa kamu ikuti.

Langkah #1 Siapkan Beberapa Siung Bawang Putih dan Bahan Lainnya

Siapkan 4 – 5 siung bawang putih dan minyak zaitun (opsional). Pastikan bawang putih yang kamu pilih benar – benar bagus dan tidak ada bagian yang busuk atau terkena jamur.

Siapkan juga alat tumbuk, mangkuk kecil dan juga pisau.

Langkah #2 Kupas Kulit Bawang Putih

Setelah kamu memilih bawang putih yang bagus, kemudian kupas kulitnya dan buang bonggo akarnya. Lalu cuci bersih.

Setelah itu,potong atau iris setiap siung bawang putih menjadi potongan kecil – kecil. Hal Ini hanya bertujuan untuk mempermudah proses penghancuran pada langkah berikutnya.

Langkah #3 Hancurkan Bawang Putih Sampai Menjadi Pasta

Hancurkan bawang putih dengan cara ditumbuk. Pastikan sampai menjadi halus dengan merata dan berbentuk pasta. Karena ini akan memudahkan kita pada proses berikutnya.

Kalau kamu menyiapkan juga minyak zaitun, maka bisa kamu tambahkan beberapa tetes ke dalam pasta kemudian aduk hingga rata.

Langkah #4 Oleskan pada Kaki Rayapan

Oleskan pasta bawang putih pada permukaan kaki atau tangan yang terkena rayapan. Pastikan semua area yang terkena tertutupi dengan pasta.

Dan lebihkan sedikit ke area kulit lain untuk mencegah penyebaran.

Setelah semuanya merata,biarkan kurang lebih selama 30 menit.

Langkah #5 Bilas dengan Air Hangat dan Keringkan

Langkah terakhir, bilas pasta yang menutupi kaki dengan air hangat,pastikan bersih dan tidak ada yang tersisa.

Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkannya.Kamu bisa gunakan kain yang lembut dan menekannya, atau bisa juga sambil kamu kipas untuk mempercepat proses pengeringan.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan optimal, kamu bisa mengulangi langkah – langkah ini 1 sampai 2 kali sehari.

Alternatif Cara Mengobati Kaki Rayapan dengan Bawang Putih

Jika cara yang sudah kita bahas kurang praktis atau karena alasan lainnya. Tenang saja, ada 2 cara alternatif penggunaan bawang putih yang bisa kamu coba. Tentunya dengan tidak mengurangi manfaatnya.

bawang putih
Sumber: pixabay.com

Alternatif Ke-1 Menggunakan Air Rendaman Bawang Putih

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuat air rendaman bawang putih. 

  1. Siapkan air hangat dalam baskom secukupnya
  2. Hancurkan 3-5 siung bawang putih, bisa dengan cara digeprek atau ditumbuk
  3. Campurkan dalam air hangat
  4. Kemudian rendam kaki yang terkena rayapan kurang lebih selama 25 – 30 menit
  5. Setelah itu bilas dengan air bersih
  6. Jangan lupa untuk kamu keringkan, cara mengeringkannya bisa dengan menekan – nekan secara perlahan dengan kain halus dan jangan di gosok.

Alternatif Ke-2 Gosok dengan Irisan Bawang Putih

Ada alternatif lainnya yang mungkin bisa kita bilang lebih ekstrim tapi lebih praktis. Yaitu dengan menggosokan irisan bawang putih langsung pada telapak kaki yang terkena rayapan. Cara ini tidak begitu disarankan, karena menggosok langsung berpotensi menimbulkan rasa perih.

Dan dari ke 3 cara tersebut, bisa kamu lakukan 1 sampai 2 kali sehari. Ulangi di hari berikutnya hingga kaki rayapan membaik.

Apakah Cara Mengobati Kaki Rayapan dengan Bawang Putih Aman ?

Bawang putih merupakan tanaman alami. Manfaatnya sebagai obat rumahan sudah banyak yang menggunakan. Bukan hanya untuk mengatasi kaki rayapan, dalam beberapa sumber bawang putih dapat kamu gunakan untuk penyakit kulit lain seperti biduran.

Jadi selama kamu tidak menggunakannya secara berlebihan dan tidak bertolak belakang dengan kondisi medis, bawang putih kemungkinan aman untuk kamu gunakan.

Terlepas dari manfaat bawang putih, berkonsultasi dengan dokter adalah cara paling baik sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan obat alami apapun.

Selain mendapat diagnosa yang tepat, dengan berkonsultasi terlebih dahulu kamu akan lebih merasa aman.

Cara Menghindari Kaki Rayapan

Mencegah tentu akan lebih baik. Sebelum kaki kamu terlanjur terkena bakteri atau supaya tidak terjadi lagi hal sama, lebih baik kamu menghindarinya.

Oleh karena itu, kamu bisa menghindarinya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Usahakan untuk Menjaga Kaki Tetap Kering

Perlu kamu ingat, bahwa bakteri penyebab kaki rayapan ini sangat suka di area yang lembab atau basah. Jadi membuat kaki tetap kering adalah usaha yang efektif untuk mencegah kaki rayapan.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat kaki tetap kering. Misalnya:

  • Tidak memakai sepatu dalam waktu yang lama
  • Gunakan kaos kaki dengan bahan yang dapat menyerap keringat, seperti wol, kain katun atau nilon
  • Jangan lupa untuk keringkan telapak kaki setelah mandi atau setelah mencuci kaki
  • Jika harus menggunakan alas kaki, gunakanlah sandal dengan ujung yang terbuka. Seperti sandal jepit misalnya
  • Pakai sepatu yang nyaman dan tidak kesempitan

Beberapa tips tersebut dapat menjaga kaki kamu tetap kering.

2. Mengganti Sepatu atau Kaos Kaki Sesering Mungkin

Penggunaan sepatu atau kaos kaki yang sama secara berturut – turut dapat berpotensi menyebarkan bakteri pada kaki.

Karena, baik sepatu ataupun kaos kaki yang sudah kamu pakai mungkin saja sudah ada bakterinya. Dan jika terus kamu pakai tanpa kamu ganti, kaki kamu akan semakin beresiko digerogoti bakteri.

Oleh sebab itu, penting untuk segera mengganti sepatu atau kaos kaki yang sudah kamu pakai.

Terlebih jika aktivitas keseharian kamu mengharuskan menggunakan sepatu. Misalnya untuk anak sekolah atau pekerja.

Tentunya dengan sering mengganti sepatu kamu tidak perlu mengaplikasikan cara mengobati kaki rayapan dengan bawang putih, karena kamu akan terhindar dari bakteri yang menyebabkannya.

3. Cuci kaki dengan Bersih Menggunakan Sabun atau Antiseptik

Hal ini penting, terutama setelah kamu menggunakan sepatu seharian. Bakteri yang yang ada pada telapak kaki akibat penggunaan sepatu yang terlalu lama akan menempel jika tidak segera kamu bersihkan.

Menggunakan sabun atau cairan antiseptik untuk mencuci kaki dapat membunuh atau mengurangi bakteri yang ada di telapak kaki kamu.

4. Hindari Berbagi Pemakaian Alas Kaki

Biarlah dikata sombong, so sultan atau istilah apapun. Karena menghindari berbagai alas kaki dengan orang lain dapat mencegah penyebaran dan penularan bakteri yang ada pada alas kaki.

Mungkin hal ini sering terjadi pada anak sekolah, atau dengan keluarga kamu di rumah.

Obat Alami Lain untuk Mengatasi Kaki Rayapan Selain dengan Bawang Putih

Jika kamu merasa sangat terganggu dengan aroma bawang putih, atau karena ada alasan medis lain yang tidak memungkinkan untuk menggunakan bawang putih, kamu tidak perlu khawatir.

Karena selain bawang putih ada beberapa obat lami lain yang dinilai bisa meredakan kaki rayapan.

Berdasarkan sumber, berikut ini beberapa obat alami yang direkomendasi bisa untuk mengatasi kaki rayapan, selain bawang putih tentunya.

  1. Rendaman air garam. Kamu bisa membuat air rendaman dengan campuran garam dapur, dan rendam kaki yang rayapan. Caranya hampir sama dengan cara mengobati kaki rayapan dengan bawang putih.
  2. Minyak pohon teh. Cara lain adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Tapi bukan untuk rendaman ya, minyak ini bisa kamu campur dengan minyak kelapa untuk kemudian kamu oleskan. Penggunaan bisa 1 atau 2 kali sehari.
  3. Cuka sari apel. Ini adalah obat alami yang sudah umum, sifat antijamurnya mampu melawan bakteri dan dapat mengurangi gejala pada kaki rayapan. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan air dengan takaran yang sama dengan cuka sari apel. Kemudian oleskan pada telapak kaki atau tangan yang terkena.
  4. Kayu manis. Rempah dapur ini juga memiliki sifat antijamur yang dapat melawan bakteri penyebab kaki rayapan. Untuk menggunakannya, siapkan 5-7 batang kayu manis kemudian potong kecil – kecil. Rebus 3 gelas air dan masukkan potongan kayu manis. Rebus kurang lebih 40-60 menit. Setelah itu pindahkan ke askom dan tunggu hingga airnya hangat. Lalu rendam kaki yang rayapan kurang lebih 30 menit.

Penting untuk kamu perhatikan, jangan menggunakan obat alami tersebut secara berlebihan. Penggunaan yang berlebih tidak akan mempercepat proses penyembuhan, tapi berpotensi menyebabkan gangguan lain.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Kesimpulan

Umumnya, gejala kaki rayapan adalah bau kaki dan terbentuknya lubang – lubang di telapak kaki. Hal ini disebabkan karena bakteri yang menyebar dan berkembang biak.

Sebagian orang yang terkena ada yang merasakan sakit atau gatal – gatal saat telapak kaki bersentuhan dengan permukaan lain.

Bakteri yang menginfeksi dapat berkembang biak pada telapak kaki yang sering basah, atau terlalu lama dalam keadaan lembab.

Sehingga penting untuk menjaga kaki tetap kering untuk upaya pencegahan.

Dan jika sudah terlanjur terkena, menghubungi dokter adalah pilihan yang utama.

Terlebih, jika infeksi di telapak kaki kamu sudah sangat parah. Karena cara mengobati kaki rayapan dengan bawang putih bisa saja tidak efektif.