Obat Alami · 21/06/2021 0

Cara Mengobati Cantengan dengan Minyak Kayu Putih

Cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih terbilang lebih mudah dari metode lainnya untuk mengatasi cantengan. Mengingat minyak kayu putih sangat mudah kita dapatkan dan harganya pun relatif murah.

Cantengan merupakan kondisi dimana ujung kuku kaki atau tangan tumbuh ke dalam dan menusuk kulit. Hingga menyebabkan bengkak atau bahkan sampai infeksi.

Dan kondisi ini sering terjadi pada kuku jempol kaki, walaupun tentu saja semua jari bisa beresiko terkena cantengan.

cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih
Sumber: pixabay.com

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kuku bisa tumbuh ke dalam.

Misalnya seperti kesalahan saat potong kuku, pemakaian alas kaki yang kesempitan, kaki yang sering basah, trauma pada kuku bekas tersandung, postur tubuh yang tidak baik bahkan bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik.

Tapi umumnya, cantengan terjadi karena kesalahan saat kamu potong kuku atau pemakaian alas kaki seperti sepatu yang terlalu ketat sehingga menekan jari pada ujung kuku.

Selain itu pemakaian sepatu yang terlalu ketat akan membuat kaki kamu berkeringat.

Hal ini sering terjadi pada anak sekolah ataupun pekerja yang aktivitasnya mengharuskan pakai sepatu.

Gejalanya bisa bermacam – macam, dari mulai kulit sisi kuku menjadi bengkak, sakit jika tertekan atau bahkan bisa sampai infeksi. Dimana kulit sisi kuku berubah menjadi merah, adanya cairan berupa nanah dan darah.

Kondisi ini tentu tidak bisa kamu biarkan.

Karena mengabaikannya akan membuat kondisi semakin parah, dan kuku kamu terus tumbuh ke dalam kulit dan daging. Jika begini, mau tidak mau kamu harus menjalani operasi kecil untuk memotong kuku yang masuk.

Oleh karena itu, salah satu metoda yang bisa kamu aplikasikan yaitu cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. Karena penanganan di awal akan lebih membantu untuk mencegah hal yang lebih buruk lagi.

Cara ini dapat membantu meringankan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah memotong kuku yang tumbuh ke dalam kulit.

Berikut ini adalah langkah sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mengobati cantengan dengan minyak kayu putih.

Langkah 1 – Siapkan Minyak Kayu Putih, Kapas dan Bahan Lainnya

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan minyak kayu putih, kapas, lap bersih dan 1 baskom air hangat.

Air hangat akan kita gunakan untuk meredak kaki atau tangan yang cantengan dan juga untuk membersihkan.

Langkah 2 – Bersihkah Bagian Kulit yang Terkena Cantengan

Sebelum kamu mengaplikasikan minyak kayu putih, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang cantengan.

Kamu bisa membersihkan dengan kain bersih yang sudah kamu basahi dengan air hangat, atau bisa juga menggunakan kapas.

Hal ini penting kamu lakukan, supaya cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih bisa lebih optimal. Jangan lupa bersihkan juga area sekitar kuku yang cantengan.

Langkah 3 – Oleskan Minyak Kayu Putih Menggunakan Kapas

Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada kapas. Kemudian oleskan pada area kulit dan kuku yang cantengan.

Biarkan sampai kayu putih meresap ke dalam atau ke sela – sela kuku yang cantengan.

Langkah 4 – Rendam Kaki atau Tangan yang Cantengan dengan Air Hangat

Sebelumnya kamu sudah menyiapkan air hangat dalam baskom. Langkah selanjutnya setelah minyak kayu putih menyerap dan kulit kamu mulai terlihat kering, rendam dengan air hangat.

Biarkan proses perendaman kurang lebih 10 – 20 menit. Atau sampai air mulai terasa dingin.

Langkah 5 – Keringkan Secara Menyeluruh

Setelah proses perendaman selesai, terakhir jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan kaki atau tangan dengan menggunakan handuk atau kain bersih.

Supaya tidak terasa sakit, kamu bisa mengeringkannya dengan cara ditekan – tekan halus dan tidak kamu gosok.

Setelah melalui langkah – langkah tersebut, biasanya tangan atau kaki yang cantengan terasa lebih ringan, dan rasa sakit mulai berkurang.

Berapa Lama Cara Mengobati Cantengan dengan Minyak Kayu Putih ?

Jika yang kamu tanyakan adalah waktu pengobatannya, kurang lebih kamu akan memakan waktu 30 – 40 menit. Dengan kata lain kamu bisa meluangkan waktu paling tidak 1 jam untuk melakukan perawatan ini.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa cara pengobatan ini bisa kamu lakukan 1 – 2 kali sehari. Misalnya pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tapi jika kamu bertanya berapa lama waktu yang kamu butuhkan sampai cantengan sembuh, tentu jawabannya akan relatif. Semua tergantung dari tingkat keparahannya masing – masing.

Dan perlu kamu ketahui, tidak semua orang yang cantengan bisa sembuh dengan kayu putih. Terkadang untuk kondisi yang sudah sangat parah, karena tadinya kamu biarkan, tentu pergi ke dokter akan lebih cepat sembuh dan aman.

Mengingat, cantengan juga bisa berpotensi menginfeksi kulit dan daging di bawah kuku.

Bahkan pembengkakan bisa juga disertai dengan nanah dan darah.Tentunya untuk kondisi seperti ini kamu tidak bisa lagi mengandalkan hanya kayu putih untuk mengobatinya.

Karena jika semakin kamu biarkan, maka pembengkakan akan semakin parah,dan kuku akan terus tumbuh menusuk daging jari kaki atau tangan kamu. 

Apakah Cara Mengobati Cantengan dengan Minyak Kayu Putih Aman ?

Kayu putih merupakan salah satu minyak esensial alami. Penggunaanya pada kulit bisa terbilang aman. Bahkan, minyak ini biasa dipakai untuk bayi atau anak setelah mandi, dengan tujuan supaya tidak masuk angin.

minyak kayu putih
Sumber: pexels.com

Penggunaanya pada kulit anak yang aman merupakan salah satu tanda kalau minyak kayu putih ini juga aman untuk kita gunakan. Termasuk untuk mengobati cantengan.

Tapi tentunya dalam penggunaannya kamu harus pastikan tidak bertolak belakang dengan kondisi kesehatan kamu.

Misalnya untuk kamu yang alergi kayu putih. Menggunakannya sudah tentu dapat memicu alergi itu muncul. Dan lebih baik kamu menghindarinya dan memilih obat atau cara yang lain selain dengan minyak kayu putih.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara Mengobati Cantengan Selain dengan Minyak Kayu Putih

Ada banyak bahan – bahan alami yang dapat kamu manfaat untuk pengobatan, tak terkecuali untuk cantengan.

Kayu putih bukanlah satu – satunya obat yang bisa kamu pakai untuk mengatasi cantengan. Ada beberapa bahan alami lain yang bisa kamu gunakan.

Selain itu caranya juga beragam. Berikut beberapa alternatif bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengobati cantengan, tentunya selain cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih tentunya.

1. Perasan Air Lemon dan Madu

Campuran air lemon dan madu dapat memberikan efek antimikroba yang sangat baik. Ramuan ini memungkinkan untuk mengurangi resiko pada kulit yang terkena kuku cantengan.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menyiapkan jeruk lemon dan madu. Iris lemon tipis kemudian peras beberapa tetes airnya pada jari yang cantengan, lalu oleskan sedikit madu kemudian ikat dengan perban atau kain bersih, dan biarkan semalaman.

Kamu bisa mengulangi langkah ini setiap malam sampai kondisi jari membaik.

2. Garam Epsom

Bukan untuk kamu konsumsi atau dicampur dengan makanan kesukaanmu. Garam epsom bisa kita gunakan sebagai campuran air hangat untuk merendam kaki atau tangan yang terkena cantengan.

Garam epsom dapat mengurangi rasa sakit karena pembengkakan kulit, selain itu dapat membuat kuku menjadi lebih lunak dan mudah untuk kamu potong.

Caranya cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan 2 sendok makan garam epsom kedalam baskom yang sudah kamu isi air hangat, kemudian aduk rata.

Rendam kaki atau tangan yang terkena dalam campuran air tersebut, dan biarkan paling tidak 20 menit. Setelah itu angkat dan keringkan.

Kamu bisa menggunakan cara ini 2 sampai 3 kali sehari untuk mendapat hasil yang lebih baik.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan termasuk salah satu antiseptik alami yang cukup populer.

Jika kamu belum begitu familiar, cuka sari apel sendiri merupakan ekstrak dari buah apel segar yang sudah melewati proses alami.

Kandungannya dapat membantu mencegah infeksi pada luka dan juga dapat meredakan bengkak yang diakibatkan oleh masuknya kuku dalam kulit atau daging.

Cara penggunaannya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes cuka sari apel pada kapas, kemudian tempelkan kapas pada jari kaki yang terkena. Dan supaya tidak gampang lepas, kamu bisa mengikatnya dengan perban.

Biarkan selama beberapa jam supaya cuka sari apel dapat menyerap dengan sempurna. Setelah itu lepas ikatan perban dan kapas, kemudian bilas dengan air hangat.

Metoda ini hampir sama dengan cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih, hanya saja tanpa merendam kaki atau tangan yang terkena cantengan.

4. Kunyit Bubuk dan Minyak Biji Sesawi

Banyak yang mengenal kunyit sebagai obat maag.Padahal lebih dari itu kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang luar biasa.

Pemanfaatannya untuk mengatasi cantengan bisa mengurangi nyeri serta mengurangi pembengkakan.

Kamu bisa membuat kunyit bubuk sendiri dengan cara memarutnya atau beli kunyit bubuk kering yang banyak tersedia di marketplace kesayangan kamu.

Caranya, cukup campurkan ½ sendok kunyit bubuk dan ½ sendok minyak biji sesawi, kemudian aduk rata hingga berbentuk pasta. Lalu aplikasikan pada jari kaki atau tangan yang cantengan dan tutup dengan perban.

Diamkan selama kurang lebih 60 menit atau 1 jam. setelah itu cuci dengan air hangat.

Kamu bisa mengulanginya 2 – 3 kali sehari, sampai kondisinya membaik.

5. Air Hangat dan Sabun

Cara ini mungkin bisa kita bilang paling sederhana, karena kamu hanya perlu merendam jari kaki atau tangan yang cantengan dengan menggunakan campuran air hangat dan sabun.

Proses perendaman kurang lebih 20 menit dan lakukan ini 2 – 3 kali dalam sehari.

Cara ini akan mengurangi rasa sakit dan juga dan membantu mencegah pembengkakan.

Sabun yang direkomendasikan adalah sabun castile. Sabun tersebut terbentuk dari bahan – bahan nabati sehingga lebih aman kamu gunakan. Selain itu, banyaknya manfaat pada sabun castile semakin membuat sabun ini baik untuk merendam kaki atau tangan.

6. Ganjal Tepi Kuku dengan Kapas

Alternatif lainnya adalah dengan mengganjal ujung kuku supaya dapat tumbuh dengan normal dan tidak sampai tumbuh ke dalam dan melukai kulit.

Beberapa ahli tidak merekomendasikan cara ini, karena penumpukan kapas di bawah kuku akan berpotensi membuat bakteri berkembang biak.

Oleh karena itu, solusinya adalah dengan merendam terlebih dahulu kapas yang akan kamu gunakan ke dalam cairan antiseptik. Mungkin merendamnya ke dalam larutan air bawang putih bisa membantu mencegah tumbuhnya bakteri. 

Cara Mencegah Kuku Cantengan

Saat kamu mencari cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih, bisa kita simpulkan bahwa semua gejala sudah kamu rasakan. Sakitnya, bengkaknya, nyut – nyutannya dan bahkan jalan tanpa sepatu pun terasa sakit.

Lalu apa yang lebih penting dari hal sederhana yang bisa menghindarkan kamu dari semua gejala cantengan ?

Ya betul, caranya adalah dengan mencegahnya. Jangan sampai kejadian yang serupa terulang lagi. Oleh karena itu, kamu bisa perhatikan beberapa tips dibawah ini.

  • Hindari memotong kuku lebih pendek dari jari. Kuku tangan atau kaki jika kamu potong terlalu pendek, bahkan sampai terasa sakit akan berpotensi membuat kuku tumbuh dalam bentuk yang tidak biasanya. Dan ini memungkinkan kuku tumbuh ke dalam menusuk kulit dan daging.
  • Biasakan untuk memotong kuku secara lurus. Kebiasaan memotong kuku dengan bentuk yang runcing atau oval dapat membuat tepi kuku tumbuh tidak beraturan dan pada akhirnya menusuk kulit.
  • Hindari aktivitas yang menekan kuku tangan atau kaki. Tuntutan aktivitas atau pekerjaan seperti atlet akan lebih beresiko terkena kuku cantengan.
  • Hindari menggunakan alat lain selain gunting kuku. Rancangan gunting kuku sudah menyesuaikan untuk mendapatkan hasil potongan kuku terbaik. Selain itu juga lebih kuat untuk memotong kuku yang tebal seperti kuku jempol kaki.
  • Jangan memakai sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit. Sepatu, kaos kaki, sandal selop atau alas kaki apapun yang terlalu ketat akan menghimpit jari – jari kaki dan berpotensi membuat kuku menusuk kulit dan daging. Oleh karena itu, memakai sepatu yang sedikit lebih longgar akan menghindarkan kamu dari resiko kuku cantengan.
  • Biasakan untuk mencuci gunting kuku sebelum atau sesudah pemakaian. Bakteri yang menempel pada kuku mungkin saja bisa terbawa masuk jika tidak kamu bersihkan terlebih dahulu. Dan hal ini dapat berpotensi infeksi pada kulit bawah kuku. Dan yang terpenting adalah, kebiasaan ini lebih sederhana dari cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih.
  • Lebih memperhatikan kuku jari yang pernah cedera. Kuku yang pernah mengalami trauma atau cedera misalnya karena tersandung atau kecelakaan lainnya, akan berpotensi membuat kuku tumbuh secara tidak beraturan dan dapat menyebabkan cantengan.
  • Usahakan untuk menjaga kaki tetap bersih dan kering. Kaki yang kotor akan membuat kuman dan bakteri masuk dalam sela – sela kuku. Sedangkan kaki yang selalu basah akan membuat kulit lebih gampang tertusuk oleh kuku.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa dengan mudah kamu ikuti untuk menghindari kuku cantengan.

Sekali lagi hal ini lebih penting kamu lakukan daripada pengobatan dengan bahan alami apapun termasuk kayu putih.

Kesimpulan

Cantengan bisa diakibatkan oleh banyak hal, umumnya karena pemotongan kuku yang salah dan pemakaian sepatu yang terlalu ketat.

Gejala cantengan yang timbul bisa bermacam – macam, bahkan bisa menyebabkan bengkak dan mengeluarkan nanah.

Jika sudah terjadi bengkak, rasa sakitnya cukup mengganggu. Oleh karena itu, penting buat kamu memperhatikan hal – hal yang bisa mencegah cantengan.

Banyak alternatif pengobatan alami yang sudah kita bahas.

Tapi perlu kamu ingat, berkonsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik daripada mengobatinya sendiri dengan cara apapun termasuk melakukan cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih.