Obat Alami · 14/03/2021 0

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes dengan Obat Alami

Asal kamu tau, cara mengobati bisul agar cepat kempes bisa dengan obat alami yang ternyata berbahan bumbu dapur dan sangat mudah kita temukan di rumah. Tidak hanya bisa mengatasi bisul, beberapa dari bumbu dapur tersebut memiliki manfaat lain untuk kesehatan.

Bisul ini sendiri merupakan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa nyeri apabila disentuh. Biasanya bagian tubuh yang paling beresiko terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, hingga paha.

obat bisul tradisional
Ilustrasi foto dari pexels.com

Bagian tersebut merupakan bagian tubuh yang sering kali mengalami gesekan serta mudah mengeluarkan keringat.

Jika bisul tersebut berada di bagian yang nampak seperti wajah, tentu saja itu akan membuat tingkat kepercayaan dirimu berkurang.

Bisa jadi kamu nggak akan merasa nyaman ketika berpergian lho lantaran bisul besar tersebut.

Jika bisul tersebut berada di area pantat, maka kamu juga akan kesulitan duduk sehingga hal ini pastinya akan mempengaruhi aktivitas harianmu terlebih ketika kamu sedang bekerja.

Nah, ada banyak cara untuk mengobati bisul agar cepat kempes.

Salah satunya adalah dengan menggunakan obat bisul tradisional. Kali ini kita akan membahas secara singkat apa itu bisul, penyebabnya serta obat bisul tradisional yang mujarab.

Penyebab Bisul

Biasanya hal paling sering yang menyebabkan bisul adalah infeksi bakteri. Infeksi bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan pada folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut).

Bakteri utama penyebab bisul sendiri adalah bakteri Staphylococcus aureus.

Dalam beberapa kasus bakteri Staphylococcus aureus ini ditemukan pada kulit dan di dalam lapisan hidung tanpa menimbulkan gangguan kesehatan sementara itu infeksi baru akan terjadi jika bakteri masuk hingga ke folikel rambut lho.

Bisul ini bisa terjadi pada siapa saja, baik remaja, orang dewasa bahkan orang tua.

Selain disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus tersebut ada beberapa kondisi yang dapat menimbulkan bisul, antara lain :

  1. Melakukan kontak langsung dengan penderita Bisul. Contohnya nih, dengan teman atau orang serumah yang sedang terkena bisul.
  2. Kurang menjaga kebersihan baik kebersihan badan maupun lingkungan sekitar.
  3. Bisul lebih berpotensi menyerang seseorang dengan imunitas yang rendah.
  4. Kurangnya asupan nutrisi dari dalam tubuh.
  5. Terkena bahan kimia berbahaya yang menyebabkan adanya iritasi pada kulit.
  6. Orang yang mengalami masalah kulit seperti eksim juga rentan terkena penyakit bisul ini lho.

Gejala Bisul

Ada beberapa gejala umum bisul yang perlu kamu ketahui lho, diantaranya adalah :

  1. Timbulnya benjolan merah berisi nanah yang berukuran kecil di permukaan kulit. Lambat laun benjolan tersebut akan semakin membesar.
  2. Munculnya ruam atau pembengkakan di kulit sekitar area bisul.
  3. Benjolan tersebut akan terasa sakit saat disentuh.
  4. Benjolan tersebut memiliki titik putih di bagian puncak yang kemudian akan pecah dan mengeluarkan nanah.

Umumnya benjolan bisul hanya ada 1. Jika lebih dari 1 maka itu akan mengarah pada kondisi yang lebih berbahaya.

Jika muncul lebih dari 1 benjolan, akan lebih baik kalau kamu segera berkonsultasi pada dokter ya. Lantaran hal tersebut menandakan gejala Karbunkel.

Karbunkel sendiri biasanya disebabkan oleh adanya infeksi yang lebih serius. Biasanya Karbunkel juga lebih sering menyerang orang tua atau orang yang memiliki imunitas rendah.

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes dengan Obat Tradisional

Jika kamu mengalami bisul. Akan lebih baik kalau kamu segera mengobatinya.

Nah, berikut ini ada beberapa obat bisul tradisional yang bisa penulis bagikan. obat bisul tradisional ini selain aman, tanpa efek samping juga bisa dengan mudah kamu temukan lho.

Berikut diantaranya,

1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang telah dipercaya masyarakat sebagai salah satu bahan yang memiliki kandungan antibakteri yang baik.

Bawang Putih, obat bisul tradisional yang populer
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Bahkan menurut, The Healthy,  zat yang ada di dalam bawang putih mampu menyembuhkan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri lho.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat bisul tradisional ini juga cukup mudah lho, cukup haluskan bawang putih menggunakan ulekan atau blender.

Kemudian, tempelkan pada area bisul. Diamkan hingga 10 hingga 30 menit dan lakukan secara rutin setiap 1 hingga 2 kali sehari. Mengompres bisul dengan irisan bawang putih merupakan cara mengobati bisul agar cepat kempes paling sederhana yang bisa kamu lakukan.

2. Kunyit

Selain Bawang Putih, tumbuhan lain yang juga memiliki kandungan antibakteri adalah kunyit.

Kunyit
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Kunyit ini memiliki kemampuan membunuh bakteri, kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi.

Zat inilah yang membuat kunyit mampu membantu menyembuhkan bisul dan mengempeskan benjolan bisul dengan lebih cepat.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup siapkan bubuk kunyit secukupnya.

Rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air lalu minum saat dingin.

3. Minyak jarak

Cara mengobati bisul agar cepat kempes bisa juga dengan menggunakan minyak jarak.

Minyak Jarak sendiri memiliki kandungan senyawa asam risinoleat yang membuatnya memiliki kemampuan anti-inflamasi alami yang kuat.

Sehingga Minyak Jarak ini cukup efektif dalam mengobati bisul.

Cara penggunaannya juga cukup mudah lho, cukup oleskan sedikit Minyak Jarak tersebut pada benjolan bisul secara rutin setiap 2 hingga 3 kali sehari sampai bisul kempes dan sembuh.

4. Tea Tree Oil

Pernahkan kamu mendengar mengenai Tea Tree Oil?

Tea Tree Oil yang merupakan salah satu jenis bahan populer digunakan sebagai bahan kosmetik ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati bisul lho.

Hal ini disebabkan lantaran Tea Tree Oil ini mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik yang ampuh untuk mengatasi infeksi kulit termasuk bisul.

Cara penggunaannya cukup sederhana, kamu cukup mengoleskannya pada area bisul secara rutin ya.

5. Lidah Buaya

Selain bisa menghilangkan bekas luka dengan efektif. Lidah buaya juga nyatanya bisa kamu gunakan untuk mengobati bisul lho.

Lidah Buaya
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Tanaman yang memiliki daun berdaging ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang baik. Serta memiliki enzim amilase, lupeol dan dan bahan anti-inflamasi yang bersifat antiseptik dan analgesik.

Kandungan tersebut membuat lidah buaya memiliki peran aktif untuk menyembuhkan bisul.

Kamu pun bisa membuat racikan obat lidah buaya ini untuk mengatasi bisul. Caranya juga terbilang cukup mudah.

Cukup siapkan Lidah buaya dan garam secukupnya.

Ambil gel yang ada di tengah lidah buaya tersebut, haluskan bersamaan dengan garam secukupnya lalu oleskan pada benjolan bisul.

Lakukan secara rutin ya.

Cari tau juga :

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut dengan Benar

6. Minyak Castor

Obat bisul tradisional selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Minyak Castor. Mungkin masih banyak dari kalian yang belum familiar dengan minyak yang satu ini.

Namun, nyatanya minyak ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lho.

Minyak Castor ini mengandung asam risinoleat yang bersifat anti peradangan. Selain itu, Minyak Castoruga bersifat antibakteri.

Kandungan utama yang terdapat dalam Minyak Castor inilah yang membuat orang menggunakannya sebagai salah satu cara untuk mengobati bisul supaya cepat kempes.

Cara menggunakannya juga mudah. Cukup oleskan Minyak Castor ini di bagian benjolan bisul secara rutin.

7. Neem Oil atau Minyak Mimba

Minyak Mimba ini memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba sehingga efektif untuk menyembuhkan bisul secara alami. Anda bisa menggunakannya beberapa kali dalam sehari dengan cara mengoleskannya pada area bisul.

8. Garam Epsom

Perhatian ya, garam epsom tidak sama dengan garam dapur. Garam epsom ini mengandung magnesium sulfat dan oksigen yang sangat kaya.

Selain menjadi obat penenang ternyata garam ajaib ini bisa mengeringkan nanah, sehingga bisul menjadi kempes.

Kamu bisa melarutkan satu sendok garam epsom ke dalam air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk mengompres area yang terkena bisulan.

9. Bawang Merah atau Bawang Bombay

Selain bawang putih, ternyata bawang merah atau bawang bombay juga merupakan obat bisul tradisional yang cukup populer.

Bawang Bombay
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Karena kandungan minyak esensial yang memiliki beberapa sifat yang dapat mengatasi bisul. Misalnya seperti sifat antiseptik, analgesik dan antijamur.

Kamu bisa mengiris satu atau dua siung bawang. Kemudian tempelkan irisan bawang tersebut pada area bisul dan tutup dengan kain. Lakukan paling tidak 2 atau 3 kali dalam sehari.

10. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel ternyata juga bisa mengatasi bisul. Ekstrak buah apel yang sudah difermentasi ini memiliki kandungan yang bersifat anti inflamasi. Kandungan ini dapat meredakan ruam merah dan rasa sakit yang disebabkan oleh bisul.

Cuka Sari Apel
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Caranya menggunakannya cukup mudah. Kamu tinggal ambil sedikit cuka sari apel dan oleskan pada bisul. Supaya bisul lebih cepat kempes, oleskan beberapa kali dalam sehari.

11. Kentang termasuk obat bisul tradisional

Wah siapa sangka, ternyata irisan kentang juga bisa menjadi salah satu cara mengobati bisul agar cepat kempes yang cukup ampuh.

Kentang
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Kentang ini kaya akan Vitamin B, C, Kalsium, Magnesium, Fosfor serta Zat Besi. Oleh karena itu, kentang bisa menjadi salah satu alternatif untuk atasi bisul.

Caranya, kamu bisa kupas kentang, bersihkan lalu parut halus. Setelah itu, peras airnya, dan air perasan ini yang kamu gunakan untuk mengobati bisul dengan cara dioleskan.

Cari tau juga :

Cara Tepat Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi
Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Nah, itulah beberapa rekomendasi cara mengobati bisul agar cepat kempes menggunakan obat – obatan tradisional.

Dengan pengobatan secara rutin menggunakan obat bisul tradisional tersebut pastinya hal ini akan semakin mempercepat kesembuhan bisul yang kamu derita.

Tips Tambahan untuk Mengobati Bisul Supaya Cepat Kempes

Selain dengan menggunakan beberapa obat bisul tradisional di atas.

Kamu juga bisa melakukan berbagai hal di bawah ini lho agar bisulmu lebih cepat kempes.

1. Kompres dengan air hangat

Tips tambahan pertama adalah mengkompresnya dengan menggunakan air hangat.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi antibodi dan sel darah putih ke area kulit yang terinfeksi dan menarik nanah agar berkumpul di permukaan bisul.

Cara mengkompresnya juga cukup mudah lho.

  • Siapkan air hangat serta handuk bersih. Basahi handuk tersebut dengan air hangat.
  • Lalu tempelkan pada permukaan bisul, kompres selama 20 menit.
  • Celupkan kembali handuk tersebut apabila terasa sudah dingin.
  • Lalu, tempelkan lagi. Lakukan beberapa kali dalam sehari.
  • Hal ini akan membuat benjolan bisul lebih cepat kempes.

2. Jangan pencet benjolan bisul

Kebiasaan memencet benjolan bisul nyatanya dapat memperparah iritasi kulit lho.

Hal ini justru akan membuat bisul menjadi semakin besar serta parah.

Jadi, ketika kamu bisulan jangan sekali-kali memencetnya ya.

Apalagi saat puncak benjolan pada kulit masih terasa agak keras dan area kulit di sekitar bisul masih memerah.

3. Jaga kebersihan kulit

Tips selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit. Mandilah menggunakan air hangat dengan sabun antiseptik yang mampu membunuh kuman dengan efektif.

Sehingga berbagai permasalahan kulit seperti bisul tak akan muncul kembali.

4. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun

Jika kamu memiliki bisul, setelah menggunakan tanganmu untuk menyentuh bisul tersebut.

Akan lebih baik kalau kamu segera mencuci tanganmu dengan menggunakan sabun antiseptik.

Hal ini bertujuan agar kuman yang menempel di tanganmu segera hilang dan tak menyebar ke area permukaan kulit yang lainnya.

5. Gunakan perban

Guna menghindari agar bisul tak menular ke area lain dalam tubuh akan lebih baik kalau kamu membalut bisul tersebut dengan perban steril.

Terlebih apabila bisul tersebut semakin membesar serta mengeluarkan nanah.

Ganti perban secara rutin agar tak ada bakteri yang menempel ya.

6. Cucilah Handuk dan pakaian yang terkena bisul

Tips selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah rajin mencuci handuk atau pakaian yang terkena bisul tersebut.

Hal ini berfungsi agar pakaian serta handukmu lebih steril sehingga meminimalisir penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain.

7. Konsultasi dengan dokter

Apabila dirasa semakin hari bisulmu semakin besar serta lebih parah.

Serta cara-cara di atas kurang manjur. Sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter ya.

Hal ini sangat berguna agar kamu mendapatkan perawatan lebih lanjut dan bisul tersebut bisa segera teratasi dengan baik

Kesimpulan

Itulah berbagai pembahasan mengenai cara untuk mengobati bisul agar cepat kempes. Dengan menggunakan obat bisul tradisional hingga tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bisul.

Asalkan kamu rutin melakukan pengobatan dan perawatan serta menghindari berbagai hal yang dilarang seperti memencet benjolan bisul.

Maka, bisul tersebut akan lebih cepat sembuh dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman kembali seperti biasanya.

Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

Salam sehat bareng !