Obat Alami · 08/07/2021 0

Cara Mengobati Angin Duduk dengan Daun Sirsak Cuma 4 Langkah

Bagi beberapa orang cara mengobati angin duduk dengan daun sirsak dinilai efektif. Walaupun sedikit sekali sumber penelitian yang menyimpulkan hal ini, tapi testimoni dari penderita angin duduk membuat treatment ini banyak dicoba.

cara mengobati angin duduk dengan daun sirsak
Sumber: pixabay.com

Angin duduk yang dapat menimbulkan nyeri dada dan sesak ini terjadi karena penyumbatan arteri pada jantung, sehingga area jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup karena aliran darah yang terhambat.

Kondisi ini harus segera kamu atasi dengan segera menghubungi dokter.

Namun lain hal dengan angin duduk yang bisa juga disebabkan karena masalah pencernaan atau ketegangan otot.

Dan untuk mengobatinya kamu bisa mencoba treatment rumahan, salah satu adalah dengan menggunakan daun sirsak.

Bagaimana caranya, dan apakah ini efektif dan aman ? 

Simak terus ya…

Cara Mengobati Angin Duduk dengan Daun Sirsak dalam 4 Langkah

Untuk mengatasi angin duduk, daun sirsak tidak langsung kamu konsumsi. Melainkan kita akan ambil ekstraknya dengan cara merebusnya dengan air.

Berikut langkah detail bagaimana memanfaatkan daun sirsak untuk mengatasi angin duduk.

Langkah #1 Siapkan 5 – 7 Helai Daun Sirsak

Pilih daun sirsak yang bagus kurang lebih 5 – 7 helai. Perhatikan dengan baik, cari daun yang tanpa cacat, mengkilap dan tergolong daun tua.

Biasanya daun sirsak dengan kriteria tersebut ada pada bagian paling bawah dahan. Setelah kamu dapatkan, kemudian cuci bersih semua daunnya.

Langkah #2 Rebus 2 Gelas Air

Langkah selanjutnya, silahkan kamu rebus 2 gelas air putih. Atau kurang lebih 400 – 600 ml. Rebus dengan api yang sedang saja, jangan terlalu besar. Dan tunggu hingga air mendidih.

Langkah #3 Masukkan Daun Sirsak ke Dalam Air Rebusan

Setelah air mendidih mulai masukan semua daun sirsak dengan cara kamu sebar rata. Hindari penumpukkan supaya ekstrak daun sirsak dapat keluar dengan optimal.

sambil menunggu, sesekali kamu aduk. Perhatikan warna dan volume air. Jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan dan air mulai menyusut setengahnya, kemudian matikan kompor.

Langkah #4 Tiriskan dan Minum Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Angin Duduk

Biarkan air rebusan daun sirsak tetap dalam panci supaya mempercepat proses pendinginan. 

Tunggu sampai hangat atau paling tidak bisa untuk kamu minum. Lalu tuangkan dalam gelas dan segera minum.

Treatment ini bisa kamu lakukan 1 sampai 2 kali dalam sehari. Misalnya pagi dan malam hari sebelum tidur.

2 Alternatif Cara Mengobati Angin Duduk dengan Daun Sirsak

Jika kamu tidak begitu suka dengan aroma dari daun sirsak atau sulit untuk mendapatkan daun sirsak segar di sekitar kamu, maka ada dua cara alternatif yang bisa kamu lakukan.

daun sirsak

Tentunya selain rebusan air daun sirsak, beberapa alternatif ini dapat mempermudah kamu untuk mengkonsumsi ekstrak daun sirsak.

Alternatif #1 Membeli Ekstrak Daun Sirsak dalam Kemasan

Alternatif ini bisa kamu gunakan jika kamu sulit mendapatkan daun sirsak segar. Banyak yang menjual ekstrak daun sirsak dalam kemasan.

Beberapa dari mereka ada yang sudah berbentuk kapsul, cairan atau bahkan teh daun sirsak.

Tidak perlu khawatir, karena di beberapa marketplace sudah banyak yang menjualnya. Kamu tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan. Harganya bervariatif, berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu.

Alternatif #2 Mencampur Air Rebusan Daun Sirsak dengan Madu

Buat kamu yang tidak terlalu suka rasa dari air rebusannya, kamu bisa memanfaatkan madu.

Menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air rebusan daun sirsak akan membuat rasanya lebih enak. 

Cobalah untuk membeli madu murni yang tanpa campuran gula.

Apakah Cara Mengobati Angin Duduk dengan Daun Sirsak Efektif ?

Sampai saat ini belum ada studi yang menyimpulkan secara langsung bahwa daun sirsak dapat mengobati angin duduk secara efektif.

Beberapa bukti hanya bersifat anekdot dari beberapa kesaksian orang yang pernah melakukan treatment ini untuk mengobati angin duduk.

Namun banyak penelitian menyimpulkan bahwa daun sirsak dapat dengan efektif menghambat bahkan membunuh sel kanker, bahkan dapat digunakan sebagai pengganti kemoterapi.

Selain itu, pada penelitian lain menyatakan bahwa ekstrak dari daun sirsak dapat membantu mengurangi gula dalam darah dan memperbesar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah lebih lancar.

Dari beberapa keterangan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun sirsak dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, dan berperan sebagai obat.

efektif atau tidaknya daun sirsak untuk mengobati angin duduk tentu akan bergantung pada kondisi tubuh masing – masing, dan seberapa parahnya angin duduk yang kamu derita.

Efek Samping dari Cara Mengobati Angin Duduk dengan Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu bahan alami yang banyak bermanfaat untuk kesehatan. Perannya yang dapat menghambat berbagai jenis kanker sudah banyak dikonsumsi secara umum.

Oleh karena itu, tidak efek samping yang serius dari mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Namnum, berdasarkan kesaksian dari beberapa orang, termasuk penulis sendiri. Untuk pertama kali minum air rebusan dari daun sirsak terkadang terasa sedikit pusing, mual dan sakit badan.

Entah ini merupakan reaksi umum dari obat yang mulai bekerja, atau memang tidak cocok dengan kondisi badan. Tapi kondisi ini hanya terasa sementara saja. Setelah 2 dan 3 hari meminum air rebusan daun sirsak secara rutin, gejala ini sudah tidak terasa lagi.

Oleh sebab itu, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan treatment ini, alangkah lebih baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal.

Karena jika kondisi tubuh kamu tidak cocok, treatment ini mungkin akan menyebabkan efek samping yang lebih buruk lagi.

Cara Mengobati Angin Duduk Selain dengan Daun Sirsak

Daun sirsak bukan satu – satunya bahan alami yang memungkinkan bisa mengatasi angin duduk.

Oleh sebab itu, jika buat kamu tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi daun sirsak. Atau jika kamu sudah mencoba daun sirsak dan tidak ada hasilnya, maka bahan alami ini bisa menjadi alternatif pengobatan.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam asetat, dan dapat kamu manfaatkan untuk refluks asam. Walaupun tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tapi banyak testimoni anekdot yang mengatakan ini bisa berhasil.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air. Setelah itu minum sebelum makan atau saat terjadi serangan angin duduk.

Pada umumnya cuka sari apel tidak memiliki efek samping apapun. Tapi bagi kamu yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah harus berhati – hati untuk mengkonsumsi ini. Karena cuka sari apel berpotensi juga untuk mengencerkan darah.

2. Jahe

Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan obat herbal lainnya. Bumbu dapur yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat.

Lebih dari itu, studi menunjukan bahwa jahe dapat membantu mengatasi masalah perut dan mual muntah.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengkonsumsi jahe. Salah satunya adalah dengan membuat air rebusan jahe.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menghancurkan beberapa jari jahe kemudian merebusnya dengan 1 gelas air, dan tunggu hingga air berkurang setengahnya atau sampai air rebusannya berubah warna. Setelah itu tiriskan dan minum selagi hangat.

3. Almond

Walaupun tidak banyak penelitian yang mendukung bahwa almond dapat mengatasi angin duduk. Tapi banyak pernyataan anekdot berdasarkan pengalaman dari orang – orang yang sudah mencobanya.

Ketika rasa sakit jantung datang karena terpengaruh oleh refluks asam, maka mengkonsumsi kacang almond ataupun susunya bisa membantu mengatasi kondisi ini.

Meskipun tidak dapat menghentikan rasa sakit secara langsung, tapi penelitian membuktikan orang yang mengkonsumsi almond dapat terhindar dari penyakit jantung.

Tapi ada satu hal yang perlu kamu ketahui, almond sendiri memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Mengkonsumsi kacang almond secara berlebihan malah akan memperburuk keadaan.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Air Hangat

Meminum air hangat atau panas juga dapat membantu mengurangi gas dalam tubuh, tentunya selain dapat memperlancar pencernaan.

Atau, untuk hasil yang lebih baik kamu bisa mencampurkan teh kembang sepatu ke dalam air hangat dan meminumnya.

Teh tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah.

Selain itu, minuman ini juga dapat membantu mencegah komplikasi jantung.

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak membawa manfaat untuk kesehatan. Tak hanya dapat meredakan biduran, bawang putih juga dapat membantu mengatasi angin duduk.

Sebuah studi menyimpulkan, bahwa bawang putih mampu mengurangi penumpukan plak pada arteri serta mengatasi penyakit jantung.

Kamu dapat mengiris 1 atau 2 siung bawang putih untuk kemudian kamu campurkan dengan segelas susu hangat. Tak hanya diminum, untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu dapat mengunyah irisan bawang putih tersebut untuk kamu konsumsi.

6. Kompres Dingin

Adanya oto yang tegang merupakan penyebab paling umum seseorang merasakan sakit pada jantung atau nyeri dada. Ketegangan otot tersebut bisa terjadi karena aktivitas yang kamu lakukan sehari – hari.

Terkait dengan penyebab tersebut, kompres dingin atau es merupakan metode paling sederhana yang sudah diterima oleh umum untuk mengurangi dan membantu meredakan rasa sakit ataupun pembengkakan.

7. Kunyit Bubuk

Salah satu rempah dengan segudang manfaat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri pada dada.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit dalam jangka panjang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat lainnya, kunyit juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Kamu bisa mengkonsumsi 1 sendok teh kunyit bubuk yang kamu campur dengan 1 gelas susu hangat. Meminumnya sebelum tidur dapat mengurangi rasa sakit yang kamu derita akibat angin duduk.

8. Terapi Yoga

Yoga merupakan senam yang memiliki cukup banyak gerakan. Banyak dari gerakan yoga bertujuan untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi stres.

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa melakukan senam yoga selama 2 minggu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu teknik relaksasi ini dapat membantu mengurangi resiko dari angin duduk.

Cobalah meluangkan waktu 1 atau 2 jam setiap hari selama 2 minggu untuk memulai terapi dengan senam yoga. Teknik lainnya yang bisa kamu coba adalah meditasi atau tai chi.

Cara mengobati angin duduk dengan daun sirsak atau bahan alami lainnya mungkin tidak sepenuhnya efektif untuk mengatasi angin duduk. Dan hanya bisa berperan sebagai pertolongan pertama.

Tentunya yang lebh utama adalah segera mengkonsultasikannya dengan dokter. Mengingat angin duduk memiliki lebih dari satu tipe. Maka diagnosa yang tepat jelas kamu butuhkan untuk mendapatkan obat yang tepat.

Cara Mencegah Angin Duduk

Angin duduk muncul bukan tanpa penyebab. Secara umum gangguan ini dapat timbul karena kesalahan penderita sendiri, terutama dalam menjalankan hidup sehat.

Ya, pola hidup sehat bukan hanya bisa mencegah angin duduk, tapi akan berdampak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Lalu apa saja yang harus kamu ubah untuk bisa hidup lebih sehat ? Ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  • Kurangi stres berlebihan. Sebisa mungkin cobalah untuk hidup santai, mencoba selalu berpikir positif adalah salah satu yang dapat membuat hidup kamu lebih tenang. Cobalah cari solusi lain untuk menciptakan hidup lebih tenang.
  • Berhenti merokok. Jika kamu adalah perokok pastinya kamu tau konsekuensinya. Dan salah satunya rokok dapat menyebabkan gangguan terhadap jantung. Cobalah beberapa terapi untuk berhenti merokok.
  • Perbaiki pola makan. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam dan berbagai jenis lemak akan membuat risiko terkena angin duduk lebih besar. Oleh karena itu, mulailah dengan banyak mengkonsumsi banyak sayur dan buah segar.
  • Buat berat badan lebih ideal. Kelebihan berat badan juga akan meningkatkan resiko terkena angin duduk, coba temukan cara untuk mencapai berat badan yang lebih ideal.

Kesimpulan

Angin duduk merupakan kondisi dimana arteri dari jantung kamu tersumbat dan menyebabkan jantung tidak mendapat cukup oksigen. Hal ini menyebabkan nyeri pada dada.

Pola hidup yang tidak sehat kerap kali menjadi penyebab dari angin duduk.

Jika kamu biarkan, kondisi ini akan berdampak lebih serius, bahkan tak jarang bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik dari cara mengobati angin duduk dengan daun sirsak.