Obat Alami · 27/06/2021 0

Cara Menghilangkan Varikokel dengan Es Batu, Tanpa Operasi !

Cara menghilangkan varikokel dengan es batu merupakan salah satu treatment yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah.

Varikokel yang umumnya terjadi pada usia remaja ini dapat menimbulkan dampak yang lebih serius jika tidak segera kamu atasi.

cara menghilangkan varikokel dengan es batu
Sumber: pexels.com

Beberapa sumber bahkan mengatakan, bahwa gangguan ini berpotensi menurunkan kesuburan.

Hal ini terjadi karena testis tidak dapat memproduksi sperma yang berkualitas karena sistem pendinginan yang terganggu.

Lebih jauh lagi varikokel tingkat lanjut berpotensi merusak vena – vena disekitar testis.

Tentunya hal ini dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius lagi.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi varikokel dari awal, sehingga kamu dapat mencegah hal – hal yang lebih buruk lagi.

Kenali Penyebab Varikokel

Hingga saat ini belum belum ada temuan apa saja yang secara pasti dapat menyebabkan varikokel.

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa penyakit ini muncul saat ada pembesaran pembuluh darah pada kantung testis. Hal Ini terjadi karena tidak sempurnanya aliran darah yang pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah membesar.

Penyakit yang sering terjadi di usia remaja ini bisa menjadi faktor penghambat untuk memiliki keturunan. Karena varikokel berpotensi merusak testis dan menurunkan kesuburan pria.

Berikut ini beberapa faktor penyebab yang berpotensi terbentuknya varikokel.

  • Area pada testis yang selalu basah karena keringat
  • Area sekitar testis terlampau panas
  • Adanya stres yang berlebihan
  • Terlalu sering menggunakan celana pas atau ketat
  • Bisa juga terjadi karena faktor keturunan

Faktor penyebab lainnya mungkin saja bisa terjadi, selain dari yang sudah disebutkan. Misalnya karena terlalu sering berada di area yang memiliki gelombang elektromagnetik yang kuat.

Atau terlalu sering naik motor sehingga posisi testis sering terjepit dan mengakibatkan aliran darah tidak lancar.

Cara Menghilangkan Varikokel dengan Es Batu dalam 3 Langkah

Treatment es batu akan kita gunakan untuk mengompres testis yang bengkak. Adanya efek dingin dari es batu akan membantu mengurangi pembengkakan, meredakan rasa sakit dan yang paling penting aliran darah akan menjadi lebih lancar.

es batu
Sumber: pixabay.com

Semua manfaat ini akan membantu kamu untuk menghilangkan varikokel.

Berikut ini langkah mudah untuk mengatasi varikokel dengan kompresan es batu.

Langkah #1 Siapkan Es Batu dan Handuk Bersih

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan es batu secukupnya dan handuk bersih.

Handuk bersih akan kita gunakan untuk membungkus es batu, supaya tidak langsung ada kontak dengan kulit pada tesis. Hal ini juga dapat membantu berikan efek dingin secara bertahap.

Langkah #2 Bungkus Es Batu dengan Handuk

Bungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk bersih yang sudah kamu siapkan. Supaya tidak tercecer, kamu bisa mengikatnya dengan tali.

Langkah #3 Tempelkan Kompresan Es Batu pada Testis

Kompres varikokel dengan es batu yang sudah kamu bungkus tadi. Dan biarkan selama kurang lebih 10 – 20 menit sampai ada rasa dingin.

Jika terasa sudah terlalu dingin, angkat kompresan kemudian tempelkan lagi.

Lakukan langkah ini sebanyak yang kamu butuhkan.

Kamu juga bisa melakukan treatment ini setiap hari sebanyak yang kamu butuhkan.

Perlu kamu perhatikan, jika dalam beberapa kamu melakukan treatment dan mengalami perubahan pada varikokel, segera konsultasikan dengan dokter.

Hal ini penting untuk memastikan apakah varikokel yang kamu alami sudah benar – benar sembuh.

Apakah Cara Menghilangkan Varikokel dengan Es Batu Efektif ?

Efektif atau tidaknya tentu akan bergantung pada kondisi masing – masing penderita. Terutama pada tingkat keparahannya.

Penting untuk kamu ketahui. Berdasarkan sumber, varikokel memiliki 2 tipe dengan 3 tingkatan grade yang berbeda.

Tipe Pressure: tipe ini merupakan gejala awal yang menyebabkan varikokel grade 1. Dimana sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menimbun darah pada vena spermatika.

Tipe Shunt: tipe ini merupakan tipe lanjutan yang dapat menimbulkan varikokel grade 2 dan 3. Hal ini bisa terjadi karena penumpukan darah yang sangat parah hingga merusak vena spermatika dan berpotensi juga merusak vena – vena lain. Dan tentunya hal ini dapat menyebabkan masalah baru yang lebih dari sekedar varikokel.

Oleh sebab itu, es batu mungkin saja dapat membantu mengatasi varikokel tipe pressure yang mana kondisi ini belum merusak jaringan sekitarnya.

Jika varikokel sudah berlanjut dan berubah menjadi grade 2 atau 3, maka akan sulit rasanya jika hanya mengandalkan pengobatan dengan es batu.

Dan langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter.

Oleh karena itu, jangan pernah menunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter sebelum varikokel yang kamu alami bertambah parah dan merusak vena – vena sekitarnya.

Apakah Cara Menghilangkan Varikokel dengan Es Batu Aman ?

Seperti yang sudah kita bahas, bahwa dengan kompresan es batu sirkulasi darah dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Penggunaanya yang secara tidak langsung bersentuhan dengan kulit dapat memberikan efek dingin secara bertahap dan tidak berlebihan.

Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa penggunaanya bisa dikategorikan aman.

Hanya saja, untuk memastikannya, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Bukan hanya untuk memastikan treatment ini aman, tapi untuk memastikan varikokel yang kamu alami sudah sembuh atau belum juga harus tetap melalui laboratorium. Sekalipun bengkak pada testis sudah terlihat kempes.

Cara Lain untuk Menghilangkan Varikokel Selain dengan Es Batu

Selain dari es batu, ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengobati varikokel. Semua usaha ini tentu untuk menghindari operasi, jika memang kondisinya masih memungkin.

Berikut ini beberapa treatment alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi varikokel.

1. Merubah Pola Makan

Jika memang tidak bisa menghentikan sekaligus, mulailah untuk mencoba mengurangi secara bertahap.

Gula dan makanan olahan terutama makanan cepat saji memiliki konsekuensi tersendiri untuk kesehatan.

Dan sayangnya, hal ini termasuk dalam pembentukan varikokel.

Oleh karena itu, memilih makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran segar menjadi pilihan yang lebih baik.

Berdasarkan sumber, konsumsi serat yang tinggi dapat meningkatkan integritas struktural pembuluh darah. Dan pada akhirnya akan membuat aliran darah lebih lancar.

2. Senam Kegel

Gerakan senam yang memiliki tujuan utama menguatkan otot panggul bawah ini juga dapat membantu mengatasi varikokel.

Karena ketika kamu melakukan senam ini, sama halnya kamu sedang melatih untuk mengencangkan otot yang menyokong kantung kemih.

Selain itu, latihan yang hanya mungkin memakan waktu 5 menit ini dapat berperan memperlancar peredaran darah sama halnya dengan melakukan cara menghilangkan varikokel dengan es batu

Tapi untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu perlu melakukannya beberapa kali dalam sehari. Misalnya, luangkanlah waktu untuk senam kegel 3x kali dalam sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari.

3. Berenang

Buat kamu, mungkin ini terdengar sedikit ngawur. Tapi tenang dulu, coba kita simak alasannya ya.

Kenapa berenang bisa berdampak baik pada varikokel ? Ingat salah satu faktor penyebab varikokel adalah karena seringnya area testi terlalu panas.

Nah berenang jelas akan membuat suhu area testis stabil bahkan cenderung lebih dingin. Dan kondisi ini dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Selain itu, dengan berenang kamu akan lebih rileks dan tidak lagi memikirkan hal – hal bisa membuat kamu tambah stres.

Jika tidak meluangkan waktu setiap hari, luangkanlah beberapa kali dalam seminggu untuk dapat merasakan manfaat dan perubahannya pada varikokel yang kamu alami.

Terlebih, jika kamu dapat mengkombinasikan berenang sekaligus dengan menerapkan pola makan yang sehat. Kedua treatment ini dapat membantu mengatasi varikokel dengan lebih cepat.

4. Yoga

Yoga busa juga kamu jadikan solusi untuk menghilangkan varikokel. Senam yang banyak penggemarnya ini dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar, menurunkan stres dan juga dapat meningkatkan kesuburan.

Banyak sekali gerakan atau pose dalam yoga, tapi tidak semuanya mendukung untuk menghilangkan varikokel. 

Oleh karena itu, kamu harus memilih gerakan tertentu yang dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat varikokel. Dan beberapa gerakan yoga yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meditasi dan bridge pose (pose jembatan).

Pose pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi varikokel adalah meditasi. Kosongkan pikiran kamu dan lepaskan semua beban dalam pikiran, sambil mengambil nafas panjang.

Aktivitas ini dapat membuat kamu lebih rileks. Lakukan meditasi selama yang kamu butuhkan sampai kamu merasa nyaman dan lebih tenang.

Latihan yoga terutama meditasi akan memberikan manfaat yang lebih jika dibandingkan dengan cara menghilangkan varikokel dengan es batu.

Karena meditasi dapat membuat kamu lebih tenang, dan ini bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, lakukan juga secara rutin setiap hari. 

Pose yoga lainnya adalah dengan melakukan gerakan bridge atau pose jembatan. Kamu tinggal berbaring terlentang, luruskan tangan di sisi kanan dan kiri, kemudian mulai tekukan kaki dan angkat bokong secara perlahan naik turun. Ketika posisi naik, tahan selama kurang lebih 10 detik.

Kamu bisa mengulangi gerakan ini paling tidak 10 kali setiap harinya.

5. Pengobatan Herbal

Selain merubah pola makan dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah segar, kamu juga memilih untuk mengkonsumsi obat herbal.

Berdasarkan sumber, beberapa kombinasi tanaman herbal dapat membantu mengalami masalah varises pada testis. Tapi tentunya, alternatif ini harus sesuai resep dari praktisi herbal atau kesehatan alternatif.

Kamu bisa mulai mencari ahli herbal di lokasi terdekat dan coba untuk berkonsultasi.

Penting untuk kamu ketahui, mengkonsumsi obat herbal tanpa adanya resep yang benar dari ahli dapat menjadi racun untuk tubuh.

Alih – alih ingin menyembuhkan varikokel, dengan konsumsi herbal sembarangan akan berpotensi menimbulkan masalah baru.

Oleh karena itu, jika kamu memutuskan untuk memilih cara ini, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal ya.

Hindari Ini untuk Mencegah Varikokel

Jika ada pertanyaan, apakah varikokel dapat kamu cegah ? tentunya jawabannya bisa.

Jika kamu kembali melihat dari beberapa faktor yang dapat menyebabkan, yang perlu kamu lakukan adalah menghindari penyebab tersebut. Tentunya selain dari pada faktor genetika atau keturunan, yang tidak bisa kamu hindari.

Oleh sebab itu, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari untuk mencegah varikokel.

  • Hindari memakai celana terlalu ketat, terutama celana dalam. Penggunaan celana yang terlalu pas akan berpotensi menjepit pembuluh darah area testis sehingga sirkulasi darah akan terhambat. Selain itu, kondisi ini dapat membuat suhu dalam area testis menjadi lebih panas
  • Hindari stres yang berlebih
  • Hindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi, terutama makanan fast food

Itulah 3 poin utama yang sebisa mungkin harus kamu hindari untuk dapat mencegah varikokel. Jika kamu punya pengalaman atau hal lain yang harus dihindari, silahkan share ke temen – temen lainnya di kolom komentar ya.

Kesimpulan

Varikokel terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah pada area testis, sehingga menimbulkan pembengkakan. Ada banyak penyebabnya, bahkan bisa juga karena faktor keturunan.

Tapi kamu tidak perlu berkecil hati, karena kelainan pada area testis ini bisa kamu sembuhkan, bahkan memungkinkan tanpa melakukan operasi.

Cara menghilangkan varikokel dengan es batu hanya salah satu dari sekian banyak alternatif yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi masalah ini.

Terlebih, jika level yang kamu derita masih tergolong ringan.

Walaupun begitu, berkonsultasi dengan dokter tetap harus menjadi pilihan utama. Ini demi keamanan dan keselamatan.