Kecantikan / Obat Alami · 10/07/2021 0

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu pada Wajah

Bruntusan pada wajah terutama di jidat memang umum terjadi. Cara menghilangkan bruntusan dengan es batu menjadi treatment mudah yang banyak dipilih.

cara menghilangkan bruntusan dengan es batu
Sumber: pexels.com

Bruntusan atau jerawat ini memiliki banyak faktor penyebab.

Misalnya kulit yang berminyak, adanya perubahan hormon, bakteri atau faktor genetik sering menjadi faktor penyebab munculnya bruntusan pada kulit wajah.

Kondisi ini terbilang wajar dan tidak berbahaya.

Tapi jika terus kamu biarkan tentu akan menjadi masalah yang lebih serius, tentunya selain berkurangnya rasa percaya diri.

Pengobatan rumahan seringkali menjadi alternatif yang cukup efektif dan aman.

Karena umumnya pengobatan rumahan menggunakan bahan – bahan alami yang jelas bisa menghindarkan kamu dari penggunaan alkohol atau obat kimia lain.

Dan salah satu treatment rumahan yang banyak menjadi pilihan adalah es batu.

Banyak orang menilai es batu dapat menghilangkan bruntusan secara bertahap. Dan cara ini merupakan cara rumahan yang paling mudah untuk mengatasi jerawat. 

Berikut ini 4 langkah detail cara menghilangkan bruntusan di wajah atau jidat dengan es batu.

Langkah #1 Siapkan Es Batu dan Handuk

Pertama, silahkan siapkan beberapa butir es batu dan kain handuk yang nantinya akan kita gunakan untuk mengelap air dari es yang perlahan mencair.

Kamu bisa menyiapkan es batu yang kamu buat sendiri atau membelinya. Namun pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut adalah air bersih.

Langkah #2 Bersihkan Area Kulit yang Bruntusan

Sebelum mengaplikasikan es batu langsung pada area kulit wajah yang bruntusan. Kamu harus membilas wajah kamu terlebih dahulu.

Kamu bisa menggunakan air bersih atau menggunakan sabun pencuci wajah yang biasa kamu gunakan. Setelah itu jangan lupa untuk kamu keringkan terlebih dahulu.

Langkah #3 Oleskan Es Batu pada Area Kulit yang Bruntusan

Setelah seluruh area kulit wajah bersih, kamu bisa mengoleskan es batu langsung pada area yang bruntusan.

Gunakan gerakan memutar, dan tidak lebih dari satu menit.

Lap air yang tercecer dengan menggunakan handung. Jika es batu mulai cair dan susah untuk kamu pegang, silahkan ganti dengan butiran es batu yang baru.

Lakukan langkah ini pada seluruh area kulit wajah yang terkena bruntusan.

Langkah #4 Bilas Kembali dengan Air Bersih

Setelah semua area yang bruntusan sudah kamu oleskan es batu, selanjutnya jangan lupa untuk membilas kembali wajah kamu dengan air bersih.

Kemudian gunakan kain handuk untuk mengeringkannya.

Kamu bisa mengulangi langkah tersebut 1 sampai 2 kali sehari, atau sebanyak yang kamu butuhkan.

Penting untuk kamu ketahui, menggunakan es batu untuk menghilangkan bruntusan pada wajah memang sangat mudah kamu lakukan. Terlebih banyak yang menilai cara ini efektif.

Tapi jika kamu gunakan dalam waktu yang lama, treatment memiliki resiko tersendiri, salah satunya adalah radang dingin. Resiko ini akan kita bahas lebih detail. Silahkan lanjut membaca ya.

3 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu dan Kombinasi Bahan Alami

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu tempuh selain menggunakan es batu murni tanpa campuran bahan alami lain.

Yaitu dengan mengkombinasikan es batu dengan bahan alami yang dinilai efektif menghilangkan bruntusan atau jerawat pada kulit wajah.

es batu
Sumber: pexels.com

Berikut ini 3 cara menghilangkan bruntusan pada wajah dengan es batu dan kombinasi bahan alami lainnya.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu dan Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan yang cukup tinggi, serta kandungan polifenolnya dapat membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan.

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa ekstrak teh hijau secara efektif dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat pada kulit.

Sehingga kombinasi penggunaan es batu dan teh hijau akan lebih efektif daripada kamu hanya menggunakan es batu saja sebagai pengobatan.

Sebetulnya kamu bisa saja membeli lotion atau krim yang sudah mengandung ekstrak teh hijau. Tapi membuat sendiri treatment ini sama mudahnya dan tentunya akan lebih hemat.

Cara penggunaan:

  1. Siapkan teh hijau dan 1 gelas air putih
  2. Rebus air putih sampai mendidih lalu masukan teh hijau
  3. Biarkan rebusan tersebut 3 – 4 menit
  4. Kemudian tiriskan sampai air rebusan menjadi dingin
  5. Selanjutnya, sambil menunggu air teh hijau dingin, kamu bersihkan wajah kamu dan lakukan treatment dengan es bau terlebih dahulu
  6. Kemudian oleskan air teh hijau yang sudah dingin pada bruntusan dengan bantuan kapas
  7. Biarkan sampai kering
  8. Kemudian bersihkan dengan air dan keringkan

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu dan Cuka Sari Apel

Berdasarkan sumber, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan asam organik pada cuka sari apel dapat mengurangi peradangan karena jerawat. Selain itu, asam laktat dan kandungan asam lainnya dapat menyamarkan cedera kulit bekas jerawat.

Tapi terlepas dari itu semua, cuka sari apel berpotensi mengiritasi kulit, bahkan beberapa dokter kulit tidak menyarankan penggunaan cuka sari apel.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan cara ini, alangkah lebih baiknya untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan lakukan treatment dengan es batu
  2. Campurkan 1 tetes cuka sari apel dengan air bersih (jika kulit kamu sensitif tambahkan lebih banyak air lagi)
  3. Oleskan campuran cuka sari apel pada kulit bruntusan dengan kapas
  4. Biarkan selama beberapa detik, kurang lebih 5 – 20 detik
  5. Kemudian bilas dengan air dan keringkan

Penting untuk kamu ingat, tambahkan lebih banyak air pada campuran cuka sari apel untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu dan Air Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan pada wajah atau jidat.

Kandungan dari air lemon mampu melawan bakteri dan jamur penyebab bruntusan.

Cara penggunaan:

  1. Peras 2 – 3 buah lemon
  2. Kemudian campurkan 2 gelas air dan aduk rata
  3. Tuangkan campuran perasan air lemon tersebut pada wadah es batu dan bekukan
  4. Setelah menjadi es batu, kamu aplikasikan pada kulit yang bruntusan
  5. Biarkan kurang lebih 5 menit
  6. Kemudian bersihkan dengan air bersih dan keringkan

Satu hal yang harus kamu ketahui, perasan air lemon juga berpotensi mengiritasi kulit jika kamu menggunakannya secara berlebihan.

Efektivitas Mengatasi Bruntusan di Kulit Wajah dengan Es Batu

Walaupun es batu memang populer untuk mengatasi bruntusan atau jerawat di area kulit wajah. Pada kenyataannya belum ada penelitian yang menyimpulkan efektivitas dari es batu untuk mengatasi bruntusan.

Hanya saja berdasarkan teori, es batu dapat mengurangi peradangan yang akan memperkecil ukuran bruntusan atau jerawat secara bertahap dan akhirnya akan hilang seluruhnya.

Selain itu, dengan menggunakan treatment dari es batu, kamu dapat menyamarkan kemerahan akibat peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Lebih jauh lagi, efek dingin yang dihasilkan dari es batu dapat mengurangi ketegangan dan membantu melepaskan stres.

Terlepas dari efektif atau tidaknya es batu dalam mengatasi bruntusan. Kamu dapat memilih es batu sebagai salah satu treatment rutin untuk merawat kulit.

Dengan begitu, kamu dapat mencegah atau menghindari bruntusan pada kulit wajah di kemudian hari.

Apakah Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu Aman untuk Kulit ?

Secara umum, penggunaan es batu untuk kulit tidak memiliki resiko yang serius. Hanya saja kamu perlu memperhatikan waktu dari lamanya es batu tersebut menempel pada kulit.

Karena suhu dingin yang terlalu lama menempel pada kulit wajah bisa mengakibatkan radang. Radang ini disebut radang dingin atau cedera dingin.

Suatu kondisi yang mempersempit pembuluh darah dan mengurangi aliran darah. Jika hal ini kamu biarkan, akan beresiko merusak jaringan kulit.

Beberapa gejala dari radang dingin yaitu: adanya sensasi kesemutan bahkan mati rasa, kulit melepuh dan terkelupas, adanya pembekakan dan beberapa gejala lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan es batu untuk mengatasi bruntusan sebaiknya kamu gunakan sewajarnya.

Pemakaian yang terlalu lama malah akan membuat resiko radang dingin meningkat. Alih – alih ingin cepat menghilangkan bruntusan, hal ini malah akan memperburuk kondisi kulit kamu.

Jadi, supaya kamu terhindar dari kondisi tersebut, gunakan es batu dengan wajar dan bertahap.

Alternatif Menghilangkan Bruntusan Selain dengan Es Batu

Selain dengan es batu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami lain untuk mengatasi bruntusan di kulit wajah atau di jidat.

Penggunaan beberapa bahan alami ini hampir sama mudahnya dengan cara menghilangkan bruntusan dengan es batu. Hanya saja tingkat efektifitasnya mungkin berbeda – beda, tergantung dari kondisi kulit dan bruntusan itu sendiri.

  • Gel Lidah Buaya

Populer sebagai bahan alami yang dapat menyuburkan rambut, tanaman yang memiliki daun tebal ini ternyata dapat mengatasi bruntusan pada wajah.

Berdasarkan sumber, penelitian menyimpulkan bahwa gel lidah buaya dapat secara efektif mengurangi peradangan dan membantu melawan bakteri.

Lidah buaya mengandung banyak zat yang dapat menghambat bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengambil gel lidah buaya kemudian mengoleskannya pada kulit yang terkena bruntusan. Kamu bisa melakukan cara ini 1 sampai 2 kali sehari.

  • Minyak Pohon Teh

Mengatasi bruntusan dengan menggunakan minyak pohon teh memiliki banyak kelebihan. Salah satunya tidak beresiko menimbulkan efek samping seperti iritasi, kekeringan atau rasa terbakar pada kulit.

Minyak yang satu ini cukup terkenal sebagai bahan alami yang dapat melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Bahkan efektifitasnya bisa sampai 4 kali lebih baik dalam mengurangi bruntusan daripada plasebo atau lotion yang mengandung benzoil peroksida.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan treatment ini maka penting untuk kamu perhatikan. Bahwa minyak pohon teh bisa saja mengiritasi kulit dan tidak bisa kamu gunakan langsung tanpa minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak lainnya.

Oleskan terlebih dahulu ke area kulit yang lain, jika tidak ada reaksi iritasi maka minyak ini aman untuk kamu gunakan.

Sekali lagi, jangan lupa untuk mencampurkan minyak pembawa seperti minyak kelapa dalam perbandingan yang sama. Artinya, jika kamu menggunakan 1 tetes minyak pohon teh, maka tambahkan juga 1 tetes minyak pembawa. Aduk rata, kemudian kamu oleskan pada bruntusan.

Kesimpulan

Bruntusan pada wajah atau di jidat bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya karena bakteri dari keringat atau beban stres yang terlalu berat.

Kondisi ini merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada kulit siapa saja, terutama pada usia puber.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Hanya saja kamu perlu berhati – hati menentukan treatment mana yang sekiranya cocok untuk kondisi kulit. Salah- salah bisa membuat keadaan ini malah tambah parah.

Berkonsultasi dengan dokter terutama dokter kulit akan lebih baik untuk mengatasi masalah kulit ini, termasuk cara menghilangkan bruntusan dengan es batu.