Obat Alami · 10/03/2021 0

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut dengan Benar

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dengan benar ? Pertanyaan ini akan selalu muncul buat kamu yang punya masalah dengan rambut. Dan kamu ingin mengatasinya dengan tanaman yang memiliki daun berdaging ini.

Oleh karena itu, halaman ini akan membahas detail bagaimana caranya menggunakan lidah buaya untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

cara menggunakan lidah buaya untuk rambut
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Walaupun bukan hal yang asing lagi bahwa tanaman lidah buaya katanya mampu mengatasi masalah rambut.

Tapi buat kamu yang belum tau caranya, pastikan membaca tulisan ini hingga akhir. Supaya tidak ada salah penafsiran dan pemahaman.

Tapi sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, yuk kita cari tau dulu beberapa hal tentang tanaman tersebut.

Tentang Lidah Buaya

Seperti yang telah kita lihat disekitar, tanaman lidah buaya merupakan tanaman dengan daun tebal dan zat seperti gel di dalamnya. 

Tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah, bahkan banyak orang yang mencoba membudidayakannya.

Gel lidah buaya ini memiliki beragam manfaat terutama untuk kesehatan. Salah satunya, untuk mengobati luka bakar pada kulit dengan cara dioleskan.

Cari tau juga :

Cara Tepat Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga mampu memperkuat rambut dan kulit kepala lebih sehat. Oleh karena itu, cara menggunakan lidah buaya untuk rambut harus dilakukan dengan tepat dan benar.

Kandungan Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut 

Meski tidak ada bukti klinis, pada kenyataannya lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut dan kulit kepala.

Karena berdasarkan sumber, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa lidah buaya dapat bermanfaat untuk rambut ataupun kulit kepala dengan adanya temuan berikut :

  • Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi pada kulit kepala
  • Tanaman ini memiliki efek pelembab
  • Terdapat kandungan vitamin terutama vitamin C, B12 dan E. Serta asam folat dan kolin yang berfungsi sebagai sumber nutrisi rambut
  • Adanya kandungan asam lemak serta enzim pada lidah buaya yang bisa mengurangi peradangan 

Cari tau juga :

Buah – Buahan yang Mengandung Protein Tinggi
Top 11 Buah yang Mengandung Asam Folat

Bagian lidah buaya terbaik untuk rambut adalah gel mentahnya.

kandungan lidah buaya untuk kesehatan rambut
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Oleh sebab itu, cara menggunakan lidah buaya untuk rambut akan memanfaatkan daging dari daun lidah buaya ini. Bukan kulit daunnya, akarnya apalagi durinya. Hehehe…

Kamu bisa membeli gel ini di hampir seluruh apotek, ataupun mengambilnya langsung dengan dipotong dari tanaman.

Bentuk gel lidah buaya yaitu berwarna putih dan sedikit encer. Kamu bisa langsung mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan sampai menembus folikel rambut.

Diamkan selama satu jam biar lidah buaya dapat memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Setelah itu, bilas gel tersebut dengan sampo.

Lebih jauh lagi kamu bisa simak uraian di bawah untuk mengetahui beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk rambut yang sesuai dengan manfaat dan tujuannya.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Sesuai Kebutuhan

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Kondisioner Rambut

Perhatikan cara menggunakan lidah buaya untuk rambut sebagai kondisioner berikut untuk hasil yang optimal.

cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah rambut
Ilustrasi foto dari pexels.com
  1. Tuang separuh kondisioner favorit kamu ke dalam wadah kosong

Nah, kali ini, kita akan membuat kondisioner lidah buaya dengan dicampur produk kondisioner favoritmu. Terlebih dulu, cari botol plastik atau toples kaca yang bisa ditutup sebagai wadah kondisioner nantinya.

Teknik ini akan menghemat produk kondisioner kamu dua kali lebih lama. Sembari menunggu kondisioner aloe vera habis, simpan sisa kondisioner tadi ke tempat yang aman.

  1. Masukkan gel lidah buaya ke dalam botol yang sudah diisi separuh kondisioner, gunakan corong biar lebih mudah.

Selain corong, mungkin kamu juga bisa menggunakan sendok untuk memasukkan gel aloe vera ke dalam botol. Secara umum, pastikan perbandingan antara aloe vera dengan produk kondisioner adalah 1:1.

Nah, untuk gel lidah buaya ini bisa kamu peroleh melalui toko kesehatan di sekitar rumah. Namun, jika kamu memiliki tanamannya, bisa buat gel lidah buaya sendiri.

  1. Kocok botol kondisioner biar gel aloe vera dengan produk kondisioner tercampur rata

Jika sudah masuk semua, pasang kembali tutup botol dan kocok beberapa kali sampai merata. Untuk mengeceknya, bisa tuang sedikit di telapak tangan.

Apabila sebagian besar komposisinya masih ada gel lidah buaya, sebaiknya kocok lagi. Lakukan hal serupa ketika hendak menggunakannya langsung.

  1. Gunakan campuran kondisioner setelah keramas selama 2 menit

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut sebagai kondisioner secara tepat? Setelah selesa keramas, usapkan campuran kondisioner tersebut ke rambut dan tunggu selama 2 menit sebelum dibilas.

Tentu saja, hasilnya tidak bisa langsung langsung dilihat. Mungkin, akan terasa ketika sudah menggunakannya selama 1 sampai 2 minggu.

Namun, seharusnya khasiat dari gel lidah buaya ini bisa terlihat tidak terlalu lama.

Manfaat gel lidah buaya yaitu membantu mengatasi kulit kering, ketombe, dan memulihkan rambut rusak akibat bahan kimia maupun paparan sinar matahari.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Tetap Lembab dan Lembut

  1. Tuang 1-2 sendok makan atau sekitar 15-30 ml gel lidah buaya ke dalam sebuah mangkuk
  2. Campurkan lidah buaya tersebut dengan 1 sendok makan atau 15 ml minyak kelapa murni
  3. Gunakan jari tangan untuk mengaplikasikan masker rambut tersebut mulai dari tengah-tengah sampai batang rambut

Jika rambut kamu panjang, sebaiknya gunakan bahan dasarnya 2 kali lebih banyak biar cukup. Untuk jaga-jaga, gunakan kaos lama yang jarang dipakai biar tidak kotor selama maskeran rambut.

  1. Balut rambut dengan handuk lembab dan hangat atau bisa juga topi mandi

Tujuannya untuk melindungi pakaian atau furniture rumah dari cairan masker. Selain itu, handuk hangat membantu memberikan kelembaban pada rambut dan mempertahankan kelembaban masker.

Justru, ketika rambut tidak ditutup hanya akan menyebabkan masker memadat dan khasiatnya berkurang.

  1. Sambil menunggu masker aloe vera meresap ke dalam rambut dan kulit kepala, biarkan selama 40-45 menit.
  2. Jika waktu sudah habis, segera keramas dan bersihkan seluruh masker yang tersisa di rambut.

Tidak perlu gunakan kondisioner setelah membilas masker dengan keramas. Lakukan satu kali seminggu biar rambut tetap lembab dan lembut.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ada lagi manfaat lidah buaya yaitu merangsang atau mempercepat pertumbuhan rambut. Lebih jelasnya, berikut cara menggunakan lidah buaya untuk rambut supaya lebih cepat tumbuh.

  1. Usapkan gel lidah buaya langsung pada kulit kepala kamu

Terlebih dulu, tuang 2-3 sendok teh atau sekitar 30-45 ml gel lidah buaya ke ujung jarimu. Lalu, usapkan gel ini keseluruh bagian kulit kepala, dari depan sampai belakang.

Perlu diperhatikan, kamu boleh menggunakan gel lidah buaya ini dengan membelinya di apotik atau memanennya langsung dari kebun sendiri.

  1. Biarkan gel lidah buaya meresap ke kulit kepala selama 1 jam

Tunggu selama 1 jam hingga gel lidah buaya meresap ke kulit kepala. Tidak perlu menutupnya dengan handuk atau topi mandi.

Sembari menunggu, kamu bisa lanjutkan aktivitas yang lain. Meskipun bersifat tidak merusak, sebisa mungkin jangan berbaring ketika sedang perawatan gel aloe vera.

Kalaupun ingin berbaring, balutkan dulu kepalamu dengan handuk. Tujuannya, biar gel tetap menempel di kulit kepala.

  1. Bersihkan gel lidah buaya dengan shampo, lalu ikuti dengan kondisioner seperti biasanya.

Nah, setelah satu jam perawatan dengan gel lidah buaya, keramaslah. Jika sudah, gunakan kondisioner seperti biasa.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan kondisioner lidah buaya. Hindari pemakaian hair dryer, jika kamu hendak merangsang pertumbuhan rambut baru, karena panas yang dihasilkan justru menyebabkan folikel rambut rusak.

  1. Ulangi langkah perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang terbaik

Bagi kamu yang ingin merangsang pertumbuhan rambut baru, sebaiknya ulangi langkah ini beberapa kali seminggu, 2-3 kali. Jika perlu, lakukan perawatan ini rutin sebelum tidur, malam hari.

Kombinasikan pula perawatan kulit kepala menggunakan masker rambut sebanyak satu kali seminggu. Tujuannya biar rambut yang diperoleh lebih halus dan berkilau.

Cari tau juga :

Cara Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya, Itungan Hari !

Manfaat Lidah Buaya bagi Rambut

Setelah mengetahui berbagai macam cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang bisa kamu dapat dari penggunaan lidah buaya.

manfaat lidah buaya untuk rambut
Ilustrasi foto dari pexels.com

1. Mengatasi Kulit Kepala yang Gatal

Kulit kepala yang gatal memberikan ketidaknyamanan tersendiri bagi seseorang. Salah satunya disebabkan oleh dermatitis seboroik atau yang kerap disebut dengan ketombe.

Gejala dari kulit kepala yang gatal dan mengelupas dapat diatasi dengan lidah buaya. Berdasarkan studi tahun 1998, lidah buaya mampu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

Cari tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur
Manfaat Sayur Daun Kelor

Kandungan asam lemak  dalam lidah buaya inilah yang berperan dalam mengatasi peradangan kulit kepala karena sifat anti-inflamasinya.

2. Mengatasi Rambut Berminyak

Tidak hanya rambut gatal, rambut yang berminyak pun juga membuat seseorang menjadi tidak nyaman, bahkan tidak PD. 

Nah, dengan lidah buaya, dapat menghilangkan sebum dan residu rambut lainnya yang berlebih di batang rambut.

Dibandingkan dengan bahan kimia yang ditemukan pada produk perawatan rambut,  lidah buaya tidak menyebabkan helai rambut rusak. 

Lidah buaya akan tetap menjaga kondisi rambut kamu utuh seperti sedia kala, hanya membuatnya menjadi lebih sehat.

Penggunaan aloe vera untuk rambut memang ide yang bagus untuk mendapatkan kualitas rambut yang lebih sehat, berkilau, dan pastinya lembut.

3. Memperkuat dan Memperbaiki Helai Rambut

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut semakin ingin diketahui banyak orang karena kemampuannya yang dapat memperkuat dan memperbaiki helai rambut. 

Aloe vera mengandung beberapa nutrisi penting, seperti vitamin A, C, dan E yang berkontribusi langsung pada pergantian sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, serta membuat rambut lebih berkilau.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan asam folat yang mampu mencegah rambut rontok. 

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut tersebut, bisa banget coba cara ini.

Meski demikian, belum ditemukan penelitian yang mendukung dan meyakinkan bahwa lidah buaya mampu mencegah kerontokan rambut. 

Namun, bagi kamu yang rambutnya sering terpapar sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan gel lidah buaya.

Ya, lidah buaya mengandung kolagen dan memiliki sifat pendinginan yang tinggi. 

Ditambah kandungan vitamin yang mampu memperbaiki kerusakan inilah, membuat aloe vera cocok untuk atasi kerusakan rambut akibat terpapar sinar matahari.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Setelah kulit kepala bebas ketombe dan rambut terkondisikan, mungkin kamu akan merasa bahwa kerusakan dan kerontokan rambut perlahan membaik.

Nah, ada lagi manfaat lidah buaya yaitu meningkatkan pertumbuhan rambut lebih cepat. Namun, untuk klaim ini belum disertai bukti klinis yang mampu mendukung ataupun menyangkalnya.

Resiko dan Peringatan Penggunaan Lidah Buaya untuk Rambut

Setelah mengetahui cara menggunakan lidah buaya untuk rambut di atas, kamu mungkin benar-benar percaya dan tidak meragukannya. 

Terutama, bagi kamu yang berhasil merasakan manfaatnya secara langsung.

Terlepas dari hal itu, apakah aloe vera ini tidak ada resiko dan peringatannya? Biasanya, sedikit kekhawatiran penggunaan lidah buaya terjadi pada sebagian orang yang alergi terhadap gel lidah buaya.

Jadi, sebelum menerapkan cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, sebaiknya lakukan tempel terlebih dulu. 

Caranya, gosokkan sedikit lidah buaya pada bagian dalam pergelangan tangan dan tunggu hingga 2 jam.

Selama itu, lihatlah apakah kulit bereaksi buruk atau tidak. Hal ini penting untuk mengetahui sensitivitas lidah buaya terhadap kulit kepala kamu.

Berhati-hatilah terhadap lidah buaya topikal. Sebab, jika kamu menggunakan krim hidrokortison, lidah buaya justru meningkatkan jumlah kortison yang diserap oleh kulit.

Kesimpulan

Diperlukan bukti klinis lebih lanjut untuk membuktikan bahwa gel lidah buaya benar-benar bermanfaat bagi rambut. 

Sementara, masih ada beberapa penelitian yang masih berlangsung.

Namun, jika kamu ingin rambut terlihat lebih bagus, tidak ada salahnya untuk gunakan gel lidah buaya sebagai perawatan rumahan. 

Meskipun tidak pasti berhasil, namun resikonya kecil bahkan tidak ada sama sekali.

Semoga cara menggunakan lidah buaya untuk rambut ini bisa membawa manfaat buat kamu yang sedang mengalami masalah pada rambut.

Dan mudah – mudahan juga artikel ini bisa membuka wawasan kita tentang penggunaan lidah buaya untuk rambut.

Salam sehat bareng !