Gejala Penyakit / Obat Alami · 24/03/2021 0

Cara Mengatasi Mata Gatal, Jangan Dikucek !

Siapa diantara kamu yang tidak pernah mengalami rasa gatal pada mata? Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami mata gatal, sayangnya banyak yang menyepelekan masalah mata yang satu ini.

Kebanyakan orang yang mengalami mata gatal hanya menganggap hal tersebut bukan suatu masalah yang besar, dan hanya akan menggosoknya saja untuk menghilangkan rasa gatal yang ada.

cara mengatasi mata gatal
Mengucek Mata (Ilustrasi foto dari pexels.com)

Padahal, menggosok mata bukanlah cara yang benar untuk mengatasinya. Menggosok mata justru hanya akan memperparah keadaan.

Alangkah lebih baik, penting bagi kamu mengetahui dulu penyebab, dan gejala kenapa matamu gatal. Agar dapat mengatasi mata gatal dengan tepat dan tidak memperburuk kondisi mata.

Penyebab Mata Gatal

Mata gatal, atau dalam istilah medisnya “ocular pruitus” (dibaca: proo-RIE-tus) bisa disebabkan oleh berbagai jenis faktor. Faktor pemicunya bisa dari dalam, maupun dari luar.  Beberapa faktor penyebab mata gatal diantaranya:

1.    Alergi

Gejala yang umumnya muncul saat mata gatal karena alergi biasanya yaitu mata terasa terbakar, sensitif terhadap cahaya, bengkak dan sakit. Alergi akan muncul saat mata terkena alergen.

Untuk memastikan kamu alergi atau tidak, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter.

Namun, mata gatal bukan hanya disebabkan oleh alergi saja. Kalau mata kamu terasa panas, bisa jadi disebabkan karena mata kering, bukan karena alergi.

Jika matamu merah dan meradang, mungkin hal ini disebabkan bakteri atau juga tungau mikroskopis yang hidup di kelopak mata.

2.    Infeksi

Mata merupakan bagian yang sangat rentan terhadap infeksi. Infeksi bisa dikarenakan virus, bakteri, dan jamur yang dapat menyebabkan mata gatal.

Salah satu infeksi yang banyak dialami adalah konjungtivitas, atau sering disebut dengan mata merah.

Ciri-ciri konjungtivitas yakni bola mata yang memerah, panas, gatal, dan berair yang dikarenakan infeksi. Masalah yang satu ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderitanya atau kontak dengan benda yang disentuh oleh penderita.

Infeksi mata lain yang mungkin terjadi juga yaitu uveitis, suatu radang pada bagian iris mata.

Uveitis menyebabkan mata lebih sensitif terhadap cahaya, dan juga mata terasa sakit. Jika tidak ditangani dengan tepat, uveitis dapat menyebabkan glaukoma, katarak, bahkan kebutaan.

Jika kamu mengalami gejala dari kedua jenis infeksi ini, lebih baik segaralah konsultasikan kepada dokter.

3.  Mata kering

Jika gejala yang kamu alami seperti mata terasa gatal, merah, berair, dan perih, bisa saja kondisi ini diakibatkan oleh mata kering. Mata kering disebabkan karena produksi air mata yang dihasilkan mata tidak tidak cukup.

Komponen yang membentuk air mata terdiri dari air, minyak, dan lendir. Komponen inilah yang menjaga mata agar tetap lembap dan juga segar.

Produksi air mata ini akan berkurang seiring bertambahnya usia. Tetapi bukan hanya itu saja yang dapat menyebabkan berkurangnya produksi air mata.

Diabetes, rheumatoid arthritis, atau konsumsi obat yang memiliki efek samping mata kering juga bisa menjadi penyebabnya.

Beberapa obat yang berefek samping membuat mata kering misalnya antidepresan, obat yang menurunkan tekanan darah, pil KB, dan juga dekongestan.

Cuaca yang panas bisa membuat air mata lebih cepat menguap, dan dapat membuat mata kering serta gatal.

4.  Alergi Tahunan

Terdapat dua jenis alergi yang dapat menyebabkan mata kamu gatal, yakni alergi musiman dan alergi tahunan. Alergi musiman bisa dikarenakan serbuk sari, yang terjadi pada musim-musim tertentu.

Sedangkan alergi tahunan bisa disebabkan karena debu, ataupun bulu binatang. Alergen tersebut menyebabkan pelepasan senyawa histamin di sekitar mata, yang membuat mata terasa gatal, kemerahan dan bengkak.

Salah satu cara untuk menghindari mata gatal karena alergi adalah dengan menghindari kontak dengan alergen.

Jika kamu mengalami alergi, coba lakukan beberapa cara untuk menghindarinya seperti dengan menutup jendela dan mobil saat berkendara, mandi dan mencuci pakaian lebih sering agar terhindar dari serbuk sari, dan menggunakan masker serbuk sari saat harus berada diluar.

5.  Mata lelah

Tidak bisa dipungkiri, kegiatan sehari-hari kini selalu melibatkan gadget, mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi. Sepertinya semua kegiatan tak bisa lepas dari gadget. Setelah seharian menatap layar pada smartphone, laptop, atau buku, mungkin sesekali matamu terasa gatal, panas, sakit kepala, nyeri di sekitar mata, hingga penglihatan kabur. Dalam dunia medis, kondisi ini dinamakan astenopia, atau yang lebih kita kenal sebagai mata lelah.

Mata lelah disebabkan karena mata yang bekerja terus-meneurs dalam waktu yang lama.

Kebanyakan, masalah mata yang satu ini tidak bersifat serius, dan akan membaik dengan sendirinya. Tetapi, astenopia bisa menjadi indikasi adanya masalah lain, seperti astigmatisma (mata silinder), dan hipermetropi (rabun dekat).

6.  Penggunaan Lensa yang Terlalu Lama

Bagi kamu para pengguna lensa kontak, penggunaan lensa yang terlalu lama dan jarang diganti juga bisa menjadi penyebabnya.

Cukup repot memang jika harus mencopot dan mengganti lensa sesering mungkin. Padahal kebiasaan buruk ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Lensa kontak yang dipakai terlalu lama bisa menjadi tempat mikroorganisme (seperti bakteri, virus, dan jamur hidup dan berkembang biak. Hal ini terjadi karena kornea tertutup oleh lensa kontak, dan mengakibatkan kornea kekurangan oksigen.

Cari tau juga:

Cara Menyembuhkan Mata Bengkak

Jika mikroorganisme sudah hidup dan berkembang biak di kornea, mikroorganisme menjadikan kornea sebagai asupan makanannya, yang lama kelamaan akan merusak kornea.

Cara Mengatasi Mata Gatal dengan Tepat

Mata gatal terkadang bisa diatasi dengan air mata buatan atau obat tetes mata yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. Tetapi, pada kasus tertentu pengobatan mata gatal perlu meminta resep obat tetes, produk pembersih kelopak mata khusus, maupun obat oral seperti antibiotik dan anti-inflamasi untuk meredakannya.

Jika mata gatal tergolong ringan, kamu bisa mencoba mengompres menggunakan lap bersih yang dibasahi dengan sedikit air dingin lalu menempelkannya pada mata dalam kondisi tertutup.

Cara ini akan membantu meringankan mata yang gatal. Jika matamu kemasukan sesuatu, cobalah untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air bersih.

Kalau matamu gatal karena kering, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan membuat udara di sekitarmu lembap. Gunakan humidifier atau meletakkan wadah berisi air disekitar ruangan.

Tetapi, jika kondisi mata tidak juga kunjung membaik dalam waktu yang cukup lama, segeralah berkonsultasi dengan dokter kamu agar mendapat penanganan yang tepat. Dan yang paling penting, menggosok mata bukanlah cara yang benar untuk mengatasi mata gatal.

Menggosok mata hanya akan menyebabkan pelepasan histamin yang lebih banyak dan justru membuat mata gatal lebih parah. Menggosok mata terlalu kuat juga dapat menyebabkan abrasi kornea, atau memasukan kotoran atau bakteri yang ada pada mata lebih dalam. Sehingga bisa menyebabkan infeksi mata.

Cara Mencegah Mata Gatal

Setelah kamu mengenal apa saja penyebab mata gatal, kamu bisa menghindarinya dengan memperhatikan beberapa hal.

Jika gatal disebabkan oleh alergi, ketahui lebih dahulu apa pemicu alerginya, dan hindarilah pemicu alergi tersebut.

Selalu usahakan untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat mata iritasi, seperti: udara kering, serbuk sari, debu, angin, asap rokok, bahan kimia, atau menatap layar yang terlalu lama. Berkediplah sesering mungkin untuk melumasi mata kamu.

Gunakan produk hipoalergenik pada area sekitar mata dan gunakan pelindung mata untuk menghindari masuknya benda asing ke matamu.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan asam lemak omega-3 akan sangat membantu menjaga kesehatan mata.

Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Mata

Selain mencegah dari luar, kita juga dapat mencegahnya dari dalam, dengan meningkatkan asupan nutrisi yang kita makan. Makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti tembaga, seng, Vitamin C, Vitamin E, beta karoten, dan asam lemak omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

Berikut beberapa makanan yang memiliki sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan mata:

1.    Ikan

Ikan tentunya kaya akan protein, selain protein, ikan juga kaya akan kandungan lemak omega-3 yang mampu membantu meningkatkan kesehatan mata. Beberapa jenis ikan yang memiliki omega-3 tinggi diantaranya: tuna, salmon, sarden, kembung, sarden, dan ikan teri.

Minyak ikan yang dikonsumsi dapat menyembuhkan mata gatal dan kering.

Bagi kamu yang menghabiskan harinya didepan layar gadget, sepertinya ikan adalah makanan yang tdak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan matamu.

2.    Biji-bijian

Selain ikan, biji-bijian juga kaya akan omega-3. Harga yang murah, dan mudah didapat, bisa jadi opsi lain untuk mendapatkan kandungan omega-3. Beberapa biji-bijian yang mengandung banyak omega-3 diantaranya chia sheeds, flax seeds, dan hemp seeds.

3.    Buah jeruk

Buah jeruk memang populer sebagai buah yang banyak mengandung Vitamin C. Vitamin C berperan mencegah kerusakan mata. Buah ini juga termasuk jenis buah yang dapat ditemui sepanjang tahun. Sangat mudah bagi kamu untuk mendapatkannya.

4.    Sayuran hijau

Siapa yang tidak suka sayur? tidak semua orang memang dapat menyukai sayur. Padahal, sayur memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5.    Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan kandungan karotenoid, suatu zat yang membuat ubi berwarna kuning ke oranye an. Karotenoid merupakan suatu antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Beta karoten yang dimiliki ubi akan diubah menjadi Vitamin A. Jumlah Vitamin A yang dikandung ubi jalar sekitar 1.403 mcg, yang memenuhi jumlah rekomendasi yang dibutuhkan sebanyak 156 persen.

6.    Wortel

Memakan wortel agar mata indah sepertinya memang bukan hanya rayuan semata seorang ibu kepada anak agar mau makan. Wortel memang kaya akan vitamin A dan beta karoten yang tentunya baik untuk kesehatan mata kamu.

7.    Daging

Kandungan seng yang dikandung seng sangat baik untuk kesehatan mata. Daging sapi memiliki kandungan seng lebih dibandingkan dengan daging ayam.

8.    Telur

Telur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mata seperti Vitamin C, Vitamin E, Lutein, dan Zeaxanthin. Namun, kamu juga harus memperhitungkan berapa banyak telur yang bisa kamu makan dalam sepekan, karena mengkonsumsi telur yang berlebih juga tidak baik, seperti dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

9.    Air

Sepertinya memang air adalah kunci bagi kesehatan tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Air sangat bermanfaat untuk menghidrasi mata, agar mata tidak kering. Minumlah air yang cukup, minimal 2 liter sehari.