Kecantikan / Obat Alami · 21/07/2021 0

Cara Menebalkan Alis dengan Bawang Merah, Tebal Alami !

Cara menebalkan alis dengan bawang merah menjadi populer karena adanya testimoni dari salah satu selebgram luar negeri yang merekomendasikan treatment ini untuk menumbuhkan bulu alis.

Menebalkan alis dengan kata lain bisa kita artikan sebagai sebuah usaha untuk dapat mempercepat pertumbuhan bulu alis. Dan yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan serum penumbuh rambut.

cara menebalkan alis dengan bawang merah
Sumber: pexels.com

Bawang merah sebagai bumbu dapur ternyata dapat menjadi alternatif, dan ini adalah kabar baik untuk kamu yang yang ingin menebalkan alis tapi memiliki biaya yang minim.

Ya, karena harga serum penumbuh rambut cukup menguras kantong.

Sedangkan, treatment bawang merah hanya membutuhkan bawang merah yang bisa kamu dapat di dapur. Dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Alis bagi kebanyakan kaum wanita memang memiliki peranan penting untuk tampil cantik dan sempurna.

Mau bukti ? buktinya banyak yang memiliki alis tipis dan menebalkannya dengan pensil alis.

Jadi tidak heran jika banyak usaha dilakukan untuk memperindah dan mempercantik alis, termasuk ingin menebalkannya secara permanen. Dan satu – satunya cara adalah dengan menumbuhkan bulu alis.

Memiliki alis yang tebal mungkin akan bisa menambah rasa percaya diri. Ya, karena tidak bisa kamu pungkiri, untuk tampil cantik semua komponen harus terlihat sempurna termasuk alis.

Oleh karena itu, yuk kita simak caranya.

2 Cara Menebalkan Alis dengan Bawang Merah

Treatment menumbuhkan alis mata menggunakan bawang merah memang terbilang mudah. Kamu hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk menuntaskan treatment ini.

Selain itu, kamu bisa melakukan treatment ini dengan 2 cara. Pertama, dengan menggosokan langsung irisan bawang merah dan cara lain dengan mengaplikasikan jus bawang merah.

Untuk lebih detailnya yuk simak kedua caranya. Kamu bisa pilih mana yang sekiranya mudah untuk kamu lakukan.

Cara Menebalkan Alis dengan Bawang Merah yang Diiris

Pertama, kamu bisa menggunakan irisannya yang kamu gosokan pada alis mata. Ini termasuk cara yang mudah untuk mengaplikasikan treatment ini pada alis, dan mendapatkan kandungannya.

Berikut langkah detailnya.

Langkah #1 Siapkan 1 Siung Bawang Merah

Ambil 1 siung saja bawang merah dengan ukuran sedang. Buang kulit luarnya dan bonggol akarnya, kemudian cuci terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih bawang yang bagus, tidak cacat dan tidak busuk.

Langkah #2 Iris Bawang Merah Menjadi 2 Bagian

Selanjutnya, ambil pisau dan iris bawang menjadi 2 bagian saja, sama rata. Atau jika bawang yang kamu pilih cukup besar, kamu bisa membaginya ke dalam 3 bagian.

Langkah #3 Gosokan Irisan Bawang Pada Alis Mata

Sebelumnya, pastikan bagian alis mata kamu bersih ya. Ambil bawang yang sudah kamu iris, gosokan bagian dalamnya pada alis mata secara perlahan. Ingat, perlahan saja ya. Jika kamu takut mata kamu perih, maka bisa sambil pejamkan matanya.

Gosok dengan gerakan 1 arah, kurang lebih selama beberapa detik saja. Atau sampai kamu rasa kandungan dari bawang sudah meresap ke dalam alis.

Lakukan langkah ini untuk alis mata kiri dan kanan. Kemudian biarkan selama 5 menit sampai cairan dari irisan bawang benar – benar meresap.

Pada langkah ini kamu perlu ekstra hati – hati, jangan sampai cairan dari irisan bawang merah itu masuk ke mata, atau ada kontak langsung dengan mata.

Dan tahap ini adalah tahap yang paling riskan dari cara menebalkan alis dengan bawang merah.

Langkah #4 Bersihkan Alis Mata

Jika kamu rasa sudah mulai kering, selanjutnya jangan lupa untuk dibersihkan. Kamu bisa menggunakan lap basah dengan air hangat terlebih dahulu. Baru kemudian membersihkan seluruh bagian alis dan wajah.

Cara Menebalkan Alis dengan Jus Bawang Merah

Cara yang kedua ini mungkin sedikit lebih ribet dari yang pertama. Karena kamu perlu membuat jus bawang merah, atau paling tidak harus menghancurkannya terlebih dahulu.

Tapi dari sisi resiko, cara ini dapat meminimalisir efek samping dari penggunaan bawang merah yang kamu gosok dengan langsung ke kulit.

Langkah #1 Pilih 1 atau 2 Siung Bawang Merah

Silahkan kamu pilih dulu bawang merah yang bagus, dengan ukuran sedang. Ingat ya, tidak cacat ataupun busuk.

Kemudian bersihkan kulit luar dan buang bagian akarnya. Lalu cuci dengan bersih.

Langkah #2 Hancurkan atau Buat Jus Bawang Merah

Kamu bisa membuat jus dari bawang merah dengan menghancurkannya menggunakan blender. Atau jika tidak blender, kamu bisa membukanya sampai bawang merahnya benar – benar hancur dan lembut.

Langkah #3 Oleskan Cairan Bawang Merah pada Alis Mata

Sebelum masuk ke langkah ini, tolong pastikan 2 hal. Pertama, bagian alis kamu sudah kamu bersihkan terlebih dahulu. Kedua, cuci juga tangan kamu, terutama jari telunjuk dan ibu jari. Karena kita akan menggunakan kedua jari ini untuk memijat alis.

Tempelkan jari telunjuk dan ibu jari ke bawang merah yang sudah kamu hancurkan, sampai cairannya menempel. Tipis saja ya, jangan terlalu banyak.

Kemudian oleskan pada alis mata sambil perlahan memijitnya. Lakukan kurang lebih selama 5 menit, sampai cairan bawang benar – benar meresap.

Ulangi langkah ini untuk bagian alis yang lain. Dan tetap hati – hati, jangan sampai cairannya masuk ke mata.

Langkah #4 Bersihkan Seluruh Bagian Alis Mata

Setelah cairan bawang yang menempel pada alis benar – benar kering, selanjutkan silahkan kamu bersihkan dengan lap basah, kemudian cuci seluruhnya seperti pada cara pertama.

Hal yang penting untuk kamu perhatikan dari kedua cara ini adalah pemilihan bawang yang bagus. Dan yang paling penting kamu harus sangat hati – hati melakukannya. Jangan sampai cairan atau irisan bawang ada kontak langsung dengan mata dan masuk ke mata.

Akan lebih baik jika kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, sebelum memutuskan untuk melakukan treatment ini.

Apakah Cara Menebalkan Alis dengan Bawang Merah Efektif ?

Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah jika bawang merah benar – benar efektif dapat menumbuhkan bulu alis. Berdasarkan sumber, yang ada hanyalah testimoni dan bukti yang sifatnya masih anekdot.

irisan bawang merah
Sumber: pixabay.com

Artinya bisa ya, bisa juga tidak. Oleh karena itu, hasilnya akan berbeda – beda untuk setiap orang.

Bawang merah memang mengandung sulfur yang dapat merangsang pertumbuhan rambut atau bulu. Akan tetapi, penggunaannya pada alis mata belum tentu dapat memasukan zat sulfur tersebut.

Kondisi ini berlaku bagi 2 cara yang sudah kita bahas sebelumnya, yaitu dengan mengosok irisan bawang merah, atau mengoleskan jusnya pada alis mata. Kedua usaha ini belum tentu dapat membantu zat sulfur menyerap ke dalam kulit untuk merangsang pertumbuhan alis mata.

Lebih jauh lagi, penggunaan bawang merah untuk menumbuhkan alis mata tidak akan membawa efek yang instan. Kamu perlu bersabar, karena pada hakikatnya bawang merah hanya digunakan sebagai rangsangan dari pertumbuhan bulu.

Dan mungkin proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang kamu bayangkan.

Terlebih, kontak bawang merah yang langsung bersentuhan dengan kulit dapat berpotensi menimbulkan efek samping dan resiko tertentu.

Efek Samping dari Cara Menebalkan Alis dengan Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang membawa banyak manfaat jika kamu konsumsi. Tapi penggunaannya yang langsung bersentuhan dengan kulit berpotensi membawa resiko.

Terlebih saat kamu implementasikan pada alis mata, dan tentunya sangat berdekatan sekali dengan mata. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah lain, karena adanya zat yang terkandung dalam bawang merah.

Dan berikut beberapa resiko dan efek samping yang mungkin saja timbul akibat menggunakan bawang merah pada alis mata.

  • Peradangan pada Kulit

Bawang merah mengandung enzim yang berpotensi menimbulkan peradangan jika kamu aplikasikan langsung pada kulit. Menggosoknya terlalu lama atau terlalu keras akan membuat kulit alis mata kamu menjadi merah.

Tidak hanya sampai disitu, jika kamu terlalu sering melakukannya, bukan tidak mungkin kulit alis mata menjadi lecet dan perih.

Dan alih – alih ingin menebalkan alis, kulit alis mata kamu bisa terluka dan yang lebih parah lagi, bekas luka pada alis mata akan terlihat jelas dan merusak jaringan bulu, sehingga bulu alis kamu tidak akan bisa tumbuh lagi.

  • Efek Perih pada Mata

Jika kamu hobi masak dan sering mengiris bawang merah, maka hal ini tidak asing lagi buat kamu. Bawang merah mengandung enzim yang dapat membuat mata menjadi perih bahkan seperti efek terbakar.

Dan perlu kamu ketahui, enzim tersebut bisa merambat melalui udara. oleh karena itu, walaupun bawang merah tidak ada kontak langsung dengan mata, efeknya akan tetap terasa.

Saat kamu mengiris bawang mungkin masih ada jarak antara irisan bawang merah dan mata. Adanya jarak tersebut tetap dapat membuat mata kamu perih atau seperti kepedasan.

Nah sekarang coba bayangkan, kamu menggosokannya pada alis, yang jaraknya hanya beberapa cm saja dari mata. Hmmm… ga kebayang deh ! hehe… 

  • Muncul Reaksi Alergi

Resiko lain yang mungkin saja timbul adalah reaksi alergi. Namun tentunya, kondisi ini bisa berbeda untuk setiap orang.

Jika  kamu termasuk orang yang memiliki alergi terhadap bawang merah, maka jangan gunakan treatment ini. Dan cari cara lain yang lebih aman untuk menumbuhkan alis.

Cara Alternatif Menumbuhkan Alis Selain dengan Bawang Merah

Jika kamu ragu untuk mengimplementasikan cara menebalkan alis dengan bawang merah karena beberapa resiko yang sudah kita bahas, tidak perlu khawatir. Karena masih banyak alternatif lain yang bisa kamu tempuh untuk menumbuhkan bulu alis secara alami.

Beberapa bahan alami alternatif ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

  • Minyak Kelapa

Sudah lama minyak kelapa populer sebagai bahan alami yang dapat menjaga kesehatan rambut. Walaupun belum banyak bukti ilmiah terkait dengan hal ini, akan tetapi kebanyak orang sudah mengenal minyak kelapa sebagai solusi untuk berbagai masalah rambut.

Berdasarkan sumber, ternyata minyak kelapa memiliki banyak kandungan vitamin dan protein, misalnya seperti zat besi dan vitamin E. Kandungan ini dapat merangsang pertumbuhan bulu alis dan membuatnya menjadi tebal.

Selain lebih aman daripada bawang merah, penggunaanya juga mudah. Kamu hanya perlu tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam sendok, kemudian hangatkan. Setelah itu, ambil dengan menggunakan kapas dan kemudian oleskan pada alis mata. Biarkan minyak kelapa tersebut selama 1 malam, kemudian bersihkan setelah kamu bangun tidur.

Kamu bisa menerapkan cara ini setiap hari atau beberapa kali saja dalam seminggu tanpa rasa khawatir.

  • Kuning Telur

Telur merupakan bahan alami yang memiliki protein yang sangat tinggi. Sedangkan kuning telur mengandung banyak biotin yang dapat mempercepat pertumbuhan alis. Perlu kamu ketahui, bahwa bulu alis terbentuk karena protein keratin.

Penggunaan kuning telur sebanyak 2 kali saja dalam seminggu dapat membuat bulu alis tumbuh lebih cepat.

Caranya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu memisahkan kuning telur, kemudian mengocoknya sampai teksturnya hancur dan halus. Setelah itu oleskan pada alis dengan bantuan kuas. Dan biarkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Penting untuk kamu ketahui, bahwa resiko dari penggunaan kuning telur ini lebih kecil daripada cara menebalkan alis dengan bawang merah yang memiliki banyak resiko untuk kulit.

  • Susu Murni

Ya, betul susu. Secara umum susu memang dapat membawa banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Tapi tak berhenti sampai disitu, kebaikan dari susu ternyata banyak juga digunakan pada produk perawatan kulit.

Adanya protein kasein dan whey, membuat susu dapat merangsang pertumbuhan rambut, tak terkecuali bulu alis.

Caranya, kamu bisa basahi bola kapas dengan susu, kemudian pijatkan dengan lembut pada alis mata. Biarkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian bersihkan.

Kamu bisa melakukan treatment ini setiap hari, dan tentunya lebih memiliki sedikit resiko daripada bawang merah.

  • Gel Lidah Buaya

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kemampuan lidah buaya yang dapat menyulap rambut menjadi lebih tebal dan berkilau. Dan asal kamu,ternyata hal ini juga berlaku untuk alis loh.

Gel lidah buaya memiliki senyawa aloenin yang katanya susunan kimianya mirip dengan keratin. Oleh karena itu, tanaman berdaun tebal ini mampu meremajakan rambut dan membuatnya lebih sehat.

Tanaman ini berpotensi menumbuhkan alis dan membuatnya tebal secara permanen.

Caranya, cukup oleskan gel lidah buaya pada alis dan berikan pijatan lembut sampai gelnya terserap oleh kulit. Setelah itu diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan.

Tapi penting untuk kamu ingat, bahwa lidah buaya dapat menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit. Jadi sebelum menggunakannya, pastikan kamu mencobanya dulu di area kulit lain, misalnya pada tangan. Jika memang tidak muncul tanda – tanda alergi, berarti gel lidah buaya aman untuk kamu gunakan.

Sebenarnya ada banyak bahan alami lain yang dapat mempercepat pertumbuhan alis. Misalnya seperti lavender oil, castrol oil, tea tree oil, olive oil yang sama – sama memiliki efek seperti minyak kelapa.

Kamu bisa memilih salah satunya yang sekiranya cocok dan mudah untuk kamu lakukan. Dan tentunya beberapa bahan alami tersebut memiliki resiko yang lebih kecil daripada cara menebalkan alis dengan bawang merah.

Tips Tambahan untuk Menebalkan Alis

Merangsang bulu alis dengan bahan – bahan alami tentu dapat menjadi salah satu usaha untuk menebalkan alis. Akan tetapi,supaya lebih efektif, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal – hal berikut ini untuk membuat bulu alis kamu tumbuh lebih cepat.

  • Hindari menggunakan lotion atau krim pada area alis mata
  • Minum lebih banyak air putih
  • Hindari penggunaan wax rambut untuk alis
  • Hindari memakai make-up pada area alis mata
  • Lakukan pijatan secara rutin pada alis mata
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung biotin
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B dan D

Beberapa tips tambahan tersebut dapat membuat bulu alis kamu tumbuh lebih cepat. Dan pada akhirnya, alis akan terlihat lebih tebal dan sehat.

Jika ada tips lain yang kamu ketahui,silahkan tambahkan pada kolom komentar ya.

Kesimpulan

Belum ada bukti ilmiah atau penelitian yang menunjukan bahwa kandungan dalam bawang merah dapat secara efektif menumbuhkan atau mempercepat proses pertumbuhan bulu alis.

Beberapa bukti hanya berupa bukti testimoni yang kebenarannya belum tentu bisa kita validasi.

Disamping itu, adanya kontak langsung antara bawang merah dan kulit pada treatment ini dapat berpotensi menimbulkan resiko yang cukup serius. Dan resiko ini tidak sebanding dengan kemungkinan cara ini berhasil atau tidak.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk memastikan bahwa treatment ini aman buat kamu.

Jadi buat kamu yang mau melakukan treatment ini, cobalah untuk memikirkannya kembali. Atau bisa dengan memilih treatment lain yang lebih aman selain dari cara menebalkan alis dengan bawang merah.