Kecantikan / Obat Alami · 22/07/2021 0

Cara Memanjangkan Kuku dengan Jeruk Nipis, Cuma 10 Menit !

Memiliki kuku yang panjang dan juga bersih menjadi dambaan bagi sebagian wanita, mungkin termasuk kamu. Sehingga cara memanjangkan kuku dengan jeruk nipis yang dianggap efektif dan efisien cukup populer.

cara memanjangkan kuku dengan jeruk nipis
Sumber: pixabay.com

Cara memanjangkan kuku sebenarnya adalah usaha untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat. Dan banyak sekali treatment baik dengan bahan alami ataupun melalui cara lain.

Jeruk nipis populer sebagai salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat pertumbuhan kuku. Hal ini tidak lepas karena kandungan vitamin C nya yang tinggi, serta dapat membuat kuku atau kulit lebih sehat.

Menutrisi kuku dengan jeruk nipis memang termasuk cara yang efisien dan mudah untuk kamu lakukan.

Tapi, kesalahan atau kekeliruan saat menggunakan treatment ini justru akan menimbulkan masalah baru.

Kenapa ?

Karena jeruk nipis yang kamu gosokkan pada jari tangan terutama area kuku, berpotensi menimbulkan sensasi perih, bahkan iritasi. Kita akan bahas juga resikonya disini ya.

Berikut ini langkah detail, bagaimana kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk membuat kuku tumbuh cepat.

Yuk ikuti caranya… 

Langkah #1 Siapkan Jeruk Nipis

Pertama yang harus kamu lakukan tentu saja menyiapkan jeruk nipis. Pilihlah jeruk nipis berukuran besar, supaya lebih banyak mengandung air. Kemudian cuci dengan bersih.

Sebagai tambahan, siapkan juga air hangat.

Langkah #2 Iris Jeruk Nipis Menjadi Beberapa Bagian

Iris jeruk nipis yang sudah kamu bersihkan menjadi beberapa potongan. Tidak ada patokan untuk ukurannya, kamu bisa menyesuaikan saja potongannya sesuai kebutuhan.

Bisa menjadi 2, 3 atau 4 irisan.

Langkah #3 Cuci Terlebih Dahulu Kuku

Sebelum mengimplementasikan irisan jeruk nipis pada kuku, pastikan kamu sudah mencuci tangan kamu dengan bersih. Terutama pada kuku dan area kulit sekitarnya.

Langkah #4 Gosok Ujung Jari Kuku dengan Jeruk Nipis

Ambil irisan jeruk nipis,lalu kamu gosokan secara perlahan pada ujung kuku dan area sekitarnya,kurang lebih selama 5 menit. Kemudian biarkan beberapa saat.

Ada alternatif lain dari langkah ke-4 ini.Kamu bisa memeras air jeruk nipis terlebih dahulu kemudian mengoleskannya ke kuku dan biarkan selama 10 menit.

Langkah #5 Bersihkan dengan Air Hangat

Setelah langkah ke-4 selesai untuk semua kuku jari kamu, selanjutnya cuci tangan lagi menggunakan air hangat yang sudah kamu siapkan. Dan jangan lupa untuk mengeringkannya.

Cari tau juga :

Cara Memanjangkan Kuku dengan Minyak Kayu Putih dalam 24 Jam

Dalam keadaan kuku normal atau sehat, kamu bisa melakukan treatment ini setiap hari.Jadi bisa meluangkan waktu atau membuat jadwal untuk melakukannya. 

Apakah Cara Memanjangkan Kuku dengan Jeruk Nipis Bisa Efektif ?

Sama halnya dengan buah lemon, jeruk nipis mengandung banyak kolagen yang dapat membuat kuku lebih sehat dan kuat. Dan kata lain dapat kita simpulkan, dengan adanya kondisi kuku yang sehat, maka pertumbuhan kuku akan semakin cepat.

Walaupun demikian, belum banyak bukti penelitian yang menyimpulkan efektivitas jeruk nipis untuk memanjangkan kuku. Kebanyakan bukti yang ada berupa testimoni atau kesaksian dari yang pernah mencobanya.

Selain itu, bekerja atau tidaknya treatment ini akan bergantung pada konsistensi kamu melakukannya. Karena seperti yang kita ketahui, memanjangkan kuku dengan bahan – bahan alami termasuk jeruk nipis tidak bisa instan. Butuh kesabaran dan keseriusan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Karena berdasarkan sumber, kamu bisa menjadikan treatment ini sebagai rutinitas sehari – hari. Artinya, butuh waktu yang tidak sebentar untuk melihat hasilnya.

Selain itu, treatment ini juga akan bergantung pada kondisi tubuh masing – masing. Jika kesehatan kamu sedang terganggu, atau memiliki riwayat penyakit tertentu,maka pertumbuhan kuku juga dapat terhambat, sekalipun kamu menggunakan jeruknipis untuk merangsang pertumbuhannya.

Kenali Resiko dari Cara Memanjangkan Kuku dengan Jeruk Nipis

jeruk nipis
Sumber: pixabay.com

Jeruk nipis memang bahan alami, tapi tidak serta merta penggunaanya untuk menumbuhkan kuku aman sepenuhnya. Tetap ada resiko atau efek samping yang mungkin bisa kamu alami saat menggunakan treatment ini untuk memanjangkan kuku.

Saat jeruk nipis kamu gosokkan pada ujung kuku yang pendek secara berulang, akan berpotensi membuat kulit ujung jari kamu teriritasi bahkan lecet dan dan ada sensasi perih. Terlebih jika kulit ujung kuku sedang dalam keadaan terluka ada ada bintil, maka sensasi perih sontak akan kamu rasakan.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mencoba cara ini,ada baiknya kamu pastikan ujung kuku atau area kulit disekitarnya tidak sedang luka atau bintil.

Dan akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau dengan ahli kecantikan terkait resiko yang mungkin kamu alami saat menerapkan treatment ini.

Bahan Alami Lain untuk Membuat Kuku Panjang dan Kuat

Selain jeruk nipis, ada beberapa bahan alami lain yang bisa kamu coba untuk mempercepat pertumbuhan kuku. Dan mungkin bahan – bahan bisa meminimalisir resiko iritasi, lecet atau perih.

Berikut 4 bahan alami yang bisa kamu jadikan alternatif dari jeruk nipis.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membuat kuku kamu terbebas dari infeksi. Serta sifatnya yang lembab dan memiliki banyak nutrisi untuk kulit dan kuku dapat menjadikan minyak ini alternatif lain untuk mempercepat proses pertumbuhan kuku.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghangatkan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian pijat – pijat area kuku dengan gerakan melingkar kurang lebih selama beberapa menit.

Hal ini dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar, dan pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan kuku lebih cepat. Biarkan minyak kelapa menempel semalaman kemudian bersihkan di pagi harinya.

2. Tomat

Tak ubahnya seperti jeruk nipis, tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, adanya kandungan biotin pada buah tomat dapat membantu mempercepat pertumbuhan kuku.

Untuk caranya, kamu bisa membuat 2 – 3 buah jus tomat tanpa campuran gula. Kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun, lalu aduk rata. Kamu bisa menggunakan campuran ini untuk merendam kuku selama 10 – 15 menit. Dan untuk hasil yang optimal, kamu bisa melakukan treatment ini setiap hari.

3. Minyak Zaitun Murni

Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang dapat memperlancar sirkulasi darah. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan minyak zaitun murni tanpa campuran jus tomat untuk memanjangkan kuku.

Untuk caranya sama dengan minyak kelapa, kamu hanya perlu menghangatkan minyak zaitun 1 sendok saja, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian pijat – pijat area kuku dengan gerakan melingkar selama 5 menit dan biarkan semalaman. Bersihkan di pagi harinya dengan menggunakan air hangat.

Baik minyak zaitun ataupun minyak kelapa, keduanya memiliki resiko yang lebih kecil daripada cara memanjangkan kuku dengan jeruk nipis. Karena keduanya tidak berpotensi menyebabkan kulit perih ataupun iritasi.

4. Lemon

Selain jeruk nipis, lemon adalah keluarga jeruk yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan kuku. Lemon juga mengandung banyak vitamin C yang dapat menutrisi kuku untuk tumbuh lebih cepat. Manfaat lainnya, kuku dapat lebih bersih dan mengkilap, karena lemon dapat berperan sebagai zat pemutih.

Caranya penggunaanya hampir sama dengan jeruk nipis, kamu hanya memerlukan beberapa irisan lemon untuk kemudian kamu gosokkan pada area kuku.

Perlu kamu ketahui, bahwa penggunaan lemon memiliki potensi resiko yang sama dengan jeruk nipis.

Tips Tambahan untuk Menumbuhkan Kuku Lebih Cepat

Tidak cukup hanya melakukan treatment dengan bahan – bahan alami untuk memanjangkan kuku. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk tetap mendukung kuku tumbuh secara optimal.

  • Sebisa mungkin hindari cat kuku yang memiliki kandungan formaldehyde, toluene atau sulfonamide.
  • Kurangi intensitas memakai cat kuku, dan biarkan kuku tampil alami
  • Rutin berolahraga untuk memperlancar sirkulasi darah, yang pada akhirnya hal ini dapat mendorong pertumbuhan kuku
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti kacang kedelai, keju, ikan dan lainnya
  • Hindari penggunaan gel ataupun akrilik pada kuku, karena ini dapat membuat kuku lebih rapuh
  • Berhenti dari kebiasaan menggigit kuku untuk menghindari infeksi jamur dan bakteri
  • Minum lebih banyak air putih dan terapkan pola hidup sehat

Itulah beberapa hal yang penting juga untuk kamu perhatikan untuk tetap menjaga kesehatan kuku dan membuat pertumbuhannya tidak terhambat.

Jika ada tips lain yang kamu ketahui, silahkan bagikan di kolom komentar ya.

Kesimpulan

Walaupun belum banyak ditemukan penelitian tentang manfaat jeruk nipis yang dapat menumbuhkan kuku dengan cepat, tapi fakta bahwa jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang dapat menyehatkan kuku dan kulit.

Terlebih adanya testimoni tentang treatment ini menjadikan jeruk nipis patut untuk kamu pertimbangkan sebagai salah satu cara alternatif untuk menumbuhkan kuku lebih cepat.

Tapi kamu harus tetap hati – hati dalam menggunakannya, dan pertimbangkan juga faktor resiko yang mungkin saja bisa kamu alami saat menerapkan cara ini.

Berkonsultasi dengan dokter atau memilih cara lain yang lebih aman dari cara memanjangkan kuku dengan jeruk nipis, bisa menjadi pilihan yang lebih bijak.