Obat Alami · 14/03/2021 0

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur bisa menjadi hal yang sifatnya urgent. Karena jika hidung tersumbat, kualitas tidur akan terganggu dan jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada aktivitas kamu.

Sakit memang bisa datang secara dadakan dan hal ini pastinya cukup untuk membuatmu kerepotan, bukan? Salah satunya adalah pilek dan hidung tersumbat.

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur
Ilustrasi foto dari pexels.com

Pilek dan hidung tersumbat memang merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat umum di Indonesia. Biasanya penyakit ini akan timbul di kala musim penghujan atau ketika kondisi tubuhmu kurang prima.

Salah satu hal yang membuat hidung yang tersumbat ini terasa menjengkelkan di malam hari adalah kamu tidak bisa leluasa bernafas.

Nah, kali ini kita akan membahas berbagai hal mengenai penyakit ini serta cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Beberapa Penyebab Hidung Tersumbat

Pada umumnya, orang akan mengira bahwa bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh penggumpalan lendir di saluran hidung saja. Namun, faktanya tidaklah demikian.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hidung tersumbat.

Biasanya hidung tersumbat disebabkan karena adanya iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Seperti yang kita semua ketahui bahwa hidung memiliki jaringan pembuluh darah ber-katup yang luas.

Jaringan ini pun bisa membuka serta menutup. Ketika iritasi terjadi, maka sistem saraf akan terangsang sehingga mengakibatkan katup pembuluh darah terbuka.

Hal ini menyebabkan darah yang mengalir ke dalam hidung lebih banyak sehingga terjadi pembengkakan di saluran hidung dan membuatmu kesulitan untuk bernafas.

Ada beberapa kondisi lain yang juga bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat lho, di antaranya adalah :

1. Pilek dan batuk

Penyebab pertama dari hidung tersumbat adalah penyakit pilek.

Pilek dan batuk ini bisa terjadi lantaran ada benda asing seperti kotoran ataupun virus dan bakteri yang masuk pada saluran napas bagian atas.

Biasanya kita akan memerlukan waktu 7 hingga 10 hari untuk bisa sembuh dari pilek ini.

Salah satu hal tidak menyenangkan saat pilek adalah hidung tersumbat.

Terutama saat tidur.

2. Terserang Flu

Penyebab hidung tersumbat yang kedua adalah flu yang menyerang tubuh kita.

Flu yang disebabkan oleh infeksi virus influenza ini akan mengakibatkan terjadinya peradangan di selaput lendir pada hidung. Oleh karena itu, hidungmu akan tersumbat.

3. Karena reaksi alergi

Tahukah kamu bahwa alergi bisa menyebabkan hidung tersumbat?

Beberapa orang memiliki alergi pada benda atau kondisi tertentu. Contohnya saja alergi debu.

Ketika orang tersebut melakukan kontak dengan allergen. Maka, akan timbul beberapa reaksi seperti hidung tersumbat ini.

4. Sinusitis

Kondisi ke-empat yang menyebabkan hidung tersumbat adalah Sinusitis. Sinusitis sendiri adalah infeksi yang terjadi pada sinus atau rongga hidung.

Sinusitis ini akan menyebabkan peradangan dan produksi lendir berlebih pada hidung. Sehingga hidungmu akan terasa tersumbat.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat hidung kamu tersumbat saat tidur. Penyebab tersebut tentu saja tidak bersifat mengikat. Artinya mungkin saja kamu memiliki penyebab lainnya.

Cara terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapatkan diagnosa dan cara mengatasinya dengan tepat. Baik dengan obat ataupun perawatn lainnya.

Sebagai informasi dan pengetahuan, berikut ini akan kita bahas cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, baik menggunakan obat tradisional ataupun dengan melakukan beberapa treatment khusus.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur dengan Obat Tradisional

Biasanya nih, hidung tersumbat ini akan lebih parah lagi ketika malam hari atau ketika menjelang waktu tidur.

Tentu saja ini akan membuatmu merasa tidak nyaman bukan? Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur dengan menggunakan beberapa ramuan atau obat tradisional yang umum digunakan.

1. Minum Wedang Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi masalah hidung tersumbat saat tidur.

Air jahe bisa atasi hidung tersumbat saat tidur
Ilustrasi foto dari pexels.com

Mengkonsumsi wedang jahe sebelum tidur akan memberikan efek hangat pada tubuh yang memberikan efek melegakan hidung yang tersumbat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya jika rutin minum jahe sebelum tidur. Salah satunya dapat dapat mencegah berbagai macam kanker.

2. Mengkonsumsi Bawang Putih untuk Atasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Bawang putih memang populer sebagai bumbu dapur yang mengandung banyak manfaat. Terutama untuk kesehatan tubuh.

Bawang Putih
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Mengkonsumsi bawang putih mentah akan membuat lendir yang menyumbat hidung menjadi encer dan mudah untuk kamu keluarkan. Sehingga hidung akan lebih lega dan kamu juga bisa tidur dengan nyenyak.

Jika kamu tidak sanggup memakannya mentah karena bau nya, atau rasanya. Kamu bisa pilih cara lain, yaitu dengan menghirupnya. Kamu bisa menumbuk satu siung bawang putih, yang kemudian kamu hirup aromanya. 

3. Sup Ayam Hangat dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Sup ayam memang dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Ternyata mengkonsumsi sup ayam juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Sup ayam ternyata bisa meredakan hidung tersumbat
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Selain dapat menjadi obat, makan sup ayam tentu merupakan hal yang menyenangkan.

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapat adalah sebagai asupan energi yang cukup. Dan ini penting untuk membuat tubuh kamu tetap kuat.

4. Mengkonsumsi Makanan Pedas

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur selanjutnya adalah dengan memakan beberapa makanan pedas.

Cabe Merah
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Namun, tentu saja cara ini tidak berlaku untukmu yang memiliki riwayat penyakit maag atau penyakit lambung lainnya.

Kalau kamu belum terbiasa makan-makanan pedas. Kamu bisa menambahkan beberapa jenis rempah seperti cabai, lada, wasabi, atau jahe pada makanan yang akan kamu konsumsi sebelum tidur.

Makanan pedas yang kamu makan akan mengencerkan lendir yang menggumpal di hidung dan juga melebarkan pembuluh darah pada saluran pernapasan, sehingga gejala hidung mampet pun berkurang.

5. Minum Teh Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman herbal yang merupakan keluarga dari mint. Memiliki aroma lemon dari efek hangat.

Teh Lemon Balm
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Untuk mengatasi hidung tersumbat karena adanya gejala virus, kamu bisa meminum teh lemon balm dan mengkonsumsinya secara rutin.

Tanaman ini memang jarang kita temukan, tapi banyak yang menjualnya sudah berupa teh, dan tinggal seduh. Kami bisa mendapatkannya di toko – toko herbal, atau bisa cari juga di marketplace.

Cari tau juga :

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi
10+ Obat Flu dan Batuk Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Treatment Khusus untuk Atasi Hidung Tersumbat

1. Kenali Penyebabnya

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur bisa dengan mengenali penyebab hidung tersumbat tersebut terlebih dahulu. Seperti yang kita bahas sebelumnya ada banyak sekali penyebab hidung tersumbat.

Dengan mengetahui penyebabnya secara pasti, kita bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini.

Contohnya nih, apabila masalah hidung tersumbat dipicu oleh benda penyebab allergen. Akan lebih baik kalau kamu menghindari kontak dengan allergen tersebut.

2. Matikan Ac atau Kipas Angin

Ac dan Kipas Angin memang sangat berguna untuk membuat ruangan menjadi sejuk. Namun, tampaknya hal ini tak berlaku ketika kamu sedang mengalami hidung tersumbat.

Ketika kamu mengalami hidung tersumbat akan lebih baik kalau kamu mematikan Ac dan kipas angin saat tidur.

Udara yang hangat akan membantu tubuhmu untuk meredakan gejala hidung tersumbat.

Selain itu, udara yang hangat bisa lebih meredakan peradangan serta pembengkakan pembuluh darah dalam hidung serta membantu mengencerkan lendir dalam sinus.

3. Menghirup Uap Hangat

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang kedua adalah dengan menghirup uap hangat atau melakukan sauna wajah.

Caranya sangat mudah lho, saat kamu ingin tidur namun hidungmu tersumbat. Cukup siapkan baskom berisi air panas kemudian condongkan tubuhmu ke atas permukaan air tersebut.

Hiruplah uap hangat tersebut selama kurang lebih 10 menit. Lakukan beberapa kali sampai hidung tersumbat tersebut terasa lebih lega.

4. Minum Banyak Air

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur ke-empat adalah dengan minum lebih banyak air putih. Terutama air hangat.

Air hangat tersebut akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat yang kamu alami.

Selain itu, minum lebih banyak air putih juga akan mencegah dehidrasi.

5. Menggunakan Semprotan Saline atau Dekongestan Topikal (Oxymetazoline)

cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur ke-lima adalah dengan menggunakan semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazoline).

Bagi kamu yang belum tahu apa itu semprotan saline, ini adalah semacam obat yang dijual di Apotik. Tapi, ingat ya!

Jangan sembarangan menggunakannya. Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memakainya.

Semprotan saline atau dekongestan topical ini memiliki khasiat untuk memberikan kelembaban ekstra yang dibutuhkan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Larutan yang terdapat dalam Semprotan saline ini juga berfungsi untuk mengencerkan lendir yang mengganggu saluran pernafasan.

6. Mandi Menggunakan Air Hangat

Nah, jika kamu sering mengalami masalah hidung tersumbat terutama ketika ingin tidur. Ada baiknya kamu meredakannya dengan mandi air hangat terlebih dahulu ya.

Uap yang terhirup ketika kamu mandi air hangat akan membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung sehingga masalah hidung tersumbat bisa segera teratasi.

Selain itu pula, uap air tersebut juga berfungsi untuk meredakan peradangan hidung lho.

7. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk meredakan gejala hidung tersumbat saat ingin tidur lho. Caranya pun cukup mudah, cukup hirup minyak kayu putih tersebut.

Atau bisa juga dengan mengoleskannya di dekat hidung. Sensasi segar dari minyak kayu putih tersebut akan membuat hidungmu terasa lebih “plong”.

8. Gunakanlah Humidifier

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan Humidifier. Apa itu Humidifier?

Humidifier adalah sebuah alat yang membantu melembabkan udara dalam sebuah ruangan. Humidifier ini sangat cocok untuk kamu letakkan di kamar tidur sehingga bisa meredakan gejala hidung tersumbat saat tidur yang tengah kamu alami.

Biasanya dalam Humidifier terdapat kandungan zat aromatic. Aroma alami dari zat aromatic ini berfungsi mengurangi pilek dan hidung tersumbat lho.

9. Memakai Bantal yang Lebih Tinggi

Tidur dengan bantal ekstra juga merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur lho.

Kamu bisa menambahkan bantal lagi di bawah kepala agar posisi bagian tubuh atas menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tubuh bawah.

Meletakkan kepala lebih tinggi saat tidur ini ternyata dapat membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena lendir.

Namun, jangan menggunakan bantal terlalu banyak ya jika kamu tak ingin pegal keesokan harinya.

Kamu juga harus menghindari tidur dengan posisi kepala dan tubuh berbaring lurus alias tanpa bantal. Hal ini tentu saja akan saluran pernafasan atas (hidung) tetap tersumbat dan alhasil kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Jika dirasa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di atas tak terlalu manjur atau ketika gejala hidung tersumbat yang kamu alami semakin parah.

Ada baiknya kamu segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Jika kamu diberikan beberapa resep obat, pastikan untuk meminumnya secara teratur ya agar kamu bisa lebih cepat sembuh nantinya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa penulis bagikan kali ini. Ketika hidung tersumbat hal ini tentu saja akan membuat tidurmu kurang nyenyak.

Tidur yang kurang nyenyak akan membuat istirahatmu kurang maksimal sehingga akan membuatmu merasa kurang bugar di pagi harinya.

Selain itu, hidung tersumbat biasanya menandakan gejala dari penyakit tertentu seperti flu dan pilek atau penyakit lain. Jadi, jangan disepelekan ya.

Segera lakukan pengobatan apabila hidung tersumbat tersebut semakin mengganggu aktivitas harianmu ya.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat bareng !