Makanan Sehat · 12/01/2021 0

16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Buah yang mengandung kalsium banyak sekali jenisnya. Kalsium atau zat kapur merupakan elemen penting dalam tubuh. Kalsium adalah nutrisi yang berperan penting dalam tubuh manusia untuk metabolisme tubuh, pergerakan otot, penghubung saraf dan kerja jantung.

Pada manusia dewasa, kandungan kalsium dalam tubuh semakin lama akan semakin berkurang.

Jika ini terus terjadi maka akan timbul gejala awal kekurangan kalsium. Misalnya seperti letih, lesu, banyak berkeringat, insomnia dan gejala lainnya.

Kebutuhan kalsium dalam tubuh jelas harus terpenuhi. Dan untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut kamu bisa mendapatkannya dari berbagai macam asupan yang bergizi seperti daging, sayur dan buah – buahan.

Pada dasarnya semua buahan – buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi jika kamu sedang mencari buah yang mengandung kalsium tinggi, berikut ini esehat sudah merangkumnya.

16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Banyak buah – buahan yang mengandung kalsium. Tapi tidak semua buah mengandung kalsium yang tinggi.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh secara efektif dan efisien kamu harus tahu buah apa saja yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Buah yang mengandung kalsium tinggi
Ilustrasi foto dari pixabay.com

esehat mencoba memilih 16 buah yang tinggi akan kalsium dan dapat dengan mudah kamu temukan di Indonesia.

Berikut ini merupakan tabel kandungan kalsium dari per 100 gr buah.

NoNama BuahKalsium (mg) /100gr buah
1Kumquat62
2Kurma50
3Jeruk43
4Buah Ara35
5Kiwi34
6Jeruk Nipis33
7Balckberry29
8Lemon26
9Jeruk Bali22
10Pepaya20
11Jambu Biji18
12Stroberi16
13Nanas13
14Mangga11
15Anggur10
16Buah Delima10
Tabel Kandungan Kalsium dalam 100gr Buah

1. Kumquat, Buah yang Mengandung Kalsium Sangat Tinggi

Buah Kumquat
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah yang menyerupai jeruk ini berbentuk kecil lonjong, panjangnya hanya berukuran 3-5 cm dengan lebar 2-4 cm. Berasal dari daratan Tiongkok dan banyak dikembangkan di Jepang. Buah mungil berwarna orange ini punya daging yang tebal dan banyak mengandung air.

Lain halnya dengan jeruk atau lemon. Buah kumquat bisa dinikmati sekaligus dengan kulitnya, jadi ga perlu repot mengupas, langsung aammm.

Buah kumquat masuk ke dalam kategori buah yang mengandung kalsium tinggi. Berdasarkan data nutrisi, kumquat memiliki kalsium sebesar 62 mg dari setiap 100 gr.

Selain mengandung kalsium yang tinggi, buah ini juga kaya akan vitamin lain seperti Vitamin C, A dan B, Mineral juga Zat Besi. Tak heran jika buah ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjualnya. Saat artikel ini diterbitkan harga per kg kumquat berkisar antara 50 – 80 ribu, tergantung dari jenisnya.

2. Kurma

Buah Kurma
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Kurma sebenarnya adalah buah dari pohon palem berjenis phoenix yang banyak tumbuh di Negara Timur Tengah. Bahkan di Timur Tengah, kurma merupakan makan pokok selama ribuan tahun lalu.

Rasanya yang legit membuat buah satu ini banyak penggemarnya. Buah kurma mengandung 50 mg kalsium dari 100 gr buahnya. Dapat dikategorikan sebagai buah yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium dari kurma ini tergantung dari jenis dan kondisinya.

Selain itu kandungan nutrisi lain dalam kurma juga dinilai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori.

Dengan adanya kandungan lain selain kalsium, seperti karbohidrat, serat, zat besi, magnesium dan lainnya membuat kurma baik untuk menjadi makanan sehari – hari.

Buah yang tergolong ke dalam buah yang mengandung kalsium tinggi ini sangat mudah kita temui. Biasanya dijual per pack, dan tersedia di tukang buah, supermarket, minimarket, atau swalayan terdekat. Harga per packnya hanyak 10 ribu rupiah atau bahkan ada yang menjualnya 5 ribu rupiah, tergantung dari jenis dan ukuran pack nya.

3. Jeruk

Buah Jeruk
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jeruk yang biasa kita makan ternyata mengandung kalsium yang tergolong tinggi. Dari 100 gr jeruk bisa mengandung sampai 43 mg kalsium. Selain itu jeruk juga populer karena kandungan Vitamin C nya yang cukup tinggi.

Buah yang sudah akrab dengan lidah kita ini ternyata memiliki banyak jenis dan varietasnya. Selain sering menjadi makanan penutup, buah jeruk juga terkenal dengan jus nya. Rasanya yang manis, asam dan segar mampu memperbaiki mood.

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi buah satu ini. Jadi kamu tidak akan merasa bosan walaupun harus mengkonsumsinya setiap hari.

4. Buah Ara

Buah Ara atau Buah Tin
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Mungkin kamu merasa asing mendengar kata buah ara. Bagaimana kalau kita ganti saja sebutannya menjadi buah tin, pasti lebih akrab mendengarnya kan ?! hehe…

Ya, buah ara adalah buah tin. Buah yang masih jarang kita temui di Indonesia ini ternyata memiliki rasa yang manis. Selain rasa yang manis, buah tin juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Kalsium yang terdapat dalam buah tin sekitar 35 mg dari 100 gr buahnya. Buah tin ternyata juga kaya akan Vitamin A dan C, Fosfor, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Serat, Karbohidrat, Gula dan Protein.

Seiring dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, buah tin dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Walaupun masih jarang kita temui, buah tin ini bisa kamu dapatkan di marketplace. Buah yang masih segarnya ada yang jual kisaran 50 ribu rupiah untuk 6-8 buah atau sekitar 280 gr.

Jika kamu hobi berkebun, bibitnya juga banyak yang menjualnya dengan kisaran harga 30 – 100 ribu rupiah tergantung dari tinggi pohonnya.

Buah tin yang sudah matang dan segar bisa kamu nikmati langsung, ada juga yang jual manisan buah tin.

5. Kiwi

Buah Kiwi
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah berwarna hijau sampai ke dagingnya ini memiliki rasa yang dominan asam. Tapi tahukah kamu, dibalik rasanya yang asam ternyata kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium pada 100 gr buah kiwi yaitu sekitar 34 mg.

Buah yang umumnya berbentuk oval ini kaya akan serat dan antioksidan selain kalsium tentunya.

Selain kalsium, kandungan terpenting lainnya dari buah kiwi adalah adanya ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah.

6. Jeruk Nipis, Ternyata Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi

Jeruk Nipis, buah yang mengandung kalsium tinggi
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jeruk Nipis ? Ya, jeruk nipis. Jeruk yang biasa kamu temukan di dapur ini siapa yang menyangka banyak mengandung kalsium. Kalsium yang terkandung per 100 gr jeruk nipis adalah sekitar 33 mg hampir setara dengan buah kiwi yang harganya lebih mahal.

Buah yang kaya juga akan Vitamin C ini memiliki segudang manfaat terutama untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Beberapa manfaat dari jeruk nipis ini antara lain: meredakan batuk, meringankan sakit gigi, mencegah rambut rontok dan berketombe, membantu mengangkat sel kulit mati, melangsingkan badan dan banyak lagi khasiat lainnya.

7. Blackberry

Buah Blackberry
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Si hitam manis nan lezat ini ternyata memiliki kandungan kalsium diatas rata – rata buah lain. Kandungan kalsium yang terdapat pada 100 gr blackberry adalah sekitar 29 mg.

Selain itu, buah yang sering kita jumpai di pekarangan ini kaya akan serat dan Vitamin C. Mengkonsumsi blackberry akan sangat membantu untuk menguatkan tulang. Karena Vitamin K yang berperan untuk menghasilkan protein bagi tulang yang sehat.

8. Lemon

Buah Lemon
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah yang termasuk dalam keluarga jeruk ini memiliki kandungan kalsium 26 mg dari 100 gr buahnya. Buah ini biasanya dikonsumsi dengan cara diperas airnya. Selain kalsium, buah lemon juga mengandung banyak Vitamin C.

Buah ini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, terutama untuk kamu yang sedang diet. Pasalnya, lemon dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang kamu inginkan.

Buah yang cenderung diolah menjadi minuman dingin ini ternyata bermanfaat juga untuk menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan dan mampu menurunkan resiko batu ginjal.

9. Jeruk Bali

Buah Jeruk Bali
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jeruk bali atau jeruk besar yang memiliki ukuran jumbo ini merupakan penghasil buah terbanyak. Jeruk yang disarankan berganti nama menjadi Pomelo ini memang tidak ada kaitannya dengan Bali.

Kandungan utama dari jeruk bali ini adalah Vitamin C, dari 100 gr nya jeruk bali mengandung 60 mg Vitamin C. Tapi tidak hanya itu, jeruk bali juga tergolong ke dalam buah yang mengandung kalsium cukup tinggi. Kalsium yang terkandung pada 100 gr jeruk bali yaitu sekitar 22 mg. Cukup banyak bukan ?!

Kandungan mineral lainnya seperti Zat Besi, Fosfor, Kalium, Magnesium dan adanya Antioksidan membuat jeruk jumbo ini banyak membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Antara lain, dapat memelihara kesehatan jantung dan otak, memperlancar pencernaan dan meningkatkan imun tubuh.

10. Pepaya

Buah Pepaya Mengandung Kalsium
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Siapa yang belum mencoba buah yang satu ini ? Buah yang identik menjadi makanan burung ini ternyata bisa tergolong buah yang mengandung kalsium cukup tinggi. 20 mg kalsium terkandung pada 100 gr buah nya.

Belakang ini pepaya mulai banyak dikonsumsi dan menjadi pilihan utama penikmat makanan sehat. Setelah hadirnya jenis atau varietas yang memiliki rasa yang lebih enak dan manis. Salah satu jenisnya yaitu pepaya california atau pepaya calina.

Pepaya juga kerap dijuluki sebagai malaikat buah. Karena kayanya kandungan vitamin dan mineral membuat pepaya banyak membawa manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja, pepaya dapat memelihara kesehatan jantung, memperlancar pencernaan dan anti penuaan.

11. Jambu Biji

Buah Jambu Biji
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Jambu biji yang sangat mudah kita temui ini memiliki kandungan Vitamin dan Mineral yang banyak. Salah satunya jambu biji mengandung kalsium sebesar 18 mg dari 100 gr buah nya.

Jambu biji atau yang biasa kita sebut jambu batu ini banyak juga mengandung Serat dan Vitamin C. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada jambu biji, mengkonsumsinya dapat memelihara kesehatan tubuh kita.

Selain bisa dinikmati langsung buahnya, jambu biji juga populer dijadikan jus. Seger kalau kamu minumnya di siang hari yang panas. Hmmm…

12. Stroberi

Buah Stoberi
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah yang berwarna merah pekat menggoda saat matang ini memiliki kandungan kalsium tak kurang dari 16 mg per 100 gr buah nya. Banyak diproduksi di Negara Paman Sam ini merupakan sumber Vitamin C yang baik.

Stroberi dominan memiliki rasa asam ini sekarang banyak budidayanya di Indonesia. Terutama di daerah dingin seperti Bandung.

Stroberi bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya dapat memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, si cantik mungil ini juga dapat memelihara kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh.

13. Nanas

Buah Nanas
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Nanas merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil dan Paraguay. Buah dengan rasa asam manis ini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Pada 100 gr nanas mengandung kalsium sebesar 13 mg.

Nanas sangat mudah kita dapatkan di toko – toko buah terdekat. Buah berkulit tebal ini memiliki banyak manfaat non pangan. Manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi nanas adalah dapat memperkuat tulang dan melancarkan pencernaan.

14. Mangga

Buah Mangga
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah mangga ini buah yang sudah sangat akrab, bahkan di kehidupan kita sehari – hari. Iklim tropis yang cocok untuk tumbuhnya tanaman ini, membuat mangga banyak ditanam di halaman rumah.

Tapi tahukah kamu ? Ternyata mangga termasuk buah yang mengandung kalsium cukup tinggi. Kandungan kalsium yang terdapat pada 100 gr buah mangga berkisar 11 mg.

Selain mudah untuk mendapatkannya, harga mangga juga sangat terjangkau. Alasan ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk lebih sering lagi mengkonsumsi mangga. Kandungan vitamin dan mineralnya juga dapat memelihara kesehatan tubuh dan menjadi salah satu sumber Vitamin C yang baik.

15. Anggur

Buah Anggur
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Anggur, siapa yang tidak suka makan anggur ?! Buah nya yang mungil dan rasanya yang manis membuat siapa saja ingin menikmatinya. Berdasarkan data yang ada, ternyata anggur memiliki kandungan kalsium sebesar 10 mg dari 100 gr buahnya.

Nutrisi dan vitamin lain yang terkandung dalam anggur banyak membawa manfaat juga untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, anggur bisa memperlancar aliran darah.

Anggur memiliki banyak jenis. Coba ingat, yang kita kenal saja paling tidak ada 3 jenis, yaitu anggur merah, anggur hijau dan anggur hitam. Terus mana yang lebih kamu suka ?

16. Buah Delima

Buah Delima
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Buah terakhir yang termasuk buah yang mengandung kalsium tinggi adalah delima. Walaupun tidak begitu populer sebagai buah yang dikonsumsi oleh masyarakat banyak. Tidak mengurangi manfaat dan khasiat dari buah delima.

Buah delima memiliki 10 mg kalsium dari 100 gr buahnya. Selain itu vitamin dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah delima menjadikannya banyak membawa manfaat.

Beberapa manfaat kesehatan yang dapat dirasakan adalah mampu menghilangkan otot kaku, memperlancar peredaran darah, melunakan plak gigi, menurunkan tekanan darah dan berbagai manfaat lainnya.

Cari Tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur
Manfaat Sayur Daun Kelor
16 Olahraga untuk Meninggikan Badan Paling Efektif

Itulah top 16 buah yang mengandung kalsium tinggi. Semua buah dapat membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Tentunya jika kita mengkonsumsinya dengan tepat dan tidak berlebihan.

Kalau kamu memilih buah – buahan ini dengan tujuan mengobati penyakit tertentu, alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika kamu punya rekomendasi buah lain yang mengandung kalsium tinggi, silahkan tambahkan di kolom komentar ya !

Salam Sehat Bareng !