Beberapa Gejala dan Cara Mengobati Gondongan

Beberapa Gejala dan  Cara Mengobati Gondongan – Gondongan adalah penyakit yang ditandai dengan pembesaran atau pembengkakan pada leher. Dimana gondongan menyerang pada pembengkakan dan pembesaran pada leher.  Jika Anda mengalami hal ini, Anda akan sulit menelan. Tingkat kepercayaan diri akan sangat berkurang. Anda juga perlu mengetahui cara mengobati gondongan.

Namun, pembengkakan juga bisa terjadi pada gonad, pankreas, dan meningen. Gondongan sering menyerang anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah 15 tahun, meskipun orang dewasa juga dapat terkena. Karena penyebabnya adalah virus, gondongan juga bisa menular.

Penularannya melalui jalan napas dan air liur. Penderita gondongan tidak perlu kuatir karena penyakit ini akan terjadi hanya sekali seumur hidup penderitanya. Setelah Anda terkena, maka setelah sembuh Anda memiliki kekebalan terhadap penyakit ini.

beberapa gejala dan cara mengobati gondongan
foto: pixabay.com

Beberapa Gejala Gondong

Gejala Penyakit Gondongan Antara Lain

  • Pembengkakan di area pipi
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Lamban
  • Nafsu makan berkurang
  • Sakit tenggorokan sehingga sulit menelan
  • Apakah gondok akan menular

Penularan penyakit gondongan tidak menular melalui udara, tetapi dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita. Air liur, peralatan makan bekas, dan benda lain yang terkontaminasi oleh pasien harus dihindari. Ketika tubuh seseorang terinfeksi penyakit gondongan, virus tersebut akan tinggal di dalam cairan tubuh manusia.

Apakah Penyakit Gondongan Bisa Berbahaya Bagi Penderitanya

Gondongan pada orang dewasa bisa sangat parah, termasuk tuli, infertilitas, radang selaput otak, radang sendi, dan bahkan kematian, tetapi kasus ini jarang terjadi. Bagi ibu hamil, infeksi virus gondongan dapat meningkatkan risiko keguguran pada trimester pertama.

Orang dahulu mencoba untuk mengobati gondok pada orang dewasa dan anak-anak biasanya dengan menggunakan blau. Tetapi tidak ada bukti medis bahwa Blau dapat mengobati gondok. Penyakit ini masih belum memiliki obat, akan tetapi dapat dilakukan pencegahan dengan menggunakan vaksin MMR..

Tanda Orang Terkena Gondongan

  • Awalnya penderita akan mengalami demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, rasa nyeri pada rahang belakang saat mengunyah makanan, terkadang ada rahang yang kaku seperti sulit untuk membuka mulut.
  • Kelenjar di bawah telinga akan mulai membengkak. Awalnya hanya di satu sisi, kemudian kedua sisi akan membengkak semua.
  • Bengkak yang terjadi biasanya hanya kurang dari 3 hari, dan lambat laun bengkak akibat gondongan ini akan mengempis dengan sendirinya.
  • Pembengkakan kadang mempengaruhi kelenjar pituitari di bawah rahang (submandibular) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Orang dewasa terkadang juga mengalami pembengkakan pada buah zakar.
beberapa gejala dan cara mengobati gondongan
foto: pexel.com

Cara Mengobati Gondongan

Dengan dilakukan pengobatan pada penyakit gondongan maka dapat mengatasi gejala sebelum terjadinya penyakit sekaligus meminimalisir penderitaan.  Sambil menunggu proses penyembuhan alami itu juga bisa dipercepat, karena virus penyebab akan mudah dikeluarkan saat daya tahan tubuh dalam kondisi prima.

Langkah #1 Minum Vitamin C

Yang namanya virus tidak bisa disembuhkan tapi bisa dilemahkan, oleh karena itu untuk mengobati penyakit ini anda harus meningkatkan daya tahan tubuh terlebih dahulu. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C atau makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C juga harus dikonsumsi agar daya tahan tubuh meningkat dan stabil. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat dan stabil dapat digunakan untuk melemahkan virus penyebab penyakit gondok. Karena itu, jika daya tahan tubuh melemah, penyakit gondongan tidak akan mudah hilang.

Langkah #2 Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Untuk dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang seimbang dapat menyehatkan tubuh, di dalam tubuh yang sehat terdapat sistem imun yang kuat. Nutrisi seimbang ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi 4 makanan sehat dan 5 makanan sempurna. Kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang.

Langkah #3 Kompres dengan Air Hangat

Karena pembengkakan yang terjadi, kelenjar parotis akan terasa nyeri dan berdenyut. Oleh karena itu Anda perlu mengurangi rasa sakit yang Anda derita. Anda dapat mengurangi rasa sakit dengan kompres hangat. Kehangatan yang dihasilkan dari kompres akan membuat rasa sakit dan nyeri hilang. Berikut cara mengompres gondongan dengan baik dan benar:

  • Siapkan handuk kecil dan bersih.
  • Siapkan baskom dengan air hangat di dalamnya.
  • Celupkan handuk bersih ke dalam baskom. Peras kemudian tempelkan handuk pada area yang mengalami pembengkakan.
  • Anda dapat melakukan ini tiga kali sehari atau sesering yang Anda inginkan. Jika Anda merasakan sakit dan rasa sakitnya tak tertahankan, Anda bisa melakukan cara ini.

Langkah #4 Istirahat yang Cukup

Begadang akan memperburuk kondisi Anda, alasannya adalah ketika Anda begadang, sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun. Saat daya tahan tubuh menurun kondisi penyakit gondongan. Saat istirahat cukup, semua organ dalam tubuh juga cukup istirahat, fungsinya akan maksimal karena organ diberi kesempatan untuk istirahat.

Berbeda halnya dengan orang yang begadang semalaman terus menerus, orang yang begadang semalaman akan memaksa organ tubuhnya bekerja terus menerus sehingga timbul disfungsi organ. Tidak heran jika orang yang suka begadang akan cenderung mudah sakit dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur teratur dan teratur.

Langkah #5 Tinggal di Rumah

Selama masih memiliki penyakit gondongan, ada baiknya untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu. Pasalnya, orang yang memiliki penyakit gondongan memiliki daya tahan tubuh yang tidak stabil dan rendah, sehingga masih rentan terhadap penyakit lain. Saat ini, saat cuaca dan iklim ekstrim, banyak virus bertebaran di udara, memungkinkan Anda terkena berbagai penyakit virus lainnya.

Jika Anda terkena lebih dari satu penyakit virus maka komplikasi dapat terjadi. Jia sudah terkena komplikasi maka penyakitnya akan sulit disembuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita yang sedang sakit untuk tidak keluar rumah, terutama bagi anak kecil yang daya tahan tubuhnya belum stabil.

Langkah #6 Konsumsi Cairan yang Cukup

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan, fungsi organ tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Kelenjar partoid adalah organ dalam tubuh yang membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Jika kelenjar partoid mengalami dehidrasi, gondongan akan lebih menyakitkan karena rasa sakit dan nyeri rematik akan menjadi lebih parah. Oleh karena itu, usahakan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Langkah #7 Hindari Jus Buah

Memang buah kaya akan vitamin dan mineral, namun siapa sangka bagi orang yang menderita penyakit gondongan, jus buah sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, jus buah dapat menyebabkan kelenjar partoid yang membengkak menjadi lebih dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, aliran darah di kelenjar tidak lancar, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri semakin parah. Saat terkena gondongan, Anda harus memenuhi kebutuhan air agar peredaran darah menjadi lancar.

Langkah #8 Mengkonsumsi Makanan Lembut

Agar gejala penyakit gondongan tidak bertambah parah, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan musang. Makanan seperti bubur lebih baik dikonsumsi daripada makanan kasar. Saat gondongan, sebaiknya hindari makanan mie instan karena mie instan merupakan makanan yang sulit dicerna. Ketika penderita gondongan memakan makanan yang kasar dan sulit dicerna, akibatnya mereka akan merasakan nyeri rematik pada kelenjar partoidnya. Tak hanya itu, makanan akan sulit ditelan sehingga akan membuat penderitanya semakin merasakan sakit.

Langkah #9 Obat

Untuk menyembuhkan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada orang yang memiliki penyakit gondongan, ada baiknya Anda mengonsumsi obat-obatan yang sudah dianjurkan dan sesuai dengan resep dokter. Obat yang dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan dan peradangan adalah parasetamol dan ibuprofen. Kedua obat tersebut selain dapat meredakan demam akibat virus, juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan pembengkakan.

Demikian ulasan tentang Beberapa Gejala dan  Cara Mengobati Gondongan, semoga bermanfaat.