Obat Alami · 17/03/2021 0

Bawang Putih untuk Obat Biduran, Begini Caranya !

Sedang mengalami biduran yang tak kunjung sembuh ? Bawang putih untuk obat biduran bisa kamu coba sebagai alternatif obat alami untuk meredakan biduran.

Dibandingkan mengobati dengan bahan-bahan kimia, kamu bisa menyembuhkannya dengan menggunakan obat-obatan alami. Salah satunya dengan menggunakan bawang putih

bawang putih obat biduran
Ilustrasi foto dari pixabay.com

Biduran memang bukan salah satu penyakit menular, namun tetap saja membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat menjalani aktivitas sehari hari. 

Untuk meredakan dan menyembuhkan gejala biduran, bawang putih seringkali dikaitkan sebagai salah satu obat herbal yang ampuh digunakan. 

Biduran dan Penyebabnya

Dalam istilah medis, biduran disebut sebagai urtikaria yaitu reaksi yang terjadi pada kulit dengan munculnya ruam yang berwarna kemerahan, permukaan meninggi, dan muncul gatal. Umumnya kondisi ini muncul akibat reaksi alergi.

Sebenarnya penyakit kulit ini umum terjadi dan dapat dialami oleh siapapun. Terkadang bisa muncul secara tiba-tiba sehingga banyak orang yang tidak mengetahui pasti apa saja yang bisa menjadi faktor pemicunya. 

Lalu apa yang menjadi penyebab biduran sebenarnya? Biasanya biduran dapat muncul dikarenakan penderitanya terpapar faktor-faktor yang memicu alergi (zat alergen).

Pada saat hal tersebut terjadi, tubuh melepaskan senyawa kimia yaitu histamin ke aliran darah yang menyebabkan munculnya reaksi alergi kulit seperti gatal hingga ruam. Faktor penyebab biduran sendiri bisa beragam, antara lain:

  • Makanan, penyebab biduran bisa berasal dari makanan tertentu seperti makanan laut, kacang-kacangan, susu, dan telur. Reaksi biduran akan terjadi biasanya setelah mengkonsumsi jenis makanan tersebut atau beberapa jam setelahnya.
  • Serbuk sari, tumbuhan berbunga yang memproduksi serbuk sari juga bisa menjadi penyebab biduran. Beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi saat terkena paparan serbuk sari 
  • Obat-obatan, biduran juga terkadang bisa menjadi reaksi dari seseorang mengalami alergi obat-obatan seperti anti radang dan antibiotik. Reaksi alergi yang disebabkan obat-obatan bisa dikarenakan obat minum, obat oles, atau obat suntik.
  • Udara luar ruangan, selain disebabkan oleh zat alergen, biduran ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan. Seperti suhu dingin, suhu panas, hingga sinar matahari.
  • Keringat yang berlebih, sebenarnya keringat tidak dapat menyebabkan reaksi alergi. Namun saat berkeringat ini bisa menyebabkan munculnya biduran untuk sebagian orang karena menyebabkan kenaikan suhu tubuh.
  • Stress, stress juga bisa menjadi penyebab biduran yang bahkan bukan sekedar memicu namun juga semakin memperburuk keadaan. Saat stress maka tubuh akan melepaskan lebih banyak histamin yang menyebabkan kondisi biduran semakin memburuk.

Cari tau juga :

Penyakit Kulit Melepuh Seperti Luka Bakar

Kandungan Bawang Putih Untuk Obat Biduran

Biduran memang dapat sembuh dengan sendirinya, baik dalam hitungan jam atau bahkan ada yang hilang setelah beberapa hari. 

Akan tetapi lebih baik untuk mengatasinya segera agar tidak mengganggu aktivitas sehari hari. 

Salah satu obat herbal yang dapat membantu mengatasinya adalah bawang putih

bawang putih bisa atasi biduran
Bawang Putih (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Umumnya bawang putih memang sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur maupun bahan campuran makanan. 

Namun karena banyaknya kandungan baik di dalam bawang putih, membuatnya juga sering dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa membantu meningkatkan sistem imunitas, mempengaruhi kesehatan jantung, melindungi dari radikal bebas serta menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, bawang putih juga bisa membantu menyembuhkan penyakit biduran. Bawang putih kaya akan kandungan Selenium, Yodium, Sulphur, Vitamin B, Vitamin C, serta asam amino. 

Bawang putih juga memiliki kandungan Quercetin, yaitu antihistamin alami yang membantu meredakan alergi termasuk gejala biduran. 

Ditambah lagi kandungan probiotik dan antioksidan yang mampu menghentikan sel mast yang melepaskan histamin.

Bagaimana Cara Kerja Bawang Putih Menyembuhkan Biduran ?

Seperti penjelasan sebelumnya, biduran merupakan salah satu respon alergi tubuh terhadap zat yang menjadi penyebab alergi (alergen). 

Menurut Mayo Clinic, Alergi merupakan reaksi dari sistem imunitas tubuh yang berlebihan terhadap zat-zat atau partikel udara yang sebelumnya tidak dianggap berbahaya namun kemudian dianggap sebagai zat asing seperti bulu hewan, debu, serbuk sari, dan lainnya.

Karena merasa hal tersebut sebagai ancaman, maka tubuh melepaskan zat histamin yang mana menyebabkan munculnya reaksi alergi termasuk pula gejala-gejala biduran. 

Meskipun bukan penyakit serius, namun tak jarang biduran juga dapat disertai dengan gejala alergi berat seperti pembengkakan pada bagian wajah, kesulitan bernapas, pusing, dan gejala lainnya. 

Bawang putih atau suplemen yang berbahan bawang putih merupakan makanan super yang mengandung antihistamin. Sehingga memiliki kemampuan yang dapat meringankan dan mengobati alergi. 

Zat ini membantu sistem imunitas tubuh bisa bekerja normal dan menyerang sel-sel radikal yang menjadi zat alergen dan menghilangkanya secara alami dari aliran darah. 

Selain itu, kandungan antioksidan dan minyak esensial dalam bawang putih cukup tinggi sehingga membantu tubuh untuk melawan histamin dengan baik dan mengurangi gejala alergi yang tampak.

Bawang putih juga menjadi salah satu dekongestan alami yang terbaik untuk membantu selama musim alergi. Karena aroma bawang putih yang kuat mampu meringankan tekanan sinus. 

Selain itu terdapat pula senyawa Allicin dalam bawang putih yang sudah dihancurkan, yang dapat membantu mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan hidung dan mengurangi peradangan.

Cari tau juga :

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur
10+ Obat Flu dan Batuk Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki kaya akan kandungan disulfida yang mampu meningkatkan efektivitas sistem pertahanan tubuh. Sehingga tubuh bisa lebih kuat saat terserang penyakit.

Cara Mengobati Biduran dengan Bawang Putih

Untuk mengaplikasikan bawang putih sebagai obat biduran sebenarnya mudah. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin sehingga sistem imunitas membaik dalam melawan zat alergen. 

irisan bawang putih untuk mengobati biduran
Irisan Bawang Putih (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Namun kamu juga bisa mengaplikasikannya secara langsung, berikut langkah – langkahnya :

  1. Siapkan 1 siung bawang putih dan perban
  2. Iris tipis – tipis bawang putih
  3. Tempelkan pada area yang terkena biduran
  4. Bungkus dengan menggunakan perban agar merapatkan dan menjaga sehingga tidak tercecer jatuh kemana-mana
  5. Diamkan saja selama 1 jam
  6. Kemudian cuci bersih menggunakan air dingin
  7. Lakukan langkah di atas secara rutin hingga kondisi biduran membaik dan sembuh

Namun selain itu, kamu juga harus menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan kondisi biduran ini muncul kembali. 

Yang paling utama dan efektif adalah menghindari hal yang menjadi penyebabnya. Untuk mempermudah kamu mengenali apa yang menjadi penyebab biduran, kamu bisa mulai mencatat apa saja yang dikonsumsi, kapan dan dimana aktivitas dilakukan, kegiatan apa saja yang dilakukan, dan apa yang digunakan sebelum kondisi biduran tersebut muncul.

Setelah penyebab biduran dapat diketahui, maka kamu bisa mengatur langkah-langkah terbaik agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi pada diri kamu. 

Baik mengatur makanan yang dikonsumsi, menghindari debu, menjaga kebersihan rumah, bahkan mengelola stress dengan baik. 

Kondisi biduran memang bisa hilang dengan sendirinya, namun tentu harus kamu cari tahu bagaimana mengatasinya agar jangan sampai mengganggu kegiatan sehari hari. 

Dan bawang putih untuk obat biduran bisa jadi alternatif obat herbal terbaik yang bisa kamu coba.

Akan tetapi, jika kondisi biduran tidak kunjung membaik setelah diberi bawang putih. Kamu bisa segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui kondisinya lebih lanjut.

Apakah Aman Menggunakan Bawang Putih untuk Obat Biduran ?

Bawang putih merupakan obat alami yang berasal dari alam. Memanfaatkannya untuk mengobati biduran mungkin tidak akan memiliki efek samping yang serius. Bahkan mungkin sangat minim efek samping.

Penggunaan yang tepat dan bersih akan membawa dampak positif terhadap permasalahan kulit yang satu ini.

Terlebih, cara pengaplikasiaanya yang di luar tubuh, artinya hanya menempel saja pada kulit yang terkena biduran dan tidak kamu konsumsi langsung.

Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah tidak berlebihan dalam menggunakannya. Dan jangan ragu untuk segera mengkonsultasikannya ke dokter jika biduran tidak kunjung membaik.

Obat Alami Lain untuk Mengatasi Biduran

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki gel atau daging pada daunnya. Gel tersebut kaya dengan kandungan anti-inflamasi yang biasanya efektif untuk meredakan masalah kulit akibat sengatan panas matahari. Selain itu mampu juga mengurangi gatal – gatal pada kulit.

Lidah Buaya
Gel Lidah Buaya (Ilustrasi foto dari pixabay.com)

Tapi sebelum menggunakan lidah buaya sebagai obat biduran. Kamu harus memastikan dulu kalau kamu tidak memiliki alergi lidah buaya.

Apabila kamu merasa aman menggunakannya. Silahkan oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terkena biduran.

  • Kompres dengan Es

Alternatif selanjutnya untuk mengobati biduran adalah dengan mengompreskan air es atau es batu pada area biduran.

Kamu bisa membungkus es batu dengan kain yang halus, lalu menempelkannya pada kulit yang biduran kurang lebih selama 10 menit.

Karena panas merupakan salah satu faktor penyebab biduran atau iritasi pada kulit. Maka dengan kompresan air dingin atau es batu diharapkan dapat meredakan iritasi tersebut dan mendinginkan kulit.

  • Mandi dengan Air Rendaman Oatmeal

Oatmeal umumnya adalah makanan untuk menu diet. Tapi untuk mengatasi biduran, kamu tidak mengkonsumsinya secara langsung. Melainkan menjadikan rendaman air untuk mandi.

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi dan meredakan gatal – gatal.

Tapi sebelum menggunakannya sebagai campuran air rendaman, kamu harus memastikan dulu tidak alergi terhadap oatmeal atau salah satu komponennya.

Caranya mudah, kamu bisa mencampurkan air di bak dengan satu setengah cangkir oatmeal kemudian gunakan airnya untuk berendam. Penting, jangan berendam lebih dari 15 menit.

Cari tau juga :

Cara Tepat Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Cara Alami Mencegah Biduran

Setelah kamu tahu bawang putih dan obat alami lainnya yang dapat mengatasi biduran. Hal penting selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah mencegah supaya biduran tidak datang lagi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah biduran.

  • Memperhatikan jenis sabun yang kamu gunakan dan cara menggunakannya. Pilihlah sabun yang sesuai dengan kondisi kulit kamu dan jangan terlalu keras menggosoknya ke kulit.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kamu alergi. Misalnya seperti udang, ikan, telur, kacang – kacangan atau makanan lainnya.
  • Hindari terkena panas matahari secara langsung. Hal ini dapat menaikan suhu tubuh dan bisa mengakibatkan biduran.
  • Sebisa mungkin buat tubuh dan pikiran kamu selalu dalam keadaan rileks.
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama area dalam ruangan.

Saran terbaik untuk bisa mengobati biduran dengan tepat dan aman adalah berkonsultasi dengan dokter. Jadi jangan menunda untuk pergi ke dokter jika biduran yang kamu alami tidak kunjung membaik.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai bawang putih yang bisa menjadi obat biduran.

Semoga bisa membawa manfaat dan menambah pengetahuan.

Salam sehat bareng !