Gejala Penyakit · 08/02/2021 0

6 Ciri – Ciri Mata Silinder yang Wajib Kamu Ketahui

Ada ciri – ciri mata silinder secara umum yang bisa kamu ketahui. Mata silinder atau disebut juga astigmatisme merupakan masalah umum pada penglihatan karena kesalahan bentuk kornea mata. 

Lensa mata yang memiliki lekukan yang tidak beraturan bisa merubah dan membiaskan cahaya yang akan diteruskan ke retina mata kamu.

Pernahkah kamu merasa bahwa penglihatanmu kurang nyaman dan buram? Atau ada berbagai jenis permasalahan lainnya yang kamu rasakan?

ciri - ciri mata silinder
Ilustrasi foto dari pexels.com

Saat ini ada banyak sekali jenis gangguan penglihatan yang bisa mengganggu fungsi mata. Baik itu mata minus, rabun, plus hingga mata silinder. Nah, kali ini kita akan membahas salah satunya yakni mata silinder.

Astigmatisme memiliki 2 jenis yaitu kornea dan lentikular. Astigmatisme terjadi ketika kornea mata berubah bentuk. Sedangkan astigmatisme terjadi ketika lensa mata rusak atau cacat.

Mungkin masih banyak orang diluar sana yang mengalami masalah mata silinder ini dan belum menyadari hal tersebut. Jika dibiarkan begitu saja maka hal ini tentunya akan menyebabkan kondisi mata silindermu semakin parah.

Orang yang Beresiko Terkena Mata Silinder atau Astigmatisme

Sebetulnya setiap orang dapat beresiko terkena mata silinder. Baik pada anak – anak maupun orang dewasa. Tapi kondisi ini akan menambah resikonya lebih tinggi apabila :

  • Terjadi penipisan pada kornea mata
  • Rabun jauh yang sudah sangat parah
  • Rabun dekat yang sudah sangat parah
  • Ada riwayat keluarga yang memiliki mata silinder
  • Ada riwayat pernah melakukan operasi mata tertentu

Jadi jika kondisi tersebut sedang kamu alami, maka segera konsultasikan dengan dokter mata, sebelum penglihatan makin memburuk.

6 Ciri – Ciri Umum Mata Silinder

Berikut ini adalah ciri – ciri mata silinder yang wajib kamu ketahui :

1. Mata Mudah Lelah

Ciri – ciri mata silinder pertama yang wajib kamu ketahui adalah mata mudah lelah. Terkadang nih, dalam sebuah pekerjaan ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan waktu serta ketelitian yang cukup tinggi.

Sebut saja pekerjaan menginput data administrasi. Pekerjaan tersebut tentunya membuat kamu harus berhadapan di layar komputer dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, kamu juga dituntut untuk selalu fokus agar data input yang kamu kerjakan benar.

Dalam kasus orang yang mengalami mata silinder. Mata akan mudah lelah.

Mungkin bagi orang biasa, menatap layar komputer serta mengerjakan tugas tersebut tak akan membuat mata terlalu lelah. Lain halnya dengan mata silinder.

Matamu akan terasa lebih cepat, perih, kurang fokus serta terasa pegal. Matamu juga bisa terlihat merah, berair dan terasa gatal lho.

Ciri – ciri mata silinder yang pertama ini cukup umum sehingga kamu harus mewaspadainya.

2. Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Ciri – ciri mata silinder yang selanjutnya adalah mata akan lebih sensitif terhadap cahaya.

Contohnya saja, saat kamu berada di ruangan gelap lalu kamu berpindah ke tempat yang lebih terang maka matamu akan terasa kurang nyaman.

Atau bisa juga saja kamu berada di luar dengan kondisi cuaca yang cukup silau. Hal ini akan memerlukan lebih banyak waktu agar matamu bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu.

Pada mata normal, cahaya terik atau silau ini tak akan memiliki banyak dampak buruk. Namun, pada mata silinder efeknya akan lebih terasa.

3. Mata Berbayang

Pernahkah kamu melihat suatu objek menjadi berbayang atau benda tersebut seperti memiliki efek “shadow” atau bayangan. Terlebih apabila benda tersebut berada di tempat yang memiliki banyak cahaya?

Kalau iya, mungkin hal yang kamu alami ini menandakan bahwa kamu mengalami mata silinder. Hal ini, cukup umum di kalangan orang yang mengidap mata silinder di mana pandangan mata akan berbayang.

4. Mata Buram

Kamu kesulitan membaca tulisan dari jarak yang cukup jauh. Atau kamu merasa kesulitan melihat objek dari jauh.

Hal ini juga merupakan ciri – ciri mata silinder yang paling umum lho. Hampir semua orang yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus, plus dan sebagainya akan mengalami hal tersebut.

Salah satunya adalah mata silinder ini.

Normalnya, bentuk kornea atau lensa mata di dalam bola mata manusia itu bulat sempurna. Bentuk ini sangat membantu kita untuk meratakan penyebaran cahaya yang datang ke mata agar sebuah objek dapat terlihat dengan lebih jelas.

Namun, di kondisi mata silinder. Lengkungan mata ini tak terbentuk secara sempurna lho.

Oleh karena itu, lengkungan yang kurang sempurna ini bisa saja mengubah cahaya yang masuk atau membiarkannya ke arah lain. 

Akhirnya cahaya tersebut tidak jatuh tepat di retina mata.

Hal inilah yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Karena masalah ini, orang yang menderita mata silinder juga akan kesulitan untuk melihat garis atau permukaan benda yang lurus.

Contohnya saja, tabel atau garis-garis banyak. Penderita mata silinder akan merasa kesulitan untuk membaca data tabel tersebut karena adanya garis-garis yang terlihat kurang fokus di penglihatannya.

5. Sering Sakit Kelapa

Ciri – ciri mata silinder yang selanjutnya adalah kamu sering merasa sakit kepala. Rasa sakit ini biasanya ada di bagian depan kepala.

Hal ini disebabkan karena penglihatan kurang maksimal sehingga mengganggu fokusmu.

6. Sering Menyipitkan Mata

Nah, ketika kamu melihat objek yang berada jauh. Kamu akan menyipitkan mata.

Hal ini mungkin terlihat sepele. Namun, kebiasaan ini ternyata juga merupakan salah satu ciri – ciri mata silinder lho.

Tindakanmu untuk menyipitkan mata tersebut bertujuan agar membuat objek lebih jelas. Selain itu, kebiasaan ini biasanya juga disertai dengan tindakan memiringkan kepala.

Cari tau juga :

Waktu Olahraga yang Baik Menurut Penelitian
16 Olahraga untuk Meninggikan Badan Paling Efektif
11 Obat Herbal Penurun Panas yang Efektif

Bagaimana Diagnosa Mata Silinder?

Setelah kita mengetahui mengenai ciri – ciri mata silinder. Sekarang kita akan membahas secara singkat mengenai beberapa cara untuk mengetahui apakan kamu menderita mata silinder atau tidak.

Setiap gangguan mata tentunya disebabkan oleh hal yang berbeda. Gejalanya hampir mirip pula namun sebenarnya berbeda.

Pengobatan yang tepat bisa dilakukan jika kamu bisa mengetahui secara pasti penyakit mata apa yang kamu alami. Dan langkah yang lebih baik adalah berkonsultasi dengan dokter mata.

Berbeda pada kasus mata rabun atau minus serta plus. Mata silinder ini biasanya tak terjadi hanya karena masalah kebiasaan buruk saja, seperti membaca di tempat gelap, terlalu sering menatap layar gadget atau berbagai kebiasaan yang tak menyehatkan mata lainnya.

Mata silinder bisa muncul karena faktor genetik atau keturunan atau adanya penyakit tertentu yang bisa membuat mata silinder ini terjadi, atau juga bisa disebabkan karena ada cedera mata atau kepala.

Guna mencari tahu hal ini, kamu harus perg berkonsultasi pada dokter mata.

Ada berbagai jenis tes yang bisa dilakukan seperti tes tajam penglihatan, tes menggunakan alat retinoscopy atau tes topografi kornea.

Dalam tes tajam penglihatan, maka kamu akan membaca angka atau huruf di snellen chart. Ini akan menunjukkan tingkat kejernihan atau keburaman matamu.

Pemeriksaan menggunakan retinoscopy akan mampu memberikan solusi yang lebih efektif.

Karena melalui alat ini dokter dapat memberitahumu lensa mana yang paling cocok untukmu dengan menggunakan lensa koreksi yang digenggam.

Topografi kornea sendiri merupakan alat yang mampu memberikan informasi yang lebih rinci mengenai kondisi kornea mata.

Alat ini tentunya bisa membantu dokter untuk menganalisa masalah apa yang ada di kornea matamu. Alat ini juga bisa mendiagnosis adanya keratoconus yang merupakan sebuah penyakit yang mampu menyebabkan terjadinya astigmatisme atau mata silinder.

Latihan Mata yang Membantu Mengatasi Mata Silinder

 Latihan mata, mungkin kamu lebih mengenalnya dengan senam mata merupakan treatment yang kamu bisa coba sendiri dirumah untuk mengatasi atau mengurangi resiko mata silinder.

Mata adalah organ tubuh yang kondisinya sama dengan organ tubuh lain. Dalam artian jika organ tubuh lain memerlukan latihan untuk tetap dalam kondisi baik, maka begitu juga dengan mata. Kamu harus menggunakannya, atau kehilangannya.

Beberapa manfaat sekaligus bisa kamu dapatkan dengan melakukan senam mata loh. 

  • Senam mata bisa memperkuat dan mengendurkan otot mata
  • Dapat membantu mengurangi stress
  • Dapat memperbaiki penglihatan, jika kamu secara rutin melakukannya

Lalu bagaimana cara melakukan senam mata ?

Sederhana, beberapa cara dibawah bisa kamu coba untuk melatih mata dan mendapat manfaatnya. Yuk simak.

  • Membaca Buku
membaca buku dapat mengurangi mata silinder
Ilustrasi foto dari pexels.com

Ternyata, membaca buku bisa membawa manfaat luar biasa untuk kesehatan mata. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi mata yang tegang dan tertekan karena astigmatisme.

Tapi ada cara khusus untuk bisa mengambil manfaat dari membaca buku dan mengurangi mata silinder. Ikuti tahapan berikut ini :

  1. Ambil sebuah buku yang kamu suka, bisa buku pelajaran, novel atau buku cerita lainnya
  2. Ambil sebuah benda apa saja dan simpan di sebelah buku yang kamu baca
  3. Mulai membaca, dan setiap dapat satu paragraf alihkan penglihatanmu ke benda tersebut sampai fokus
  4. Terus ulangi langkah ke 3 sampai mata kamu terasa lelah.

Kamu harus melakukan aktivitas ini paling tidak 2 atau 4 kali dalam sehari.

  • Memijat Mata

Ini treatment yang umum dilakukan oleh sebagian orang ketika merasa matanya sudah pusing atau lelah. Sadar atau tidak ternyata latihan ini bisa membantu memulihkan penglihatan dengan mengembalikan bentuk kornea mata.

Langkah membuatnya sebagai berikut:

  1. Tutup mata kamu dan tempelkan jari di setiap kelopak mata
  2. Mulai berikan tekanan lembut secara perlahan dengan gerakan memutar, searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam
  3. Gerakan dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas secara bergantian

Lakukan sebanyak 10 – 15 kali dan 2 sampai 4 kali dalam sehari.

  • Mengedipkan Mata

Berkedip dapat membasahi atau membuat mata menjadi lebih lembab. Ini dapat membantu penglihatan kamu supaya lebih fokus. Ternyata dengan berkedip dapat mengurangi ketegangan mata dan membuatnya lebih segar.

  1. Berkediplah setiap 3 atau 4 detik sekali
  2. Lakukan selama kurang lebih 2 menit (jadi dalam 2 menit paling tidak kamu berkedip sebanyak 40 kali)

Ulangi latihan ini paling tidak 4 kali dalam sehari

  • Senam Yoga Mata
Senam yoga mata
Ilustrasi foto dari pexels.com

Jika kamu pecinta yoga pastinya sudah tidak asing lagi dengan senam mata. Gerakan ini dapat memperkuat fokus penglihatan dan melatih otot mata.

Cara melakukannya sangat sederhana, yuk coba ikuti langkahnya.

  1. Silahkan kamu berdiri atau duduk tegak lurus
  2. Ambil nafas perlahan dan keluarkan perlahan
  3. Mulai pejamkan mata, dan palingkan seluruh konsentrasi menuju mata
  4. Mulailah menggerakan bola mata dari sisi ke sisi

Lakukan berulang, beberapa kali dalam sehari

  • Relaksasi Otot Rektus

Latihan ini bisa mengendurkan otot rektus dan mengurangi tekanan terhadap kornea mata. Selain itu, gerakan ini juga dapat memperkuat otot disekitar mata.

Caranya bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Letakan ibu jari tangan tepat di atas hidung dengan posisi 90 derajat
  2. Pastikan mata melihat fokus pada ibu jari, dan tahan selama 2-3 detik
  3. Kemudian geser perlahan ibu jari ke arah jam 1. Pastikan mata kamu juga ikut bergerak. Tahan selama 2-3 detik
  4. Kemudian geser kembali ke posisi semula.
  5. Ulangi langkah ini untuk setiap sudut angka pada jam

Latihan ini paling tidak harus kamu lakukan 2 – 4 kali dalam sehari

  • The Vision Breaks

Ini latihan mata terakhir yang mudah untuk kamu lakukan. Vision breaks artinya beristirahat dari semua kegiatan seperti membaca, bekerja dengan komputer, main hp, nulis, ngetik dan kegiatan lainnya.

Manfaat dari latihan ini bisa mengendurkan otot mata dan mengurangi ketegangan.

Ikuti langkahnya sebagai berikut.

  1. Duduk tegap dan ambil nafas perlahan sampai kamu merasa tenang dan rileks
  2. Pilihlah satu objek yang agak jauh dari penglihatan
  3. Teruslah lihat dan fokus pada objek tersebut selama kurang lebih 20 detik

Ulangi aktivitas ini sesering mungkin

Obat Alami untuk Mengurangi Ciri – Ciri Mata Silinder

Selain dapat melakukan latihan mata, kamu juga bisa mengkonsumsi obat alami yang terdapat pada beberapa tumbuhan, buah atau makanan lain yang kandungannya bisa mengurangi ciri – ciri mata silinder yang sedang kamu alami.

Beberapa makanan yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dan dapat menjadi obat alami untuk mata silinder akan segera kita bahas. Lanjut bacanya ya, ternyata teh hijau bisa juga loh.

  • Kuning Telur
Kuning telur bisa menjadi obat alami mata silinder
Ilustrasi foto dari pexels.com

Makanan yang populer karena kandungan protein yang sangat tinggi ini ternyata bisa mengurangi bahkan mengatasi mata silinder. Berdasarkan sumber, kuning telur mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan penglihatan. Serta adanya antioksidan yang cukup.

Karena karotenoid sangat sensitif terhadap panas bahkan bisa sampai hancur jika terkena suhu yang terlalu panas. Jadi kamu disarankan untuk merebusnya setengah matang dan kemudian memakannya untuk mengurangi gejala mata silinder.

  • Kunyit
Kunyit Bubuk
Ilustrasi foto dari pexels.com

Ya kunyit, rempah dapur yang tumbuh dengan sejuta manfaat ini bisa menjadi salah satu pilihan buat kamu yang sedang mengalami ciri – ciri mata silinder. Tanaman ini secara umum memang populer sebagai bumbu dapur. 

Tapi, banyak penelitian yang menemukan kandungan luar biasa pada kunyit, sehingga menjadikannya banyak dipakai sebagai obat alami dari macam – macam gangguan kesehatan dan salah satunya bisa mengatasi gangguan penglihatan.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang sangat tinggi. Zat ini bisa bertujuan sebagai anti-inflamasi dan memiliki sifat antimikroba. Kandungan vitamin seperti vitamin A, C dan E yang kuat pada kunyit dapat mengatasi mata silinder.

Kamu bisa mengkonsumsi satu sendok teh bubuk kunyit yang dicampur dengan susu hangat. Dan untuk memulihkan kondisi mata, kamu dapat meminumnya 2 kali dalam sehari setiap hari, sampai kamu merasakan manfaatnya secara efektif.

  • Sayur Bayam
Sayur bayam
Ilustrasi foto dari pexels.com

Baik bayam hijau ataupun bayam merah sama – sama bisa menjadi sumber vitamin A, Kalsium serta Kalium yang cukup baik. Ada juga beta karoten dan zat lain pada bayam yang baik untuk bisa menjaga atau merawat kesehatan mata.

Untuk menjadikan bayam sebagai obat alami yang bisa mengatasi mata silinder, kamu bisa mengukus bayam yang masih segar. Dan memakannya paling tidak 2 kali sehari.

  • Coklat
Bubuk coklat atau kakao
Ilustrasi foto dari pexels.com

Eiittsss, jangan kaget dulu. Coklat yang ini bukan yang ada kacang mete nya loh, yang biasa kamu beli di supermarket. Coklat ini maksudnya adalah cacao, yaitu bubuk coklat alami yang bisa kamu dapatkan di toko – toko herbal.

Ternyata mengandung flavonoid yang tinggi, yang bisa menjadi sumber antioksidan yang kuat. Tujuannya untuk menangkal radikal bebas dan menghancurkannya.

Pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penglihatan mata.

Kamu bisa mencampur satu sendok makan madu, dan satu sendok makan bubuk kakao atau coklat dan menyeduhnya dengan air hangat. Minum paling tidak 2 kali dalam sehari untuk memulihkan penglihatan.

  • Teh Hijau
Teh hijau bisa mengurangi ciri mata silinder
Ilustrasi foto dari pexels.com

Teh hijau ternyata memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel dan jaringan mata yang rusak. Berdasarkan sumber, meminum teh hijau beberapa cangkir dalam sehari bisa menjadikannya obat yang cukup signifikan dalam merawat dan memulihkan penglihatan.

Selain itu, teh hijau dapat merawat pembuluh darah yang memasok darah ke mata agar tetap lancar. 

Mungkin obat alami ini adalah obat yang paling mudah kamu temukan dan kamu konsumsi. Karena menyeduh teh jelas tidak sesulit merebus telur atau mencari bubuk kunyit atau bubuk coklat.

Sebenarnya ada beberapa buah dan tanaman lain yang bisa mengatasi ciri – ciri mata silinder, seperti Bilberry, Goji Berry, Wolfberry, Biji Cassia, Ginkgo Biloba dan Triphala. Tapi yang sudah kita bahas sebelumnya adalah obat yang paling mudah kita temukan di daerah kita masing – masing.

Cari tau juga :

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur
Manfaat Sayur Daun Kelor
Buah – buahan yang Mengandung Asam Folat Paling Tinggi
16 Buah yang Mengandung Kalsium Paling Tinggi

Tentunya, langkah terbaik dari semua gejala gangguan kesehatan adalah berkonsultasi dengan dokter. Mulailah untuk datang ke dokter dan jelaskan keluh kesah di matamu. Hehe…

Kesimpulan

Kalau kamu mengalami beberapa gejala di atas. Sebaiknya jangan diabaikan ya.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat sehingga ciri – ciri mata silinder yang kamu alami bisa segera diatasi dengan baik.

Mata adalah organ yang sangat penting. Tanpa mata, kita pastinya akan kesulitan menjalani aktivitas keseharian kita.

Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan matamu dengan baik ya agar nanti tak ada masalah penglihatan yang timbul.

Semoga bermanfaat …

Salam Sehat Bareng !